Lagi Musim Hujan, 10 Makanan Berkuah Khas Jepang Ini Dapat Membantu Hangatkan Tubuh!

Memasuki musim hujan bukan cuma payung aja loh yang perlu dipersiapkan, tapi juga list menu makanan yang bisa hangatkan tubuh. Umumnya, di Indonesia, orang-orang lebih menyukai menyantap makanan berkuah, seperti mi instan, bakso, soto, hingga seblak yang jadi makanan favorit di kala hujan.

Biar nggak bosen makan makanan yang itu-itu aja, Beauties bisa juga cobain makanan berkuah dari negara lain, salah satunya Jepang. Ada banyak makanan khas Jepang yang cocok untuk disantap saat musim hujan, dijamin bisa bikin tubuh hangat.

Penasaran ada apa saja? Check this out, Beauties!

1. Ramen

Ramen/ Foto: Pinterest.com/angsarap

Mi khas Jepang satu ini begitu populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Perpaduan mi yang kenyal dengan kuah kaldu yang gurih membuat ramen menjadi salah satu comfort food untuk disantap saat hujan turun.

Semangkuk ramen semakin nikmat dengan isian topping yang beraneka macam. Mulai dari irisan daging sapi, daging ayam, telur, sayuran, hingga nori menjadi pelangkapnya.

Tak heran, menyantap ramen di musim hujan bisa menjadi pilihan tepat karena mampu menghangatkan tubuh.

2. Udon

Udon/ Foto: Cook with Dana

Berbeda dari mi biasanya, udon memiliki bentuk yang lebih besar, tebal, dan kenyal. Mi satu ini biasa disajikan dengan kuah shoyu yang terbuat dari campuran kecap asin Jepang dan kaldu daging. Kuahnya yang berwarna jernih dan aroma yang begitu khas sehingga terasa begitu segar dan hangat saat disantap.

Kini, penyajian udon semakin berinovasi dengan kuah yang beragam, mulai dari kuah curry, creamy, hingga carbonara yang bisa kamu coba dan tak kalah enak. So, pas banget nih buat dinikmati pas lagi hujan.

3. Oden

Oden/ Foto: Pinterest.com/rasamalysia

Penggemar anime pasti sudah tak asing dengan makanan satu ini. Oden merupakan masakan yang terdiri dari berbagai macam isian yang direbus dalam sup kaldu ikan dan shoyu. Rebusan tersebut biasanya berisikan aneka makanan, mulai dari chikuwa, hanpen, fishcake, tsumire, bakso ikan, ataupun sosis.

Cita rasa yang gurih dipadukan dengan kuah yang hangat membuat oden bisa menjadi makanan yang pas untuk disantap saat musim hujan dan pastinya menghangatkan tubuh. Yuk, cobain!

4. Shabu-shabu

Shabu-shabu/ Foto: Pinterest.com/ilsils0205

Shabu-shabu merupakan hidangan khas Jepang berupa rebusan kuah kaldu dengan tambahan daging tipis, sayuran, kulit tahu, hingga pasta udang sebagai pelengkapnya.

Penyajiannya pun cukup unik karena banyak restoran shabu-shabu yang mempersilahkan pengunjungnya untuk memasak sendri. Jadi, Beauties hanya perlu memasukkan bahan-bahan ke dalam panci khusus dan irisan daging tipis di celup-celupkan ke dalam rebusan kuah kaldu yang panas.

Selain itu, Beauties juga bisa berkreasi dengan meracik bumbu atau saus cocolan untuk menyantap shabu-shabu, mulai dari saus thai, saus wijen, saus ponzu, hingga saus racikan kamu sendiri.

5. Nabe

Nabe/ Foto: Pinterest.com/justonecookbook

Nabe merupakan masakan sejenis hot pot ala Jepang yang dimasak dalam wadah panci dan berisi aneka sayuran, jamur, daging sapi, ikan, dan seafood dengan kuah kaldu yang gurih.

Hidangan khas Jepang satu ini juga punya cara penyajian yang cukup unik, karena langsung dimasak di atas meja dengan kompor portable. Beauties pun bisa mengambil bahan makanan yang sudah matang langsung dari panci. Kemudian disantap selagi masih hangat bersama dengan teman ataupun keluarga.

6. Mizutaki

Mizutaki/ Foto: Pinterest.com/justonecookbook

Jika dilihat sekilas, hidangan berkuah khas Jepang ini mirip dengan sup ayam yang ada di Indonesia. Ciri khas dari hot pot ini menggunakan banyak ayam dan sayuran, seperti kubis, jamur, wortel, dan sayuran lainnya.

Bahan-bahan tersebut kemudian dimasak ke dalam rebusan kaldu yang berasal dari tulang ayam, sehingga warna kuahnya putih keruh dan rasanya begitu gurih. Menyantap semangkuk mizutaki semakin lengkap dengan tambahan saus ponzu yang membuat rasa makanan ini jadi semakin lezat.

7. Zosui

Zosui/ Foto: Pinterest.com/recipetin

Kalau mizutaki mirip dengan sup ayam, ternyata ada juga nih hidangan khas Jepang yang disebut-sebut mirip dengan bubur ayam, yaitu zosui.

Zosui merupakan makanan berupa beras yang direbus dengan air atau kaldu hingga bertekstur lembut seperti bubur. Di dalamnya, terdapat potongan wortel, jamur, daging ayam, hingga telur yang bisa disesuaikan dengan selera. Lebih nikmat, zosui disantap dengan tambahan saus.

Rasa gurih dari kuah dan tekstur lembut mirip seperti bubur membuat hidangan ini sangat pas dikonsumsi selagi hangat.

8. Sukiyaki

Sukiyaki/ Foto: Troisfoisparjour.com

Masakan nabe satu ini bukan cuma populer di Jepang, tetapi juga di dunia. Sukiyaki merupakan hot pot ala Jepang yang berisi daging sapi tipis, jamur shitake, shirataki, tahu dan aneka sayuran segar.

Sekilas tampilannya mirip dengan shabu-shabu, namun yang membedakan adalah pada cara memasak dan menyantapnya. Sukiyaki kerap dinikmati bersama telur mentah, sementara shabu-shabu disantap dengan cocolan aneka saus.

Hidangan ini kerap dijumpai saat musim dingin atau pada pesta akhir tahun, orang Jepang biasa menyantapnya bersama anggota keluarga untuk menghangatkan tubuh.

9. Yudofu

Yudofu/ Foto: Pinterest.com/justonecookbook

Dari sekian banyak hidangan nabe, Yudofu menjadi salah satu menu nabe yang paling simple dan sederhana. Untuk membuatnya, Beauties hanya perlu menyiapkan tahu dan daun bawang yang direbus dengan kuah kaldu, lalu disantap dengan tambahan kecap asin.

Meski begitu, yudofu menjadi makanan yang paling banyak dicari orang Jepang ketika musim dingin tiba, lho. Perpaduan antara tahu yang lembut dan kuah hangat bisa membuat badan terasa lebih hangat.

10. Ozoni

Ozoni/ Foto: Onolicioshawaii.com

Ozoni merupakan hidangan penghangat berupa sup tradisional khas Jepang yang biasa disajikan saat Tahun Baru. Dalam semangkuk sup ozoni terdapat kue beras atau mochi yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari miso atau kecap asin. Selain itu, ozoni juga dilengkapi dengan aneka sayuran berupa wortel, lobak, jamur, ataupun daun bawang.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)