Menurut Ahli Terapis, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Selingkuh yang Tidak Boleh Diabaikan

Akhir-akhir ini, banyak bermunculan berita di media sosial tentang pasangan yang selingkuh. Meskipun dalam hal ini, perselingkuhan bisa terjadi pada siapa saja, namun mirisnya, kebanyakan perselingkuhan justru terjadi pada pasangan yang sudah menikah.

Bahkan jika kamu berada dalam hubungan yang baik-baik saja sekali pun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya perselingkuhan jika pasanganmu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda perubahan yang mencurigakan. Apalagi jika firasat dan intusimu cukup kuat maka ada baiknya kamu tidak mengabaikan tanda bahaya tersebut.

Sebab, menurut Samantha Burns, LMHC, terapis pasangan, pernikahan, dan penulis “Breaking Up and Bouncing Back”, perselingkuhan tidak selalu “hitam dan putih”. Ada kalanya itu menjadi “wilayah abu-abu” yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi.

Sehingga jika firasat atau intuisimu memberi tahu ada sesuatu yang salah maka biasanya hal tersebut memang demikian. Lebih lanjut, Samantha Burns mengatakan bahwa intuisi adalah “kekuatan super” untuk bertahan hidup yang berfungsi untuk menangkap petunjuk kecil atau merasakan ketika ada sesuatu yang tidak beres. Jadi, jika bel peringatan ini berbunyi di dalam hati dan pikiranmu maka berhati-hatilah.

Sementara itu, ada beberapa tanda peringatan yang paling umum dan tidak boleh diabaikan menurut para ahli terapis, yang menunjukkan pasanganmu mulai berselingkuh. Kira-kira apa saja tandanya?

Dirangkum dari Prevention, berikut 5 tanda pasangan mulai selingkuh, menurut ahli terapis. Check it out!

Perubahan Jadwal Tanpa Adanya Penjelasan

Tanda pasangan yang mulai selingkuh/Foto: Freepik/@tirachardz

Dalam suatu hubungan, perubahan merupakan faktor penting yang patut diperhatikan. Jika dari awal kamu memiliki pasangan yang mempunyai pekerjaan terlalu sibuk sehingga kamu sulit untuk menghubunginya pada jam-jam tertentu dalam sehari maka hal tersebut bukanlah selingkuh. Sebab, kamu telah mengetahuinya dari awal dan kamu tidak mempermasalahkan hal itu ketika kamu menerimanya sebagai pasangan.

Namun, jika dalam menjalankan hubungan, kamu tiba-tiba menjadi kesulitan untuk menghubunginya padahal sebelumnya kamu bisa melakukannya dan hal ini menjadi masalah yang terus-menerus terjadi maka kamu patut mencurigainya. Apalagi jika pasanganmu tidak memberikan penjelasan yang jelas dari perubahan yang telah terjadi, hal ini tentu akan menimbulkan tanda bahaya yang tidak boleh kamu abaikan.

Pasalnya, sesibuk-sibuknya pasangan dengan jadwalnya, mereka tidak mungkin tidak memberi tahu pasangannya jika ada perubahan jadwal. Karena, pasangan yang normal tahu bahwa perubahan jadwal bisa menghambat komunikasi yang ada. Sehingga mereka harus memberi tahu pasangannya sesegera mungkin. 

Perubahan pada Kebiasaan Menggunakan Ponsel

Tanda pasangan yang mulai selingkuh/Foto: Freepik/@freepik

Setiap pasangan tentu memiliki kebiasaan dalam menggunakan ponsel. Namun, apabila dari kebiasaan tersebut ada kebiasaan yang berubah, seperti mengubah kata sandi secara tiba-tiba atau menjadi sering membawa ponsel ke mana pun mereka pergi dari yang biasanya tidak maka kamu perlu waspada.

Sebab, menurut Samantha Burns, dalam suatu hubungan yang berkomitmen, tak jarang pasangan mengetahui kata sandi pasangannya agar mereka dapat mengangkat telepon atau untuk mencari sesuatu di internet. Sehingga jika pasanganmu mulai tampak posesif melalui teleponnya atau marah ketika kamu meminta untuk menggunakannya maka ia mungkin sedang berusaha menyembunyikan sesuatu.

Selain itu, Samantha Burns mengatakan bahwa kebiasaan menggunakan ponsel juga dapat mencakup perilaku media sosial yang mencurigakan, seperti mengikuti akun dari orang yang tidak mereka kenal atau bisa juga terlibat dengan postingan yang mencurigakan.

Meskipun perilaku ini mungkin merupakan tanda peringatan adanya perselingkuhan, namun perilaku ini juga merupakan perilaku yang masuk ke dalam “wilayah abu-abu perselingkuhan”, dan terkadang menjadi “lereng licin” yang mengarah pada perselingkuhan.

Terlalu Sering Membuat Alasan atau Berbohong

Tanda pasangan yang mulai selingkuh/Foto: Freepik/@azerbaijan_stockers

Selingkuh tidak hanya bisa bersifat fisik, tetapi juga bisa bersifat emosional dan melibatkan pelanggaran terhadap batas-batas hubungan yang terselubung atau terbuka. Menurut Lesli Doares, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, dan juga seorang penulis “Blueprint for a Lasting Marriage”, hal ini karena perselingkuhan terselubung dalam kerahasiaan, di mana orang tersebut melakukan yang terbaik untuk tidak menimbulkan kecurigaan pada pasangannya.

Sehingga mereka sering kali membuat alasan dan berbohong dengan memberi bukti obyektif yang mendukung kebenaran, padahal bukti tersebut bertentangan dengan kebenarannya. Mereka juga berusaha membuat segalanya tampak normal.

Bahkan pasangan yang biasanya berbagi detail intim tentang hari mereka dengan pasangannya bisa menjadi berubah ketika berselingkuh dan lebih memilih untuk tidak banyak bicara. Akibatnya, mereka hanya memberi tahumu lebih sedikit tentang harinya.

Belum lagi, jika mereka cenderung menghindari pertanyaan-pertanyaan umum, seperti ke mana ia akan pergi, siapa yang akan pergi bersamanya, dan jam berapa ia akan pulang ke rumah. Atau justru kamu mengetahui kebohongannya, di mana dia tidak sedang berada di tempat yang mereka katakan atau bersama seseorang yang berbeda maka mungkin kecurigaanmu akan perselingkuhan selama ini benar adanya.

Memberi Hadiah Lebih Banyak dari Biasanya

Tanda pasangan yang mulai selingkuh/Foto: Freepik/@freepik

Siapa pasangan yang tidak suka ketika diberi hadiah oleh pasangannya? Tidak ada, sepertinya. Namun, jika pasanganmu memberi hadiah padamu lebih banyak dari biasanya maka perlu kamu renungkan dan jangan langsung terlena.

Pasalnya, menurut Paul Coleman, Psy.D., psikolog dan juga penulis buku “Finding Peace When Your Heart Is In Pieces”, seseorang yang membawa hadiah lebih banyak dari biasanya untuk pasangannya tidak lain sedang ingin menutupi kebohongannya.

Ini bisa menjadi salah satu cara untuk meyakinkan pasangannya bahwa mereka masih tetap setia dan akan terus mencintainya. Sehingga pasangannya itu tidak menjadi curiga terhadap tanda-tanda perselingkuhan yang sedang terjadi.

Pengeluaran Uang untuk Kebutuhan yang Tidak Jelas

Tanda pasangan yang mulai selingkuh/Foto: Freepik/@our-team

Dalam suatu hubungan, terutama yang sudah berumah tangga, masalah keuangan memang harus dibicarakan secara terbuka agar tidak terjadi kecurigaan atau kesalahpahaman. Apalagi jika terdapat pengeluaran yang tidak dapat dijelaskan maka hal tersebut tidak bisa diabaikan.

Menurut Samantha Burns, biasanya pengeluaran uang dalam jumlah besar yang tidak dapat dijelaskan dapat menjadi indikasi adanya perselingkuhan, meskipun hal tersebut juga bisa menjadi indikasi adanya kecanduan terhadap perjudian atau foya-foya.

Oleh karena itu, ada baiknya setiap pasangan selalu terbuka dan jujur terhadap pasangannya tentang pengeluaran yang terjadi. Apabila pasanganmu memberikan alasan yang tidak masuk akal maka patut kamu curigai.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)