Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan

Seiring dengan berkembangnya zaman, peran perempuan di kancah profesional maupun industrial juga makin meningkat. Perempuan dengan karier yang bagus dan stabil adalah definisi dari perempuan mandiri masa kini.

Namun, stabil dalam hal karier bisa jadi sia-sia jika kamu tidak mau belajar tentang tips-tips finansial untuk mengelola keuangan. Oleh karena itu, mulai belajar tentang keuangan yuk! Strategi keuangan versi Prime Investor di bawah ini bisa banget jadi referensi untukmu.

Punya Rekening Sendiri


Ilustrasi/Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Saran ini khusus buat para calon perempuan mandiri yang udah punya pasangan, ya! Ada baiknya kamu punya rekening bank terpisah dengan rekening bank yang dananya harus digunakan untuk kebutuhan rumah tangga atau keluarga.

Fungsi rekening sendiri, tentu saja, untuk menyimpan uang atau tabungan pribadi. Selain memberikan keamanan finansial apabila terjadi peristiwa tak terduga yang membuatmu tidak bisa mengakses rekening bersama pasangan, tujuannya biar kamu punya skor kredit yang berguna kalau sewaktu-waktu mau pinjam dana ke bank.

Terlibat dalam Pengambilan Keputusan

Ilustrasi saat Libra menghitung uang/Foto: freepik.com/benzoixIlustrasi/Foto: freepik.com/benzoix

Kebanyakan perempuan memercayakan semua urusan keuangan dan investasi kepada pasangan atau ayahnya. Pilihan ini tidak salah, tetapi jika kamu menunjuk orang lain untuk mengelola keuanganmu, kamu juga harus tahu apa saja yang dilakukan pada uangmu tersebut.

Menaruh kepercayaan kepada seseorang memang bagus, tetapi kamu tetap harus waspada. Kamu harus tahu uangmu itu digunakan untuk tujuan apa? Membeli rumah, membayar polis insuransi, atau akan diinvestasikan untuk bisnis tertentu?

Mencatat Keuangan

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Jessica Lewis

Selain terlibat dalam pengambilan keputusan terhadap uangmu, kamu juga harus tahu caranya mengelola pemasukan dan pengeluaranmu. Lacak arus kas masuk dan keluar setiap bulannya untuk mengawasi pengeluaranmu.

Kamu bisa mencatat keuangan dengan mudah, baik dengan buku catatan, ponsel, maupun komputer. Dengan rajin mencatat keuanganmu, kamu bisa mengontrol atau menginjak rem saat pengeluaranmu sudah melebihi batas.

Menyiapkan Tabungan Anak Sedini Mungkin

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Alexander Dummer

Kalau kamu sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, menyiapkan masa depan untuknya adalah hal yang harus kamu dan pasanganmu lakukan. Siapkan tabungan untuk pendidikan anak dan mulailah sedini dan serutin mungkin. Memikirkan tentang biaya pendidikan anak ketika mereka sudah berusia 15 tahun mungkin sudah sedikit terlambat.

Menyiapkan Dana Pensiun

Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan/Foto: Unsplash/Cathryn Lavery

Memperhatikan kebutuhan dan keuangan keluarga memang merupakan hal yang baik, tetapi jangan lupa untuk memastikan kebutuhan diri sendiri. Salah satu caranya adalah dengan memastikan bahwa kamu dan pasangan sudah punya cukup dana untuk digunakan sebagai persiapan di hari tua.

Untuk mengetahui jumlah dana yang kamu perlukan untuk pensiun dengan nyaman, kamu bisa berkonsultasi dengan penasihat keuangan. Jangan lupa untuk memastikan dana yang kamu siapkan itu tidak tergerus inflasi!

Berinvestasi dengan Bijak
Ragam investasi diri yang harus segera dilakukan

Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan/Foto: Freepik

Perempuan adalah makhluk yang paling hemat. Tidak mengherankan jika mereka selalu punya uang untuk disisihkan setiap akhir bulan meskipun telah mengalokasikan sejumlah uang tersendiri untuk ditabung di awal bulan.

Meskipun begitu, uangmu tidak akan bisa berkembang kecuali diinvestasikan pada instrumen yang tepat untuk membangun kekayaanmu. Kalau hanya ditabung di bank, kemungkinan, uang dan bunga yang kamu dapatkan hanya akan habis tergerus biaya admin dan inflasi.

Memahami Produk Investasi Masa Kini
Krisis ekonomi akan mengganggu pikiranmu, pastikan kamu memiliki simpanan yang cukup/Foto: pexels.com/karolina-grabowska

Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan/Foto: pexels.com/karolina-grabowska

Menaruh uangmu di produk investasi tradisional seperti deposito bank atau emas mungkin menjadi opsi investasi terbaik bagi sebagian besar orang. Namun, kamu harus tahu bahwa ada lebih banyak produk investasi masa kini yang diawasi oleh lembaga keuangan dan menjadi opsi mengembangkan uang yang jauh lebih efisien.

Produk investasi keuangan masa kini yang dimaksud tersebut, antara lain reksa dana, obligasi, hingga saham yang bisa melipatgandakan uangmu dengan pajak pencairan yang lebih ringan. Tentu, sebelum berinvestasi kamu harus banyak mencari informasi di web terkait, ya!

Jangan Buru-Buru Beli Rumah
Ilustrasi perempuan membeli rumah/Foto: Freepik/lifestylememory

Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan/Foto: Freepik/lifestylememory

Kebanyakan orang percaya bahwa membeli rumah merupakan lambang dari stabilitas dalam hidup sehingga terburu-buru untuk segera membelinya. Meskipun begitu, mereka jarang sekali memikirkan mengenai kecocokan rumah dengan selera dan kebutuhannya.

Masalah cicilan yang akan timbul selama 10 hingga 15 tahun lamanya juga harus menjadi pemikiran awal sebelum membeli rumah. Oleh karena itu, sebelum membeli rumah, pastikan kamu menyiapkan diri pada kemungkinan timbulnya masalah dalam karier hingga pemasukan keluarga yang akan menurun karena harus membayar cicilan.

Menyiapkan Asuransi Jiwa
Memiliki asuransi/ Foto: freepik.com/freepik

Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan/Foto: Freepik

Semua anggota keluarga maupun ibu rumah tangga harus memiliki asuransi dasar. Pahami ketentuan polis asuransi yang dimiliki oleh keluarga dan pastikan klaim asuransi tersebut bisa menutup pemasukan selama minimal 8 tahun untuk membantu anggota keluarga ketika terjadi peristiwa yang tak terduga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)