Mengenal Sikap Defensif yang Bisa Berdampak Buruk Pada Perkembangan Diri, Simak Cara Penanganannya

Defensif adalah sikap yang tak mau menerima pendapat atau kritikan dari seseorang. Seseorang yang memiliki sikap depensif kerap mempertahankan pendapat atau keinginannya.

Selain itu, sikap defensif juga melibatkan pembenaran perilaku atau membuat alasan untuk diri sendiri ketika dihadapkan pada rasa marah, kritik, malu, rasa bersalah.

Sikap ini bisa berdampak buruk pada kehidupan sosial karena bisa menghambat perkembangan diri. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sikap defensif.

Contoh Perilaku Depensif

Ilustrasi Depensif/Foto: Freepik.com

Setiap orang pernah mengalami berada di situasi yang kurang menyenangkan kala menerima tanggapan negatif atau kritikan pedas. Mendapatkan amarah dari seseorang, merasa malu dan merasa bersalah atas sebuah tindakan.

Sikap defensif adalah mekanisme psikologis otomatis yang dipicu oleh stres emosional internal atau eksternal. Biasanya sikap defensif ini bisa disadari atau bahkan tidak.

Dilansir dari Verrywell Mind, berikut beberapa conton perilaku defensif menurut Dr. Daramus:

  • Menanggapi secara dramatis, seorang defensif mungkin bisa melebih-lebihkan apa yang mereka katakan.
  • Mengalihkan kesalahan, apabila ada orang yang menuduh kamu melakukan suatu kesalahan, kamu mungkin menyangkalnya dengan mengingatkan orang itu akan kesalahan yang pernah mereka lakukan. Sehingga membuat orang tersebut merasa munafik karena berani menentangmu.
  • Membuat banyak alasan, apabila seseorang mengkritik seorang yang defensif akan membeberkan alasan mengapa orang itu tidak bisa disalahkan.
  • Membuat janji yang palsu, biasanya jika orang defensif menjanjikan sesuatu untuk menghindari konfrontasi.
Ciri-Ciri dan Penyebab Orang Memiliki Sikap Defensif

Ciri-ciri defensif/Foto: Freepik.com

Beauties, selanjutnya adalah ciri-ciri dari karakter orang yang memiliki sikap defensif. Biasanya, mereka memiliki reaksi yang spontan, sangat melindungi citra dirinya dengan segala cara, tidak menerima umpan balik dan membuat alasan atas tindakan mereka.

Sementara itu untuk kemungkinan penyebabnya sendiri, masih menurut Dr. Daramus ialah sebagai berikut:

  • Kondisi kesehatan mentalnya, sikap ini bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan mental seseorang, misalnya terdapat gangguan kecemasan atau gangguan makan.
  • Perfeksionis, bagi orang defensif membuat kesalahan bisa terasa seperti memiliki kelemahan yang membuat orang itu sangat tidak nyaman.
  • Emosi atau perasaan tidak nyaman, memiliki rasa bersalah, malu, tidak nyaman untuk dialami, membela diri sendiri dengan sebuah alasan bisa menjadi lebih mudah daripada merasa malu dan bersalah.
  • Ketakutan, seseorang yang memiliki latar belakang pernah di hukum mungkin saat anak-anak atau remaja bisa berakibat untuk orang itu melakukan cara apapun untuk menghindarinya dan menunjukan bahwa orang itu tidak melakukan kesalahan.
Cara Mengatasi Sikap Depensif

Cara Mengatasi Depensif/Foto: Freepik.com

Beauties, beberapa cara ini bisa diterapkan untuk mengatasi atau mengurangi sikap defensif.

  • Bertanggung jawab, jika melakukan kesalahan coba untuk mengakui dan menyelesaikannya, buat perilaku ini untuk pertumbuhan pribadi yang lebih baik.
  • Mendengarkan, coba untuk mendengarkan permasalahan lawan bicara kamu sebelum terburu-buru dalam membela diri.
  • Perhatikan pemicu, tanyakan pada diri mengapa dan dengan siapa saja kamu merasa defensif.
  • Menetapkan batasan, apabila lawan bicara cukup kasar dan membuat tak nyaman, kamu bisa segera menetapkan batasan untuk diskusi, seperti membicarakannya secara lebih tenang dan saling menghormati, beritahu dia kapanpun ia siap.

Dengan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sikap defensif tersebut, seseorang bisa memiliki peningkatan hubungan yang lebih baik dengan lingkungan, memiliki reputasi yang lebih baik dan memiliki pemecahan masalah yang lebih efektif.

Itulah beberapa hal yang bisa diidentifkasi mengenai sikap defensif dan cara penanganannya, semoga bermanfaat!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)