Mengenal 3 Tanda Stres Pada Tubuh, Serta Cara Terbaik Mengatasinya!

Stres memiliki dampak yang buruk bagi kondisi tubuh. Bahkan sejumlah penelitian yang dilakukan dalam dua dekade terakhir juga telah membuktikannya.

Ketika tubuh stres, maka produksi hormon kortisol dalam tubuh secara alami akan mengalami peningkatan. Hal ini akan menyebabkan sejumlah masalah pada tubuh. Melansir Healthline, berikut beberapa masalah yang kerap muncul akibat stres.

1. Muncul Jerawat

Muncul jerawat/Foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Peningkatan produksi minyak dan munculnya jerawat merupakan salah satu tanda jika tubuh sedang mengalami stres. Ketika stres, hormon kortisol meningkat dan memicu produksi minyak berlebih pada kulit.

Jika dalam kondisi ini seseorang tidak menjaga kebersihan dan melakukan perawatan dengan baik, maka dapat mengakibatkan munculnya jerawat.

2. Mata Lelah

Mata lelah/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Kurang tidur atau insomnia ternyata dapat menimbulkan stres. Akibatnya kebiasaan tersebut, mata akan terasa lelah dan muncul lingkar hitam di bawah mata.

Meskipun lingkar hitam di bawah mata dapat diatasi dengan kosmetik atau makeup, namun sebaiknya kamu perlu mengurangi kebiasaan tidur larut malam agar stres dan lingkar hitam di bawah mata memudar.

3. Rambut Rontok

Rambut rontok/Foto: Pixabay/Slavoljubovski

Rambut rontok berkaitan erat dengan stres. Ketika seseorang yang mengalami masalah emosional atau stres berat, maka risiko kemunculan alopecia areata atau telogen affluvium meningkat.

Alopecia areata merupakan penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut, sementara telogen affluvium adalah kondisi di mana rambut mengalami rontok secara berlebihan.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasi Stres?

Cara mengatasi stres/Foto: Pexels/Mikael Blomkvist

Kegiatan yang padat dan tumpukan pekerjaan sering kali dapat meningkatkan risiko stres. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan, karena dalam stres yang berkepanjangan dapat menimbulkan sejumlah masalah seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan di antaranya:

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Ketika stres, keinginan makan seseorang sering kali meningkat. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengalihkan stres dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seperti salad buah atau salad sayur.

Hindari konsumsi makanan yang manis atau berminyak, karena hal ini dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah kulit hingga memperparah kondisi kulit yang kamu derita saat ini.

Penuhi Kebutuhan Tidur

Penuhi kebutuhan tidur/Foto: Pexels/Eren Li

Memenuhi kebutuhan tidur sangar bermanfaat untuk meredakan stres. Karena saat tidur, tubuh secara alami akan memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak. Untuk itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan tidur setidaknya 8 jam per hari, ya.

Lakukan Meditasi dan Olahraga Ringan

Meditasi dan olahraga ringan/Foto: Pexels/Cliff Booth

Meditasi dan olahraga ringan dapat merelaksasi tubuh, lho. Kamu bisa memilih olahraga ringan seperti yoga, berjalan kaki maupun olahraga lainnya yang kamu sukai.

Meskipun kita tidak bisa mengendalikan kemunculan stres, namun kita bisa mengendalikannya dengan mengalihkan stres pada hal-hal yang bermanfaat dan menyehatkan tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)