Lama Tak Tardengar, Ini Cerita Veri AFI Jadi Korban Pinjol Ilegal dengan Modus Ngeri

Salah satu yang paling harus dihindari di balik kemajuan zaman saat ini adalah terjerat pinjaman online ilegal. Sebab, saat sudah terjerat akan sangat sulit untuk terbebas, karena bunga tinggi hingga ancaman yang begitu menyiksa. 

Sayangnya, nasib terjerat pinjol ilegal ini ternyata dialami oleh Veri AFI. Setelah sekian lama tak terdengar namanya dan tak muncul di layar kaca, Veri AFI diketahui baru saja menjadi korban pinjaman online (pinjol) ilegal. 

Cerita Veri AFI Jadi Korban Pinjol Ilegal

Ilustrasi pinjaman online/Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong

Kejadian ini berawal saat Veri berniat mencari platform untuk modal usaha. Sayangnya, saat itu Veri tidak bisa membedakan mana pinjol yang legal dan ilegal. 

Minimnya pemahaman tersebut membuat ia mengikuti langkah-langkah yang tertera di aplikasi pinjol ilegal. Pelantun lagu Dendang Riau ini mengunggah foto KTP dan melakukan registrasi. 

Setelah ia melihat simulasi pinjaman, Veri langsung membatalkan niatnya untuk meminjam. Namun, tepat pada 14 Desember lalu Veri AFI malah mendapat tagihan pinjol. Tak lama setelah itu, mulai menyebarkan data foto wajah dan KTP-nya. 

Terlebih Veri AFI tak pernah tahu nama pinjol yang tiba-tiba menagihnya itu.

“Saya tanya kapan pinjamnya karena saya tidak pernah meminjam dan tidak pernah dengar nama aplikasinya. Akhirnya saya bayarkan nominal tagihan tersebut karena tidak mau data saya disebarkan,” ujar Veri seperti dikutip detik.

“Keesokan harinya mulai banyak tagihan-tagihan fiktif serupa, di situ saya mulai mengecek history mobile banking saya. Ada beberapa jumlah uang yang masuk beberapa hari sebelumnya. Saya cek aplikasi-aplikasi yang belum saya uninstall dan tidak ada nama produk atau aplikasi yang dimaksud,” lanjut Veri AFI.

Belajar dari kasus Veri AFI, yuk belajar tentang perbedaan pinjol legal dan ilegal. Baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)