Menurut Psikolog, Ini 5 Tahapan dalam Hubungan yang Umum Dilalui Setiap Pasangan

Di dunia yang serba cepat saat ini, hubungan menjadi lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Maraknya aplikasi kencan, komunitas online, dan komunikasi virtual akhirnya menggantikan serangkaian tahapan hubungan tradisional menjadi tahapan baru yang memusingkan.

Berkencan memang bisa menyenangkan sekaligus membingungkan, bukan? Kita ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya, mengenalnya lebih baik, dan membangun hubungan yang langgeng.

Sayangnya, jalan menuju hubungan yang berkomitmen sering kali tidak mulus. Menurut psikolog dan pakar hubungan, dilansir Pinkvilla, setidaknya ada lima tahap dalam sebuah hubungan. Yuk, cari tahu!

Tahap Bulan Madu


Tahapan dalam Hubungan/Foto: Unsplash

Tahapan yang paling awal dalam menjalin hubungan asmara adalah tahap bulan madu. Tahapan ini sangat menyenangkan dan berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Setiap momen bersama pasangan akan terasa sangat indah, lucu, dan memikat.

Ketika kita pertama kali jatuh cinta, otak kita melepaskan ledakan senyawa kimia dan hormone seperti dopamin, oksitosin, dan edorfin. Inilah senyawa yang mengirim kita ke dalam keadaan bahagia ketika bersama orang yang kita cintai.

Tahap Perbedaan

Tahapan dalam Hubungan/Foto: Freepik/Cookie_studio

Ketika tahap pertama hampir berakhir, kamu akan memasuki tahap perbedaan. Tahapan ini biasanya berlangsung setelah enam bulan hingga dua atau tiga tahun bersama pasanganmu. Kamu mungkin akan mulai kehilangan euphoria fase bulan madu yang menyenangkan.

Fakta demi fakta pun mulai bermunculan. Pada fase inilah semua tanda peringatan untuk hubunganmu mulai tampak. Ketika dihadapkan pada perbedaan, kamu atau pasanganmu mungkin akan menarik diri atau terlibat perdebatan besar-besaran. Komunikasi juga menjadi semakin sulit.

Jika kamu berhasil melewati fase ini, menyelesaikan perbedaan tanpa merusak hubungan, maka kamu sudah berada di jalur yang benar.

Tahap Perjuangan

Tahapan dalam Hubungan/Foto: Freepik/Lifestylememory

Setelah berhasil melewati tahap perbedaan, sekitar dua atau tiga tahun, sebagian besar pasangan akan menghadapi rintangan terbesarnya. Di sinilah kamu akan memasuki tahap perjuangan. Permasalahan dan perbedaan yang sudah lama ada mulai terungkap dan jauh lebih mendominasi.

Kamu bahkan mungkin akan merasa terputus dari pasangan dan lebih tertarik pada aktivitas di luar hubungan. Bukan hal aneh jika kamu menjauhkan diri dari pasangan karena banyaknya masalah di dalam hubunganmu.

Untuk mengatasi situasi ini, kamu perlu sepenuh hati memulai komunikasi yang terbuka bersama pasangan. Lakukan tindakan yang bertujuan untuk menunjukkan kasih sayang dengan cara yang selaras dengan bahasa cinta pasanganmu.

Tahap Perbaikan

Tahapan dalam Hubungan/Foto: Freepik/Lifestylememory

Masa penuh gejolak konflik dan perselisihan sudah berlalu. Apakah kamu siap menginvestasikan upaya untuk mempertahankan hubungan? Pada tahap ini, kamu bisa mencoba untuk memperbaiki apa yang telah rusak pada tahan sebelumnya.

Hal ini tentu akan menantang, namun kamu harus yakin bahwa ada sesuatu yang luar biasa menunggu kamu di balik rintangan pada tahap perbaikan ini. Jika kamu bersedia membuat komitmen, masa depan sangat menjanjikan bagi kamu dan pasangan.

Tahap Komitmen

Tahapan dalam Hubungan/Foto: Freepik

Terakhir, fase tertinggi dari semua hubungan adalah tahap komitmen. Tahap ini biasanya muncul setelah lima tahun menjalin hubungan bersama pasnaganmu. Pada fase ini, kamu dan pasanganmu benar-benar telah memilih satu sama lain, berkembang bersama, dan menjadi terampil dalam menyampaikan pikiran dan emosi.

Pada fase ini juga kamu seharusnya sudah mendapatkan pemahaman mendalam tentang siapa dirimu sebagai pribadi dan sebagai pasangan dalam hubunganmu. Jika beruntung, kamu bahkan bisa merasakan serunya jatuh cinta lagi dan kembali ke tahap awal bersama pasangan.

Sementara itu, ada beberapa cara untuk menjaga cinta kamu agar terus berkembang dan berhasil melewati setiap fasenya. Caranya adalah menjaga komunikasi secara terbuka, memprioritaskan waktu bersama, terus belajar dan tumbuh bersama, serta berlatihlah memaafkan satu sama lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)