Menurut Ahli, Ini 6 Makanan Tinggi Protein yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan atau diet bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, ada beberapa aturan tertentu yang harus kamu ikuti agar program dietmu bisa berhasil. Salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari.

Ini merupakan aturan dasar yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab, makanan merupakan sumber energi bagi tubuh, terutama makanan tinggi protein karena bisa membantumu merasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi hormon rasa lapar.

Selain itu, melansir dari Eat This, Not That!, protein juga memiliki Thermic Effect of Food (TEF) yang lebih tinggi dibandingkan lemak atau karbohidrat. Sehingga jika kamu mengonsumsi makanan tinggi protein lebih banyak maka tubuhmu akan semakin cepat untuk membakar kalori dalam jumlah yang banyak.

Kendati demikian, tidak semua makanan tinggi protein baik untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, kamu perlu memilih mana makanan tinggi protein yang berkualitas dan mana yang tidak. Tujuannya agar tubuh tidak mudah lelah dan kekurangan nutrisi.

Lantas, makanan tinggi protein apa saja yang baik untuk menurunkan berat badan? Dirangkum dari Eat This, Not That!, berikut 6 makanan tinggi protein yang baik untuk menurunkan berat badan menurut ahli. Check it out!

Telur

Telur/Foto: Freepik/@timolina

Ada beragam manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi telur. Pasalnya, selain telur mudah dibuat, telur juga merupakan salah satu sumber makanan tinggi protein tanpa lemak yang baik untuk menurunkan berat badan.

Rata-rata kandungan protein pada telur adalah sekitar 6 gram. Kandungan protein tersebut bisa membuat kenyang lebih lama sehingga kamu akan terhindar dari rasa lapar yang berlebih. Selain itu, menurut Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, dan Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT, yang juga dikenal sebagai The Nutrition Twins, mengonsumsi telur untuk sarapan dapat mengurangi asupan kalori selama 24 jam ke depan atau seharian. 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan/Foto: Freepik/@rawpixel.com

Kacang tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga merupakan makanan tinggi protein yang baik untuk menurunkan berat badan. Menurut The Nutrition Twins, kombinasi protein dan serat yang ada pada kacang bisa sangat mengenyangkan. Sehingga ini dapat membantu membatasi asupan makan dan kalori pada waktu makan serta mencegah makan camilan yang berlebih.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food and Nutrition Research menemukan bahwa orang yang makan makanan yang mengandung kacang-kacangan sebagai sumber proteinnya cenderung lebih mudah merasa kenyang dan membuat mereka mengonsumsi 12 persen lebih sedikit kalori pada makanan berikutnya karena rasa kenyang yang belum hilang.

Yogurt

Yogurt/Foto: Pexels/Any Lane

Greek yogurt masuk ke dalam daftar makanan sehat berprotein tinggi untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena menurut Toby Amidor, MS, RD, CDN, FAND award-pemenang ahli nutrisi dan ambassador National Dairy Council, yogurt dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan dan waktu makan camilan.

Selain itu, menurut Lainey Younkin, MS, RD, ahli diet penurunan berat badan di Lainey Younkin Nutrition, satu porsi Greek yogurt mengandung 15-17 gram protein. Meskipun demikian, mengingat ada banyak merek Greek yogurt di pasaran maka ada baiknya kamu lebih berhati-hati saat memilih.

Pilihlah Greek yogurt yang paling sehat dengan kandungan lemak 2 persen atau lebih rendah. Sebab, hal itu bisa membuatmu kenyang lebih lama. Sementara itu, kamu bisa mengonsumsi Greek yogurt dengan mencampurkan buah-buahan seperti berry untuk tambahan serat dan rasa manis alami.

Dada Ayam

Dada ayam/Foto: Freepik/@jcomp

Beralih ke olahan daging. Ada beberapa jenis olahan daging yang baik untuk menurunkan berat badan karena merupakan sumber makanan tinggi protein. Salah satunya adalah dada ayam. Dada ayam dapat diolah dengan cara dipanggang, dimasukkan ke dalam salad, ditaburkan di atas pasta, dan lain sebagainya.

Menurut Carrie Gabriel, MS, RDN, dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit adalah pilihan protein tinggi terbaik untuk menurunkan berat badan karena tidak berlemak atau rendah lemak dengan kandungan protein yang berkualitas.

Lebih lanjut, Carrie Gabriel juga mengatakan bahwa dalam porsi 4 ons dada ayam terdapat sekitar 26 gram protein serta kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otot, perbaikan, dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Tuna

Tuna/Foto: Freepik/@azerbaijan_stockers

Beauties, tahukah kamu? Tuna merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan protein tinggi terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun, mengingat tuna jarang ditemukan di pasaran maka bagi kamu yang ingin mengonsumsi tuna bisa dengan membeli tuna kalengan yang tersedia di minimarket atau supermarket terdekat.

Tuna kalengan adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan tambahan protein dalam jumlah besar. Kamu bisa mengolah tuna dengan dijadikan sandwich tuna. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu memasukkan tuna ke dalam salad.

Namun, jika kamu kurang menyukai salad maka bisa dikonsumsi secara langsung. Apa pun olahannya, intinya tuna merupakan salah satu makanan tinggi protein terbaik karena memiliki hampir 25 gram protein lengkap per porsi ditambah lemak sehat dalam dosis besar.

Salmon

Salmon/Foto: Freepik/@timolina

Tidak hanya tuna, ternyata salmon juga termasuk ke dalam jenis ikan-ikanan atau makanan laut terbaik untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, penulis buku masakan, memasukkan ikan seperti salmon ke dalam makanan merupakan bagian dari pola makan sehat yang bisa menghasilkan penurunan berat badan setelah 4 minggu.

Nah, Beauties itulah tadi 6 makanan tinggi protein yang baik untuk menurunkan berat badan menurut ahli. Bagi kamu yang sedang berencana untuk berdiet, tidak ada salahnya mengonsumsi salah satu dari keenam makanan tinggi protein di atas.

Namun, sebelum itu, pastikan kamu menyusun rencana diet dengan berkonsultasi kepada ahli gizi atau dokter yang berkaitan terlebih dahulu agar program dietmu bisa berhasil. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)