Minum Sebelum Tidur, 4 Minuman Sehat Ini Bisa Membantu Turunkan Berat Badan Lho!

Bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan, tentu ada sederet langkah yang akan kamu lakukan untuk mewujudkan berat badan ideal. Baik itu dalam hal mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. 

Khususnya dalam hal minuman, ada begitu banyak minuman diet yang di jual di pasaran dengan janji dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun selain itu, juga ada beberapa minuman alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa minuman tersebut, sangat tepat diminum sebelum tidur. 

Melansir dari laman Women and Home, berikut beberapa minuman tersebut. Simak!

1. Susu Protein

Ilustrasi susu/Foto: Unsplash.com/Eiliv Aceron

Selain membuat tidur lebih nyenyak, minum susu sebelum tidur juga dapat membantu menurunkan berat badan. Minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga kecil kemungkinannya kamu terbangun tengah malam untuk ngemil. Hal ini dikarenakan susu memiliki beberapa manfaat, salah satunya karena sumber proteinnya.

“Protein whey telah terbukti meningkatkan rasa kenyang yang dapat mengurangi nafsu makan, dan pada gilirannya mendorong penurunan berat badan. Kasein diserap secara perlahan dan dapat membuatmu kenyang lebih lama,” kata ahli diet Suzanne Fisher.

2. Teh Herbal

Ilustrasi teh herbal/Foto: Unsplash.com/Nathan Dumlao

Teh herbal non-kafein dapat membuatmu tetap terhidrasi dan membuat pikiran lebih tenang, sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak. 

Sementara itu, sebuah penelitian dari Islamic Azad University menunjukkan, bahwa kamomil memiliki “sifat obat penenang” yang dapat membantu kualitas tidur. Namun, ahli diet Kendra Haire menjelaskan bahwa tidak ada yang istimewa dari teh kamomil dalam hal penurunan berat badan. 

Meskipun begitu, tidur yang berkualitas dapat berdampak baik untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang, jelas Fisher.

3. Protein Shake

Ilustrasi minuman protein shake/Foto: Unsplash.com/Nature Zen

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa bubuk protein hanya minuman terbaik untuk atlet angkat besi di gym? Di samping itu, minuman ini memang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Bubuk protein atau kedelai bubuk kaya akan asam amino triptofan. Menurut penelitian terbatas dari University Hospital Utrecht, triptofan dapat membantu menurunkan kadar kortisol yang membantu melawan lemak. 

“Protein shake berbahan dasar kasein di malam hari telah terbukti membantu sintesis otot sepanjang malam. Selain itu, karena kasein dilepaskan lebih lambat, ini mungkin membantu membuat Anda sepanjang malam hingga malam hari,” jelas ahli gizi Jenna Hope. 

4. Kefir

Ilustrasi kefir/Foto: Unsplash.com/Anshu A

Kefir merupakan salah satu minuman terbaik untuk dikonsumsi di malam hari dalam menurunkan berat badan. Sebab, kefir kaya probiotik karena terbuat dari susu fermentasi. Ia bekerja di usus untuk meningkatkan kadar bakteri sehat yang membantu pencernaan dan penyerapan vitamin dan mineral. 

“Kefir dan yogurt adalah pilihan yang ramah usus. Produk-produk ini mengandung kultur hidup yang dapat membantu mengembangkan usus yang lebih sehat, dan bukti telah menghubungkan mikrobioma usus yang lebih sehat dengan pilihan makanan yang lebih baik dan pengelolaan berat badan yang lebih baik,” jelas Hope.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)