Mindfulness: Kunci Utama Transformasi Diri di Tahun Baru

Saat pergantian tahun, biasanya kita akan merasa termotivasi untuk menjadi diri yang lebih baik. Namun terkadang hal ini tidak mudah untuk dicapai mengingat akan ada berbagai tantang. Salah satu kunci untuk mencapai transformasi tersebut agar tetap fokus dan menjaga kesehatan mental adalah dengan menerapkan praktik mindfulness.  

Mindfulness atau meditasi adalah kesadaran untuk memperhatikan atau fokus dengan apa saja yang terjadi saat ini. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, kita dapat merancang tujuan yang lebih realistis. Praktik ini merupakan konsep yang dikenal dalam tradisi Buddha selama ribuan tahun. 

Praktik ini memiliki berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan. Seperti berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology, mindfulness dapat membantu untuk mengelola stress dan meningkatkan kesejahteraan mental. Selain itu, praktik ini dapat meningkatkan kinerja kognitif, produktivitas, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Berikut beberapa mindfulness yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Meditasi Harian

Meditasi Harian/ Foto: freepik.com/benzoix

Salah satu mindfulness yang paling sederhana adalah dengan meditasi harian. Pilih waktu yang tenang seperti di pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum tidur. Posisikan tubuh dengan nyaman seperti duduk di kursi atau berbaring dengan punggung yang lurus. Fokus pada pernapasan, lalu biarkan pikiranmu mengalir.

Mindful Eating

Mindful Eating/ Foto: freepik.com

Meditasi jenis ini dilakukan saat kamu sedang makan. Melibatkan kesadaran penuh dalam proses makan, praktik ini dilakukan untuk memahami makanan termasuk rasa, tekstur, dan mendorong apresiasi yang lebih terhadap apa yang kita makan. Mindful eating tidak hanya membantu menghargai makanan, tetapi juga membantu dalam mengelola pola makan. 

Mindful Walking

Mindful Walking/ Foto: freepik.com/benzoix

Mindful walking adalah praktik meditasi yang dilakukan sambil berjalan kaki dengan kesadaran penuh. Dengan melakukan meditasi ini, kamu akan lebih fokus untuk merasakan kondisi tubuh, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan emosional. Untuk melakukannya, pilih tempat yang tenang seperti taman atau pantai. 

Dengan menerapkan praktik ini dalam kehidupan sehari-hari, kita akan lebih mudah untuk memahami diri, membuat tujuan yang realistis, dan mencapai tujuan untuk transformasi diri menjadi lebih baik.

Gimana, Beauties? Apakah kamu tertarik untuk menerapkan mindfulness?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)