Mudah Dilakukan dan Bantu Turunkan Berat Badan, Simak Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Orang Obesitas

Memiliki tubuh yang ideal, rasanya adalah keinginan setiap orang, namun untuk mendapatkannya sebagian orang harus berusaha keras seperti melakukan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat yang konsisten.

Terlebih untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, terdapat beberapa olahraga yang cocok dilakukan sehari-hari tanpa merasa kewalahan.

Selain mengangkat berat badan yang berat, obesitas juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang yang mengalaminya. Bagi orang obesitas, olahraga tertentu mungkin terlalu menyiksa secara fisik untuk dilakukan.

Namun, ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan secara teratur sehingga orang obesitas bisa menikmati manfaat kebugaran dan peningkatan kesehatan. Beauties, simak yuk olahraga apa saja yang cocok untuk orang obesitas untuk membantu menurunkan berat badan.

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi Olahraga Untuk Obesitas/ Foto: Freepik.com

Beberapa olahraga di bawah ini, bisa kamu lakukan untuk mengurangi berat badan, pilih jenis olahraga yang cocok atau kamu sukai. Lakukanlah secara rutin, perlahan namun konsisten untuk mendapat hasil maksimal jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat.

Beberapa jenis olahraga tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Renang, kamu bisa mencoba olahraga ini beberapa kali dalam seminggu. Beauties, air dapat membantu menopang berat badan, sehingga bisa membuat tubuh lebih ringan di air, lakukan olahraga ini untuk mengurangi berat badan.
  • Berjalan kaki, selanjutnya adalah berjalan, sediakan waktu sekitar 45 menit untuk berjalan kaki setiap harinya, tak hanya gratis olahraga ini juga cocok bagi orang obesitas yang menopang tubuhnya yang berat, berjalan secara perlahan pun dapat membakar kalori saat kamu membawa beban yang berat, karena kamu bisa mengeluarkan lebih banyak energi untuk menggerakan tubuh.
  • Sepeda stasioner, beberapa orang obesitas tak memiliki inti perut yang kuat, sehingga dengan menggunakan sepeda stasioner yang digunakan dengan duduk dapat mengurangi tekanan tulang belakang bagian bawah, hal ini juga hal yang baik untuk melatih berbagai otot bagian bawah.
Terapkan Pola Hidup Sehat

Tips Hidup Sehat/Foto: Freepik.com

Beauties, selain melakukan beberapa olahraga di atas, kamu juga harus memulai menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari.

Mulailah ganti makanan dan minuman manismu dengan air putih dan makanan alami, jauhilah makanan instant. Jika suka dengan makanan manis, makanlah buah yang memiliki gula alami, dan batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, cukup konsumsi gula sebanyak 50 gram sehari atau maksimal sebanyak empat sendok makan.

Dengan begitu, upaya untuk menurunkan berat badan akan berjalan lebih baik, lakukanlah hal itu secara konsisten.

Berapa Lama Waktu yang Dianjurkan untuk Olahraga?

Ilustrasi Perempuan Sedang Olahraga/Foto: Freepik.com

Dilansir dari Healthline, untuk anjuran orang obesitas melakukan latihan atau olahraga sendiri, American Heart Association (AHA) merekomendasikan sekitar 150 menit setiap minggunya untuk jenis olahraga sedang, atau sekitar 75 menit setiap minggu untuk olahraga berat.

Yang mana hal itu bisa dipecah menjadi sekitar 30 menit olahraga untuk lima hari dalam setiap minggunya. Saat memulai olahraga, jangan biarkan kamu terpaku oleh waktu, fokuslah pada olahraga yang sedang kamu jalani.

Jika secara fisik kamu tidak bisa menyelesaikan 30 menit olahraga dalam satu minggu, lakukan apa yang kamu bisa dan coba tingkatkan menjadi 30 menit setiap harinya, seiring berjalannya waktu.

Faktanya, tiga kali olahraga atau latihan 10 menit sehari dapat menambah pengeluaran kalori yang sama dengan 30 menit terus menerus.

Itulah beberapa tips jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk orang obesitas yang bisa bantu menurunkan berat badan, semoga bermanfaat!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)