Menariknya Budaya Kerja di Spanyol yang Jam Istirahat Bisa Sampai 2 Jam, Siapa Mau?

Punya lingkungan kerja yang baik dan sejahtera menjadi idaman para pekerja. Sayangnya, hal itu tidak ditemukan di semua kantor. Namun bagaimana dengan kantor-kantor di luar negeri?

Melansir dari Multilingual Jobs Worldwide, Spanyol adalah salah satu negara terbaik untuk bekerja. Selain karena adanya work life balance, budaya kerja di negara tersebut juga santai, tidak kaku, dan tidak terlalu formal sehingga minim stres. 

Lantas, seperti apa budaya kerja di Spanyol? Melansir dari Housing Anywhere, ini dia ulasan selengkapnya. 

Sangat Menghormati Hierarki dalam Kantor


Lingkungan kerja/Foto: pexels.com/Fauxels

Perusahaan-perusahaan di Spanyol sangat menghormati hierarki. Manajemen senior biasanya mengambil keputusan tanpa melibatkan orang lain dalam pengambilan keputusan.

Namun, belakangan hierarki tersebut perlahan-lahan berubah, terutama perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan ekspatriat atau penduduk lokal yang pernah belajar di luar negeri. Hal ini membuat lingkungan kerja jadi lebih terbuka dan modern sehingga mengutarakan pendapat kini menjadi hal yang lazim. 

Rapat Bisa Jadi Sangat Chaos

Rapat di perusahaan Spanyol bisa jadi sangat chaos (Orang Spanyol/Foto: pexels.com/Christina Morillo)

Orang Spanyol cenderung terbuka dalam mengekspresikan emosi dan berbicara tentang kehidupan pribadi mereka. Oleh karena itu, rapat seringkali menjadi chaos karena orang melewati batas, berbagi cerita pribadi, atau terlibat dalam percakapan yang intens hingga menciptakan ledakan emosi.

Kalau kamu tertarik bekerja di Spanyol atau bergabung dengan perusahaan dengan mayoritas orang Spanyol, jangan terkejut dengan suara-suara yang keras, ya. Sabar adalah kunci menghadapi kekacauan rapat ini karena hampir selalu ada momen berbagi cerita pribadi di awal atau akhir rapat.

Jangan Terlalu Serius Soal Waktu, Santai Saja

Orang Spanyol bisa sangat santai saat waktunya istirahat (Kerja di Spanyol/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berbeda dengan budaya kerja di Jerman yang menekankan pada ketepatan waktu, budaya kerja Spanyol cenderung lebih santai. Rapat seringkali berlangsung lama atau mengalami penundaan, hingga tenggat waktu dapat berubah.Bahkan, kehadiran terlambat adalah hal yang sering terjadi di budaya kerja Spanyol.

Biasanya, orang-orang di Spanyol baru memulai hari di jam 9 pagi sampai 7 malam. Mereka juga punya waktu istirahat yang panjang, yakni mulai dari jam 2 siang sampai 4 sore. 

Selama jam istirahat ini, orang Spanyol akan menghindari segala topik pembicaraan yang berkaitan dengan pekerjaan. Mereka juga tidak membuat janji rapat antara jam 2 siang sampai 4 sore supaya bisa beristirahat total.

Ada Aturan Tidak Tertulis, Baik Secara Verbal maupun Non Verbal

Ada aturan tidak tertulis, baik secara verbal maupun non verbal dalam budaya kerja Spanyol (Budaya kerja/Foto: pexels.com/Fauxels)

Sama seperti budaya kerja di Indonesia, aturan tidak tertulis, baik secara verbal maupun non verbal juga ada dalam budaya kerja di Spanyol. 

Saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, orang Spanyol tetap bersikap profesional, seperti berjabat tangan dan menjaga kontak mata. Namun, ketika sudah akrab, mereka cenderung bersikap lebih akrab dengan saling menyapa dan mendekat secara fisik, seperti cipika-cipiki, berpelukan, dan memberikan tepukan di punggung, bahu, atau lengan.  

Sangat Memperhatikan Penampilan

Orang-orang Spanyol sangat memperhatikan penampilan saat bekerja (Office look/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam budaya kerja Spanyol, meluangkan waktu untuk berpenampilan rapi sangatlah dihargai. Tak heran jika pekerja di Spanyol kerap mengenakan jas saat bekerja, terutama di sektor perbankan dan konsultan. 

Business casual biasanya menjadi gaya berpakaian orang-orang di Spanyol yang bekerja di perusahaan besar. Sementara itu, mereka yang bekerja di startup lebih memilih gaya berpakaian yang smart casual.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)