Mengenang Perjalanan Karier Kiki Fatmala: Artis Legend Pemeran Si Manis Jembatan Ancol

Kabar duka kembali menyelimuti dunia entertainment. Aktris sekaligus model Indonesia, Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat (1/12) 2023, lantaran penyakit komplikasi akibat kanker. Kabar ini disampaikan pihak keluarga di Instagram Kiki Fatmala, @qq_fatmala.

Jika Beauties penggemar film Si Manis Jembatan Ancol, pasti mengenal sosok Kiki Fatmala. Ya, kala itu Kiki ini berperan sebagai sosok Mariam. 

Guna mengenang kepergian perempuan kelahiran 1967 ini, berikut perjalanan karier Kiki Fatmala selama berkecimpung di dunia entertainment. 

Awal Karier: Model Majalah

Kiki Fatmala mengawali karir di seni peran pada tahun 1988/foto: instagram.com/qq_fatmala

Perempuan berdarah Sunda, Minahasa, Pakistan, dan Iran ini, mengawali kariernya sebagai model majalah hingga akhirnya merajai seni peran di tahun 1988. Keberadaan Kiki sebagai pemain film terhitung sejak tahun 1988 hingga 2000-an. 

Diketahui paras cantik Kiki Fatmala pernah terpampang di majalah populer era 1980 hingga 2000-an, seperti majalah Popular, Jakarta, Famili, Film, dan masih banyak lagi.

Salah satu kegokilan dari Kiki Fatmala adalah di tahun 1988 ia langsung digaet dalam 5 judul film sekaligus. Kelima film itu diantaranya Pemburu Berdarah Dingin atau American Hunter, Bayar Tapi Nyicil, Akibat Terlalu Genit, Pengakuan, dan Permainan di Balik Tirai.

Jadi Warkop Angels di Film Legend Warkop DKI

Kiki Fatmala pernah bermain di Warkop DKI sebagai Warkop Angel/foto: instagram.com/qq_fatmala

Siapa sih yang tidak tau film Warkop DKI? Film yang identik dengan Dono, Kasino, Indro, dan pergumulan perempuan cantik dan seksi. Perempuan-perempuan cantik ini dijuluki sebagai Warkop Angels. Dari sejumlah nama yang memerankan karakter Warkop Angels, Kiki Fatmala menjadi salah satunya. 

Diketahui Kiki menjadi Warkop Angel di empat film Warkop seperti Malu-malu Mau (1988), Bisa Naik Bisa Turun (1991), Masuk Kena Keluar Kena (1992), dan Bagi-bagi Dong (1993). Saat membintangi film tersebut, Kiki masih berusia 20 tahunan. 

Sukses Perankan Mariam, Si Manis Jembatan Ancol

Kiki Fatmala perankan sosok Mariam di film Si Manis Jembatan Ancol /foto: instagram.com/qq_fatmala

Si Manis Jembatan Ancol, film bergenre horor yang berhasil menggemparkan dunia perfilman Indonesia. Bagaimana tidak, meskipun tayang di tahun 1990-an, sampai detik ini film tersebut masih terngiang di kalangan masyarakat. 

Tau siapa pemeran Mariam, Si Manis Jembatan Ancol yang tayang sejak tahun 1994 hingga 1999? Ya, dia adalah Kiki Fatmala. Kiki membintangi sosok Mariam, Si Manis Jembatan Ancol 2. Serial ini merupakan musim kedua Si Manis Jembatan Ancol tahun 1994 di mana Kiki didapuk menggantikan Diah Permatasari.

Si Manis Jembatan Ancol menjadi film horor komedi yang berhasil membuat nama Kiki Fatmala semakin melekat di hati masyarakat. 

Itulah perjalanan karier Kiki Fatmala di dunia entertainment. Meskipun raganya sudah tidak terlihat, karyanya akan tetap bersinar hingga kapanpun. Rest and peace, Kiki Fatmala. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)