Manifesting Body Goals Tahun 2024, Wujudkan dengan Terapkan 7 Tips Diet Ini Aja!

Tahun baru selalu jadi langkah dan momentum yang paling tepat untuk memulai resolusi tahunan. Salah satu resolusi yang paling sering muncul dalam daftar resolusi tahunan adalah mencapai body goals yang selalu diidam-idamkan. Apakah kamu adalah salah satu yang memasukkannya ke resolusi 2024?

Jika ya, maka jangan sembarangan memasang target body goals. Dalam memasang target, penting untuk diingat bahwa angka timbangan bukan satu-satunya acuan yang bisa kamu gunakan. Hal ini disebabkan karena berat badan ideal juga dipengaruhi oleh tinggi, gender hingga aktivitas.

Nah, kalau sudah menentukan target berat badan ideal yang dituju, bagaimana sih cara agar bisa mewujudkannya dengan mudah di tahun baru? Simak tips selengkapnya berikut ini!

1. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Gorengan

Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Gorengan/ Foto: Freepik/jcomp

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan gorengan. Seperti diketahui, makanan manis dan gorengan mengandung kalori yang cukup tinggi. Jika kamu memakan manis atau gorengan satu potong, nilai kalorinya bahkan bisa melebihi satu piring nasi, lho!

Membatasi asupan makanan manis dan gorengan memang bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, hendaknya dilakukan secara perlahan. Dengan melakukan secara perlahan, tubuh akan lebih mudah untuk beradaptasi. Hasilnya, tubuh pun jadi lebih siap menerima perubahan gaya hidup yang lebih sehat!

2. Perbanyak Asupan Serat dan Vitamin

Perbanyak Asupan Serat dan Vitamin/ Foto: Freepik/jcomp

Bersamaan dengan dibatasinya asupan gorengan dan makanan manis, perbanyaklah asupan serat dan vitamin. Adapun asupan serat dan vitamin bisa didapatkan dengan mudah pada sayur mayur dan buah-buahan. Dengan demikian, kebiasaan makanmu pun berangsur mulai berubah.

Kebiasaan makan yang berangsur berubah pun akan secara tidak sadar membuat tubuhmu lebih banyak membakar lemak-lemak membandel di tubuh. Hasilnya, hanya dengan konsisten mengganti kebiasaan makan dengan memperbanyak asupan serat dan vitamin, berat badan pun akan berangsur berkurang dengan sehat.

3. Tidak Melewatkan Sarapan

Tidak Melewatkan Sarapan/ Foto: Freepik/freepik

Banyak yang merasa melewatkan sarapan adalah cara terbaik untuk membatasi jam makan. Namun sayangnya, anggapan ini justru jadi boomerang. Melewatkan sarapan di pagi hari justru membuat nafsu makan semakin meningkat sehingga porsi makan saat siang hari jadi lebih banyak.

Ini artinya, sarapan di pagi hari bisa membuat nafsu makan terkendali sehingga tidak makan porsi berlebihan di siang hari. Saat sarapan, hindari menu yang terlalu berat seperti santan dan teman-temannya. Sebagai gantinya, kamu bisa sarapan dengan menu yang lebih ringan seperti roti atau buah-buahan.

4. Buat Jadwal Makan

Buat Jadwal Makan/ Foto: Freepik/freepik

Agar nafsu makan terkendali sepanjang hari, buatlah jadwal makan dan ikuti secara konsisten. Umumnya, jam makan normal adalah sarapan, makan siang dan makan malam. Konsistenlah makan di jam-jam itu.

Dengan konsisten terhadap jam makan, tubuh jadi lebih mudah beradaptasi. Hasilnya, metabolisme tubuh jadi tidak terganggu sehingga proses penurunan berat badan menuju body goals jadi lebih cepat.

5. Mulai Olahraga Ringan

Mulai Olahraga Ringan/ Foto: Freepik/freepik

Meski pola makan berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan berat badan, bukan berarti kamu mengabaikan olahraga. Olahraga masih menjadi salah satu tips yang selalu disisipkan dalam program penurunan berat badan demi mencapai body goals yang diinginkan.

Supaya tidak terlalu berat, kamu bisa memulai olahraga dengan hal-hal yang ringan saja. Misalnya, meningkatkan aktivitas fisik seperti nyapu dan ngepel hingga jalan santai keliling kompleks. Jika sudah terbiasa, tingkatkan aktivitas dengan melakukan kardio intensitas tinggi hingga rangkaian olahraga beban agar metabolisme tubuh terjaga.

6. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Penuhi Asupan Cairan Tubuh/ Foto: Freepik/azerbaijan-stockers

Satu hal penting lain yang harus kamu lakukan untuk mencapai body goals adalah minum air putih! Dengan minum air putih, kebutuhan cairan di tubuhmu jadi tercukupi. Jika sudah begini, metabolisme pun tidak akan terganggu dan proses penurunan berat badan bisa lebih cepat.

Kemenkes RI menyatakan, kebutuhan air putih orang dewasa adalah sekitar delapan gelas berukuran 230 mililiter setiap harinya. Ini artinya, kebutuhan total air putih adalah sekitar 2 liter. Untuk memenuhinya, kamu bisa menggunakan tmblr lucu agar terus terpacu dan termotivasi untuk minum.

7. Atur Waktu Istirahat

Atur Waktu Istirahat/ Foto: Freepik/drobotdean

6 tips yang sudah disebutkan di atas pada dasarnya tidak akan berjalan mulus dalam menurunkan berat badan jika tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup. Karena itulah, pastikan untuk memiliki waktu tidur nyenyak setidaknya selama 6-8 jam. Ingat, waktu tidur ini berlaku pada malam hari, ya!

Pada akhirnya, keberhasilan meraih body goals tergantung pada ketujuh faktor di atas. Dengan menerapkan ketujuh tips tersebut dengan konsisten, dijamin kamu akan jadi lebih mudah meraih body goals-mu di 2024.

Selamat mencoba dan semoga sukses, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)