Keren! Ini 6 Negara di Dunia yang Warganya Bisa Berbahasa Indonesia

Di setiap negara tentu memiliki bahasa resmi yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. Namun, pernahkah Beauties membayangkan kalau ada beberapa negara di dunia, dengan penduduk aslinya yang bisa berbahasa Indonesia?

Faktanya ada, Beauties! Ada beberapa negara di dunia, di mana penduduk aslinya lancar berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia. Ada yang menggunakannya sebagai kurikulum pendidikan, ada pula negara dengan penduduknya yang juga mempelajari budaya Indonesia, bahkan ada pula yang berprofesi sebagai penutur bahasa Indonesia.

Negara mana saja yang penduduk aslinya bisa berbahasa dan mempelajari budaya Indonesia? Mengutip dari berbagai sumber, ini 5 di antaranya!

1. Australia

Keren! Ini 6 Negara di Dunia dengan Penduduk Asli yang Bisa Berbahasa Indonesia/Foto: Freepik/freepik

Negara pertama dengan penduduk asli yang bisa berbahasa Indonesia adalah Australia. Hubungan bilateral Indonesia dan Australia sendiri terjalin cukup baik, di samping memiliki kedekatan wilayah.

Tak sulit menemukan orang-orang yang cukup fasih berbahasa Indonesia di beberapa wilayah Australia. Bukan hanya itu, bahasa Indonesia justru menjadi pelajaran wajib bagi siswa hingga kelas 7 di sana, lho!

Disebut dalam laman CNN Indonesia, University of Southern Queensland dan Burgmann Anglican School yang terletak di Ibu Kota Canberra, menjadi contoh instansi pendidikan di Australia yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai pelajaran wajib.

Ada fakta unik lainnya, di beberapa sekolah di Australia juga menggunakan bahasa Indonesia untuk kelas Agama, lho. Mengutip dari laman detikNews, Loyala College di daerah Watsonia, menjadi salah satu sekolah dengan program unik yang menggunakan bahasa Indonesia untuk kelas gama.

Kabarnya, sudah ada empat angkatan yang mengikuti pelajaran agama yang disampaikan dengan bahasa Indonesia di sekolah Katolik ini. Keren banget, ya!

2. Jepang

Keren! Ini 6 Negara di Dunia dengan Penduduk Asli yang Bisa Berbahasa Indonesia/Foto: Freepik/Jcomp

Selanjutnya adalah Jepang. Tak dipungkiri, Negeri Sakura ini menjadi salah satu negara tujuan para mahasiswa Indonesia untuk menimba ilmu di sana. Bahkan, Bahasa Indonesia juga dijadikan sebagai salah satu mata kuliah di universitas yang ada di Jepang, Beauties.

Dikutip dari CNN Indonesia, University of Foreign Studies menjadi salah satu universitas di Jepang yang menyediakan jurusan Bahasa Indonesia.

3. Taiwan

Keren! Ini 6 Negara di Dunia dengan Penduduk Asli yang Bisa Berbahasa Indonesia/Foto: Freepik/gpointstudio

Sama seperti Australia, Taiwan turut menghadirkan Bahasa Indonesia ke dalam kurikulum pendidikan di negaranya. Bahasa Indonesia menjadi kurikulum wajib murid sekolah dasar (SD) di Taiwan, Beauties.

Hal tersebut mulai berlaku sejak Agustus 2019 lalu. Mengutip dari laman detikNews, semua murid sekolah dasar di Taiwan diwajibkan untuk mempelajari salah satu dari tujuh bahasa Asia Tenggara, di antaranya bahasa Indonesia. 

Sejumlah pakar menilai kebijakan ini menyoroti kemampuan Taiwan dalam menerima budaya kaum migran, tapi sejumlah orang tua justru khawatir bahasa Inggris akan dikesampingkan.

Kementerian Pendidikan Taiwan menuturkan, tujuh bahasa yang bisa dipilih untuk dipelajari mencakup bahasa Indonesia, bahasa Vietnam, bahasa Thailand, bahasa Myanmar, bahasa Kamboja, bahasa Melayu, dan bahasa Tagalog.

Selain itu, murid-murid juga bisa mempelajari bahasa Hokkien, Hakka, atau bahasa asli suku di Taiwan. Untuk mengajarkan bahasa-bahasa ini, kementerian telah menggelar pelatihan untuk 2.000 guru paruh-waktu.

4. Korea Selatan

Keren! Ini 6 Negara di Dunia dengan Penduduk Asli yang Bisa Berbahasa Indonesia/Foto: Freepik/benzoix

Selanjutnya adalah negara para Idol K-Pop mendunia berasal, Korea Selatan. Korea Selatan juga menjadi negara yang mempelajari Bahasa Indonesia. Di Korea Selatan, baik pelajar dari negara asal maupun Indonesia, sama-sama tertarik untuk mempelajari bahasa satu sama lain.

Beberapa universitas di Korea Selatan mencantumkan program studi Bahasa Indonesia, sebut saja Hankuk University of Foreign Studies dan Busan University of Foreign Studies.

5. Hawaii

Keren! Ini 6 Negara di Dunia dengan Penduduk Asli yang Bisa Berbahasa Indonesia/Foto: Freepik/freepik

Bukan hanya tertarik dengan bahasa Indonesia, Hawaii menjadi salah satu negara di dunia yang tertarik mempelajari kebudayaan Indonesia, Beauties. Mungkin tak banyak yang tahu, bila masyarakat Hawaii cukup serius dalam mempelajari bahasa Indonesia.

Saking seriusnya, beberapa pengajar ada yang rela terbang langsung untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa Indonesia. Bahkan, di University of Hawaii at Manoa, Bahasa Indonesia turut menjadi mata kuliah yang dipelajari mahasiswa.

6. Amerika dan Eropa

Keren! Ini 6 Negara di Dunia dengan Penduduk Asli yang Bisa Berbahasa Indonesia/Foto: Freepik/freepik

Amerika dan Eropa tercatat sebagai negara dengan penutur bahasa Indonesia terbanyak ketiga. Mengutip dari laman detikEdu, Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui akun Instagram resminya mengemukakan, persebaran jumlah penutur Indonesia di Amerika dan Eropa tercatat sebanyak 2 juta penduduk.

Sementara, jumlah pembelajar Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) di Amerika dan Eropa tercatat sebanyak 10.548 orang. Di samping itu, terdapat total 142.484 orang asing yang sedang mempelajari bahasa Indonesia.

Badan Bahasa juga telah mendirikan lembaga belajar bahasa Indonesia di 47 negara guna mempromosikan bahasa Indonesia pada kancah internasional.

Selain itu, bahasa Indonesia juga menjadi mata kuliah di sejumlah kampus kelas dunia di Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, serta di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia.

Nah Beauties, itu dia deretan negara dengan penduduk aslinya yang bisa berbahasa Indonesia. Keren banget, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)