Mengenal Money Mindset, Pola Pikir untuk Bantu Kelola Keuangan dengan Lebih Baik

Pola pikir kita dapat secara drastis membentuk banyak hal. Faktanya, pola pikir kita juga dapat memberikan pengaruh besar terhadap keuangan kita dan cara kita berpikir tentang uang.

Lesley Thomas, Ahli Strategi Pola Pikir Keuangan dan pendiri The Money Confidence Academy, menjelaskan bagaimana berbicara lebih banyak tentang uang dapat membantu kita menjadi lebih baik dalam pengelolaan uang dan membantu mengatasi masalah emosional seputar sikap kita, mulai dari menghadapi utang hingga kesulitan menabung.

Dia menjelaskan apa sebenarnya arti dari money mindset dan bagaimana hal itu dapat membantu kita. Berikut penjelasannya sebagaimana telah dilansir dari Glamour Magazine.

Pengertian Money Mindset


Ilustrasi/Foto: Freepik.com/drobotdean

Money mindset mengacu pada keyakinan, sikap, dan pemikiran seseorang tentang uang. Ini mencakup bagaimana seseorang berpikir dan berhubungan dengan uang, kekayaan, dan kesuksesan finansial. Money mindset seseorang dapat berdampak signifikan terhadap keputusan keuangan, perilaku, dan hasil yang mereka dapatkan.

Money mindset biasanya terbentuk antara usia 0 dan 7 tahun, biasanya karena hubungan orangtua atau pengasuh utama kita dengan uang. Sebagai anak kecil, kita menyerap informasi seperti spons dan ini semua membentuk dasar dari money mindset kita, yang semakin berkembang seiring bertambahnya usia dan semua pengalaman yang kita miliki sebagai anak-anak dan kemudian sebagai orang dewasa.

‌Elemen kunci yang harus diperhatikan adalah money mindset terkait langsung dengan rasa harga diri dan kepercayaan diri. Beberapa orang mengaitkan harga diri mereka dengan kesuksesan finansial, sehingga menimbulkan ketakutan akan kegagalan atau dorongan untuk terus mencapai lebih banyak. Orang lain mungkin percaya bahwa uang tidak menentukan nilai mereka sebagai pribadi.

Money Mindset Pengaruhi Cara Pandang dan Tujuan Finansial

Mengenal money mindset dan manfaatnya/Foto: Freepik.com/benzoix

Money mindset bisa memengaruhi cara pandang seseorang dan menangani utang. Beberapa orang mungkin melihat utang sebagai alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka, sementara yang lain mungkin melihat utang sebagai beban yang harus dihindari bagaimanapun caranya.

Money mindset juga memengaruhi jenis tujuan finansial yang ditetapkan seseorang untuk dirinya sendiri. Beberapa orang mungkin memprioritaskan tabungan dan investasi untuk masa depan, sementara yang lain mungkin fokus pada kepuasan sesaat di masa ini.

Mengenal money mindset dan manfaatnya
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/cookie_studio

‌Orang yang memiliki money mindset mungkin mempunyai tingkat toleransi risiko yang berbeda-beda. Mereka yang memiliki pola pikir lebih konservatif mungkin menghindari risiko dan lebih memilih investasi yang aman, sementara mereka yang memiliki pola pikir lebih berani mungkin bersedia mengambil risiko lebih tinggi untuk potensi imbalan yang lebih besar.

Money mindset juga dapat dibentuk oleh tingkat pendidikan keuangan seseorang, paparan teori, dan ide keuangan. Mereka yang memiliki mindset berkembang mungkin lebih terbuka untuk belajar tentang keuangan dan meningkatkan literasi keuangan mereka.

Money Mindset Bantu Menangani Keungan Lebih Baik

Mengenal money mindset dan manfaatnya/Foto: Freepik.com/stockking

Ada sejumlah cara penting untuk membantu kamu mempelajari money mindset, mulai dari mengidentifikasi pemicu negatif hingga penegasan positif. Berikut adalah beberapa cara terbaik yang dilakukan Lesley untuk membantu menciptakan sikap yang lebih baik terhadap uang:

  1. Kesadaran, karena ini adalah kunci untuk membuat perubahan dalam money mindset.
  2. Gantikan keyakinan negatif dengan afirmasi positif.
  3. Investasikan waktu untuk mempelajari keuangan pribadi.
  4. Tentukan tujuan keuangan dan buat rencana untuk mencapainya.
  5. Mengembangkan sikap bersyukur atas apa yang kamu miliki.
Manfaat Meningkatkan Money Mindset

Mengenal money mindset dan manfaatnya/Foto: Freepik.com/frimufilms

Meningkatkan money mindset dapat memberikan banyak manfaat, baik untuk kesejahteraan finansial dan kualitas hidup secara keseluruhan, seperti:

  1. Mengambil keputusan keuangan yang lebih baik.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri dalam menangani keuangan.
  3. Lebih aman secara finansial.
  4. Membuat hubungan dengan uang menjadi lebih baik.
  5. Peningkatan kesejahteraan emosional.
  6. Kesuksesan finansial.

Itulah beberapa hal mengenai money mindset yang dapat mengubah cara pandang kamu tentang uang dan bagaimana kamu bisa memiliki hubungan yang baik dengan keuangan kamu. Memiliki money mindset akan membuat kamu lebih siap beradaptasi terhadap hal-hal tak terduga dan bangkit kembali dari kesulitan keuangan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)