Kenapa Sih Habis Makan Tidak Boleh Tidur? Begini Penjelasannya!

Pernah dengar orang nyeletuk ‘habis makan tidak boleh tidur’. Ternyata celetukan itu bukan sekedar celetukan biasa, lho. Lalu, apa maksudnya?

Sesuatu yang dilarang pasti ada alasannya. Kebiasaan langsung tidur setelah makan akan berdampak buruk bagi kesehatan, misalnya memicu penyakit lambung. Namun, hal semacam ini masih sering disepelekan oleh sebagian orang. Kebanyakan dari mereka, baru sadar setelah menerima dampaknya.

Apa sih bahayanya tidur setelah makan?

Tidur setelah makan dapat memicu GERD/foto: pexels.com/happy pixels

Ahli gizi Amy Saphiro mengatakan, makan kenyang tepat sebelum tidur bisa mengakibatkan heartburn, kenaikan berat badan, dan dapat mengganggu waktu tidur, mengutip dari Who What Wear.

Diketahui memutuskan tidur setelah makan dapat mengakibatkan tekanan di dalam lambung meningkat. Alhasil makanan dan cairan dalam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Jika hal tersebut terjadi berulang kali, akan memicu timbulnya refluks asam lambung hingga GERD.

Mengutip LiveStrong, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dapat menimbulkan heartburn atau sensasi seperti terbakar di antara dada dan tulang belakang.

Selain itu, berdekatannya waktu makan dan tidur juga mampu menyebabkan otak lebih aktif dan memicu mimpi buruk.

Sebuah penelitian dari British Journal of Nutrion yang diterbitkan tahun 2022 menyebut, makan satu jam atau kurang sebelum tidur mampu meningkatkan diri terbangun di malam hari.

Lalu, idealnya berapa jam setelah makan, kita diperbolehkan tidur?

Jarak waktu makan dan tidur yang ideal antara 2-3 jam/foto: pexels.com/ketut subiyanto

Secara umum, Beauties perlu menunggu 2-3 jam untuk tidur setelah makan. Mengapa demikian? Guna memberikan cukup waktu untuk sistem pencernaan bekerja. Dengan begitu, waktu tidur akan lebih berkualitas dan tetap terjaga di malam hari.

Perlu diingat juga, rentang waktu itu bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Semakin berat jenis makanan yang dikonsumsi, maka semakin lama tubuh mencerna makanan tersebut. Makanan berat di sini seperti makanan berlemak tinggi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)