Mengenal Snail Girl, Tren Hidup Santai yang Tengah Digandrungi Banyak Perempuan

Ketika kita membuka media sosial, selalu muncul tren-tren baru seputar gaya hidup. Dari banyaknya tren gaya hidup perempuan yang muncul, tren Snail Girl menjadi salah satu tren yang digandrungi banyak perempuan. Tren ini mewakili pergeseran dari budaya hiruk pikuk tren Girl Boss.

Ini tentang mendukung dan mendorong perempuan untuk menjalani gaya hidup santai, serta memilih perawatan diri dan kebahagiaan dibandingkan budaya hiruk pikuk dan kerja berlebihan. Dilansir dari Calm Sage, berikut 4 hal yang perlu kamu ketahui tentang tren yang diperkenalkan oleh Gen Z ini.

Pengertian Tren Snail Girl


Ilustrasi/Foto: Freepik.com/farknot

Snail Girl adalah tren budaya Gen Z yang mendorong dan merayakan langkah hidup yang lebih lambat dan disengaja. Tren ini memberikan ruang untuk perhatian, perawatan diri, dan kesejahteraan dibandingkan bekerja berlebihan dan gaya hidup budaya hiruk pikuk perempuan.

Berbeda dengan tren Girl Boss, tren ini menolak anggapan bahwa kesuksesan harus mengorbankan kesehatan mental, emosional, dan fisik. Jika kamu mengikuti tren Girl Boss, maka kamu didorong untuk memprioritaskan perawatan diri, kesehatan mental, dan keseimbangan kehidupan kerja di atas upaya tanpa henti untuk mencapai kesuksesan profesional dan budaya hiruk pikuk.

Secara kiasan, tren Snail Girl meminta kamu untuk menjadi siput dan menikmati hal-hal kecil dalam hidup, menemukan kegembiraan dalam momen-momen kecil dalam hidup, serta memilih istirahat dan kesenangan di atas produktivitas.

Alasan Perempuan Memilih Tren Snail Girl

Mengenal Snail Girl, Tren Slow Living yang Tengah Digandrungi Banyak Perempuan/Foto: Freepik.com/drobotdean

Salah satu alasan utama perempuan lebih tertarik dengan tren Snail Girl adalah karena tren ini membawa pengakuan akan dampak buruk tren Girl Boss terhadap kesejahteraan mental. Ada penelitian yang menyoroti bahwa mengejar kesuksesan profesional tanpa istirahat dan tekanan terus-menerus untuk mencapai segalanya sekaligus dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan, dan bahkan stres kronis.

Selain itu, tren Girl Boss menekankan penanda kesuksesan eksternal seperti harta benda dan kemajuan karier, sedangkan tren Snail Girl tanpa malu-malu mendorong perempuan untuk menerima jati diri mereka, memprioritaskan perawatan diri dan kesehatan mental, serta memilih kebahagiaan dan kedamaian batin atas validasi eksternal dan kesuksesan yang serba cepat.

Dengan meningkatnya feminisme, banyak perempuan memilih untuk memanfaatkan kembali waktu mereka dan memprioritaskan hal-hal yang paling penting bagi mereka. Ini berarti mengucapkan selamat tinggal pada budaya kerja yang beracun dan memperkenalkan batasan untuk memastikan kita punya waktu untuk mengejar minat, hobi, perawatan diri, dan kebahagiaan.

Tips Merangkul Tren Snail Girl

Mengenal Snail Girl, Tren Slow Living yang Tengah Digandrungi Banyak Perempuan/Foto: Freepik.com/pressfoto

Untuk kamu yang ingin menerapkan tren Snail Girl dalam kehidupan, ada beberapa tips yang dapat membantu kamu bertransisi tanpa kehilangan jati diri dalam prosesnya. Berikut 5 tips merangkul tren Snail Girl.

1. Merangkul Perhatian dan Kehidupan yang Disengaja

Untuk menerapkan gaya hidup lambat, kamu perlu menerapkan kesadaran dalam kehidupan sehari-hari. Kamu dapat dengan mudah memasukkan mindfulness ke rutinitas dalam bentuk meditasi, latihan pernapasan dalam, atau sekadar menjalani kehidupan yang disengaja alias mengambil momen yang disengaja untuk merangkul momen-momen kecil dalam hidup saat menjalaninya.

2. Katakan “Tidak” di Waktu yang Tepat

Tren snail girl
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/benzoix

Cara lain untuk menerapkan tren ini adalah dengan mengatakan “tidak” saat dibutuhkan. Ini berarti kamu bisa menetapkan batasan yang jelas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

3. Sederhanakan Hidup

Tren snail girl
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/makistock

Menyederhanakan hidup dapat mencakup merapikan ruang fisik yang berarti menganut gaya minimalis, serta membersihkan ruang digital yang berarti berhenti mengikuti akun media sosial yang memperkuat budaya hiruk pikuk. Menyederhanakan hidup dapat membantu kamu mengurangi stres dan meningkatkan kejernihan mental.

4. Memperbaiki Hubungan

Tren snail girl
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Untuk menerapkan Snail Girl, kamu perlu berinvestasi dan memperbaiki hubungan dengan teman dan keluarga. Koneksi dan jaringan sosial yang kuat dapat membantu kamu menyambut tren Snail Girl dan juga meningkatkan kesejahteraan.

5. Mengejar Hobi dan Minat Secara Lambat

Tren snail girl
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Kamu juga dapat merangkul era Snail Girl dengan melakukan aktivitas yang mendorong kehidupan menjadi lebih lambat. Ada kesenangan lain dalam menikmati aktivitas yang berjalan lebih lambat seperti membaca, berkebun, dan bahkan memasak. Hobi-hobi ini bisa menjadi terapi dengan caranya sendiri dan memberikan rasa kepuasan.

Kelebihan Tren Snail Girl

Mengenal Snail Girl, Tren Slow Living yang Tengah Digandrungi Banyak Perempuan/Foto: Freepik.com

Tren Snail Girl mewakili pergeseran menuju gaya hidup perempuan yang lebih penuh perhatian, hati-hati, dan lambat. Meski tergolong baru, tren ini memiliki banyak manfaat bagi para perempuan yang pernah menjalani tren Girl Boss dan berjuang untuk mengikuti kehidupan yang serba cepat.

Tren Snail Girl adalah respons terhadap stres dan kelelahan yang terkait dengan tren Girl Boss, di mana tren ini lebih fokus pada mengutamakan kesejahteraan dan bersikap autentik dibandingkan budaya hiruk pikuk dan kerja berlebihan.

Baik kamu seorang Girl Boss atau Snail Girl, penting untuk memasukkan unsur kesadaran dan hidup yang disengaja untuk menjalani hidup yang lebih bahagia dan memuaskan. Jika kamu memilih untuk menjadi Snail Girl, ingatlah untuk memprioritaskan kebahagiaan dan perawatan diri di atas segalanya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)