Menurut Ahli, 2 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Jadi Orang yang Disukai Rekan Kerja di Kantor

Dalam setiap kantor, pasti ada karyawan yang paling disukai oleh rekan kerja maupun bos. Mereka adalah orang yang ramah tanpa melewati batas kepada orang lain. 

Dikutip dari Hive, “likability” itu penting karena bisa menciptakan perasaan percaya dan aman secara psikologis di kehidupan kantor. Selain itu, pasti kamu juga kurang suka bekerja dengan orang yang tidak ramah, kan? 

Dilansir dari CNBC, seorang ahli dari Stanford University yang bernama Matt Abraham membagikan 2 cara cepat untuk menjadi anak yang disukai rekan kerja di kantor. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini! 

Ingat Hal Pribadi yang Unik

Ilustrasi Seorang Perempuan Mengobrol dengan Rekan Kerja di Kantor/Foto: Pexels/Ivan Samkov

Hal pribadi di sini bukan berarti hal-hal yang bisa menyinggung perasaan orang lain. Maksud dari hal pribadi yang unik adalah mengingat detail-detail yang disukai oleh rekan kerjamu. 

Beberapa contoh seperti kamu menanyakan bagaimana pindahan rumahnya kala itu, kabar dari hewan peliharaan kesukaannya, dan bagaimana film yang ia tonton sebelumnya. Mengingat detail ini akan membuat rekan kerjamu merasa diperhatikan. 

“Orang yang banyak disukai orang di kantor pintar untuk mengingat detail unik tentang rekan kerjanya yang bukan tentang pekerjaan,” kata Abrahams. 

Pastikan hal-hal pribadi itu yang pernah kalian bicarakan satu sama lain, ya. Jangan basa-basi dari ucapan orang lain dan mengenai topik yang sensitif. 

Merayakan Pencapaian Kolega

Ilustrasi Pekerja Kantoran Merayakan Pencapaian Tim/Foto: Pexels/Yan Krukau

Selanjutnya, merayakan pencapaian kolega juga dapat membuatmu makin disukai oleh rekan kerjamu. Luangkan sedikit waktumu untuk merayakan keberhasilan teman kantormu. 

Hal itu pun bukan berarti merayakan secara besar-besaran. Kamu bisa memberikan pujian atas keberhasilan proyeknya di kantor atau merencanakan kejutan ulang tahun kecil-kecilan dengan rekan kantor yang lain. 

Eh, ada beberapa catatan penting, nih, Beauties! Kalau kamu merayakan dengan cara yang salah, kamu bakal bisa menjadi public enemy di kantor. 

Pastikan kamu hanya merayakan prestasi khusus yang kalian berdua ketahui. Jangan terlalu sering memeriksa perkembangan kerja mereka karena rekan kerjamu bisa saja tidak nyaman dengan sikapmu itu. 

Itu dia dua cara cepat untuk menjadi orang yang disukai rekan kerjamu di kantor. Cukup mudah dan menantang, bukan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)