Mengenal Sederet Label Fashion Palestina, Koleksinya Tradisional tapi Kekinian

Dari label pakaian Deerah yang berbasis di Ontario hingga aksesori artisan di toko el Bustan, Palestina dipenuhi oleh desainer bertalenta. Mereka hadir di kancah mode membawa koleksi kekinian dengan sentuhan tradisional.

Ragam koleksi mereka tak kalah gaya dari rilisan label kenamaan dunia. Mereka mengangkat tradisi negaranya dalam rupa pakaian-pakaian cantik dan modis. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak sebelas daftar label fashion Palestina berikut ini.

1. Reemami

Reemami/ Foto: instagram.com/reemamiofficial

Perempuan kelahiran Palestina yang tumbuh di Sharjah, Uni Emirat Arab, Reema al Banna mendirikan Reemami pada tahun 2010. Rancangannya menggabungkan mode Timur dan Barat, dengan desain dan motif yang mencolok.

Gaun orange pixel dari koleksi SS24 Reemami berhasil mencuri perhatian penonton di Paris Fashion Week. Berbagai koleksinya pernah dipakai oleh sosok-sosok kenamaan seperti supermodel Bella Hadid, penyanyi Palestina-Chile Elyanna, dan Ratu Rania. 

2. Meera Adnan

Meera Adnan/ Foto: instagram.com/meera.adnan.label

Desainer yang berbasis di Gaza, Meera Albaba menciptakan koleksi yang terinspirasi dari romantika gaya 80-an. Koleksi terbaru Meera Adnan label berkolaborasi dengan Deerah, menghadirkan setelan jas dan celana cutbray hingga gaun berlengan bulu-bulu yang dihiasi bordir emas dan bunga bernuansa retro.

3. Deerah

Deerah/ Foto: instagram.com/deerah.co

Sara Jayyusi, desainer yang berbasis di Ontario, Kanada adalah sosok dibalik brand Deerah. Seluruh koleksinya yang khas dengan tatreez, bordir tradisional Palestina, dibuat oleh komunitas pengungsi Palestina di Yordania.

Kolaborasinya dengan Meera Adnan tak hanya berupa pakaian, tetapi juga meliputi koleksi tas kulit kaktus. Selain itu, Deerah punya koleksi bridal yang menawarkan thobe, gaun jubah khas Palestina yang indah berhias sulaman tangan.

4. Dar Noora

Dar Noora/ Foto: instagram.com/dar_noora_palestine

Brand lain yang juga menyediakan koleksi tatreez adalah Dar Noora. Owner-nya, Noora Khalifeh sejak kecil sudah familiar dengan mode, ia biasa menemani ayahnya di toko thobe dan aksesori antik di kota tua Yerusalem. Thobe rancangan Noora pernah dikenakan oleh Ratu Rania.

5. Nol Collective

Nol Collective/ Foto: instagram.com/nolcollective

Nol Collective dimulai dari workshop untuk perempuan pada tahun 2017 yang digagas oleh aktivis feminis Palestina, Yasmeen Mjalli. Banyak koleksinya menggunakan kain majdalawi, kain lokal yang ditenun dengan alat pedal tunggal, berasal dari desa al-Majdal Asqalan, Palestina. Nol sendiri dalam bahasa Arab berarti alat tenun.

Desainnya chic dengan potongan kemeja lengan pendek, crop top, rok panjang maupun pendek, hingga gaun-gaun cottagecore. Hiasan bordir kecil nan manis juga kerap menghiasi ragam koleksi pakaian mereka.

6. Shireen Salman

Shireen Salman/ Foto: instagram.com/shireensalman_designs

Berbasis di Yerusalem, produk-produk Shireen Salman merupakan koleksi rumahan yang menampilkan ilustrasi nan kental budaya Palestina. Mulai dari ornamen pohon natal, cushion, keramik, hingga tote bag, di sana tercetak ilustrasi yang romantis bergambar kota tua, motif klasik, hingga rusa.

7. Quina

Quina/ Foto: instagram.com/quina_designs

Quina merupakan lini tas tangan yang berbasis di Beit Jala, Bethlehem, Tepi Barat, Palestina. Koleksi mereka khusus menyediakan tas kayu dan balok. Terbaru, mereka merilis tas bulat yang unik.

8. Darzah

Darzah/ Foto: instagram.com/darzahdesigns

Darzah merupakan studio yang menganut slow fashion. Mereka menonjolkan bordiran tatreez di tiap koleksi. Koleksinya berupa tas jinjing, tote bag, apron, hingga sandal dan sepatu. Mulai dari sepatu ballerina yang flat hingga sepatu boots yang bold, semuanya cantik dihiasi tatreez.

9. SkatePal

SkatePal/ Foto: instagram.com/skate_pal

SkatePal merupakan organisasi nirlaba yang didirikan untuk mendukung generasi muda Palestina lewat skateboarding. Mereka menyediakan komunitas untuk menikmati hidup, tumbuh, dan berkembang.

Berbasis di Ramallah, Tepi Barat, mereka juga merilis berbagai merch menarik yang digunakan untuk mendukung kegiatan komunitas. Koleksinya tak kalah keren untuk dikoleksi kalangan non-skater sekalipun. Ada baseball cap, kaus oblong, hingga denim yang dihiasi gambar atau bordir-bordir imut.

10. KUVRD

KUVRD/ Foto: instagram.com/kuvrd

Studio KUVRD berbasis di Jabbal Amman, Yordania. Sejak 2018, mereka merilis koleksi pakaian yang menyatu dengan kufiya atau keffiyeh, sorban khas Palestina. Mereka memiliki pabrik kufiya di Sahab, Yordania. Pabrik tersebut dirintis oleh kakek mereka di Palestina yang akhirnya pindah ke Yordania setelah peristiwa Nakba tahun 1948.

11. el Bustan

el Bustan/ Foto: instagram.com/elbustanpalestinianshop

Dalam bahasa Arab, el Bustan berarti taman. Label ini bekerja sama dengan pengrajin tradisional, komunitas perempuan, pengusaha, bengkel bisnis keluarga, seniman, dan desainer lokal Palestina.

Tak heran, di el Bustan bisa ditemui berbagai produk dekorasi rumahan hingga aksesori pelengkap busana. Mulai dari cushion, tote bag, clutch, bros, earrings, lilin, cetakan kue dari kayu, hiasan dinding berbentuk thobe tatreez, dan masih banyak lagi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)