Makanan Rumahan Korea yang Biasa Disajikan Saat Musim Dingin, Menggugah Selera!

Kala musim dingin menghampiri, masyarakat yang tinggal di negara dengan empat musim pasti akan selalu mencari tempat atau makanan yang bisa menghangatkan badan di saat dinginnya cuaca menusuk hingga ke tulang.

Beragamnya kuliner khas Korea Selatan juga tak luput dari kebiasaan ini, di saat musim dingin, beberapa jenis makanan akan menjadi populer di setiap rumah.

Bahkan, tak jarang orang berbondong-bondong mencari makanan yang bisa meredakan dinginnya tubuh bersama teman, kerabat, atau pun pasangan. Mau tahu apa saja makanannya? Yuk, kita telusuri bersama!

Kkochi Eomuk

Kkochi eomuk/ Foto: allkpop.com

Kkochi eomuk atau biasa dikenal dengan sebutan odeng ini adalah olahan ikan yang disajikan bersamaan dengan kaldu hangat. Citra rasa pedas dan sensasi hangat kuah yang didapat dari Kkochi eomuk akan menghangatkan badan kita di musim dingin.

Kkochi eomuk akan mudah ditemui di tempat yang juga menjual tteokboki, malahan hampir di setiap tempat yang menjual aneka ragam jajanan atau cemilan di Korea, pastilah juga menjual KKochi eomuk.

Populernya, Kkochi eomuk akan dijual di sebuah mobil bak terbuka yang disulap menjadi stand makanan, bersama dengan tteokboki dan berbagai gorengan. Walau tak membeli Kkochi eomuk, kuah odeng akan tetap diberikan dalam satu cup untuk dikonsumsi bersama tteokboki.

Kimchi Jjigae

Ilustrasi kimchi jjigaeIlustrasi kimchi jjigae/ Foto: koreaboo.com

Kimchi merupakan makanan ikonik yang tidak bisa dipisahkan dari Korea, di setiap hidangan apapun makanannya pasti akan disediakan kimchi juga di sampingnya sebagai penyegar mulut.

Namun, bila biasanya kimchi disajikan sebagai hidangan samping, kimchi jjigae adalah hidangan sup kimchi yang biasa disajikan sebagai hidangan utama di rumah saat musim dingin, untuk menghangatkan badan.  

Kimchi Jjigae terbuat dari kimchi kubis, tahu, mie plastik, daging atau ikan tuna, dan sayuran yang direbus secara bersamaan. Cita rasa dari kimchi yang memang sudah kuat, menciptakan aldu yang kental dan lezat.

Kimchi jjigae ini akan terasa lebih lezat jika dimakan dengan cara meletakkan sedikit nasi di atas sendok, taruh beberapa isian kimchi jjigae ke atasnya, lalu celupkan sedikit ke kuah  kimchi jjigae, dan langsung di santap.

Gun-Goguma atau Ubi Panggang

Ubi panggang saus bawang pedasIlustrasi ubi panggang/ Foto: freepik.com

Gun goguma adalah olahan ubi yang dipanggang atau di bakar dalam oven, gun goguma biasa dimakan saat musim dingin dan paling lezat bila dimakan langsung saat baru keluar dari oven, ubi yang mengepul panas, tekstur yang lembut juga cita rasa manisnya yang memanjakan lidah, membuat gun goguma ini diminati banyak orang terutama para orang tua.

Mandu-guk

Ilustrasi mandu-gukIlustrasi mandu-guk/ Foto: freepik.com/KamranAydinov

Mandu-guk merupakan olahan mandu atau pangsit yang diisi oleh sayuran atau daging sesuai selera yang diolah menjadi sebuah sup hangat yang kental dan menyehatkan. Mandu-guk paling lezat dimakan langsung tanpa perlu tambahan apapun.

Tapi bagi yang menyukai rasa pedas, bisa ditambahkan kimchi atau bubuk cabai agar lebih terasa semarak. Rasanya yang gurih, dengan sup yang menyegarkan sangat cocok sebagai sajian musim dingin.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)