Kenali 5 Gejala Covid-19 Eris EG.5 yang Kini Kasusnya Mulai Meningkat Lagi di Berbagai Negara

Akhir-akhir ini muncul pemberitaan bahwa di beberapa negara kasus Covid-19 kembali meningkat. Salah satunya di negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia. Di Indonesia pun baru-baru ini diketahui terdapat beberapa orang yang terdeteksi terkena Covid-19 varian Eris EG.5.

Perlu dicatat bahwa terdapat peningkatan sebesar 58,9 persen dalam kasus Covid-19 di Indonesia pada bulan November 2023. Sebenarnya, varian Eris bukanlah subvarian baru, melainkan telah terdeteksi pada awal tahun 2023.

Dilansir dari yalemedicine.org, meski secara umum gejalanya belum dapat dipastikan secara tegas, gejala Covid-19 subvarian Eris tidak terlalu berbeda dengan varian sebelumnya. Berikut adalah beberapa gejala Covid-19 Eris EG.5. Simak!

1. Sakit Tenggorokan

ilustrasi sakit tenggorokan/foto:unsplash/engin akyurt

Salah satu gejala Covid-19 yang sering ditemukan adalah rasa sakit pada tenggorokan. Gejala ini pun merupakan salah satu gejala yang ditetapkan oleh WHO. 

Pasien yang terpapar subvarian EG.5 juga mengeluhkan kesulitan menelan. Bahkan, menurut data WHO, keluhan kesulitan menelan juga didapatkan pada 5-17,4% penderita positif Covid-19.

2. Batuk

ilustrasi batuk/foto:unsplash/Annie Spratt

Selain sakit tenggorokan, batuk juga merupakan gejala umum pada pasien Covid-19, termasuk yang terpapar subvarian EG.5.

Batuk merupakan respons tubuh untuk melawan dan mengeluarkan virus. Berbeda dengan batuk flu biasa yang hanya muncul 1-3 hari, batuk gejala Covid-19 sendiri akan berlangsung selama 2-14 hari.

3. Hidung Tersumbat

ilustrasi flu/foto:freepik

Tidak hanya mengalami batuk dan sakit tenggorokan, pasien yang terinfeksi EG.5 juga mengalami hidung tersumbat. Hidung tersumbat merupakan kondisi dimana adanya  peningkatan cairan hidung hingga menyebabkan hidung tersumbat.

4. Demam

Ilustrasi demam/foto:unsplash/Kelly Sikkema

Demam menjadi salah satu gejala paling umum saat seseorang terkena Covid-19. Hal ini pun dapat terjadi karena tubuh merespons virus yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, saat terkena Covid-19, demam menjadi salah satu gejala yang akan banyak dirasakan oleh penderitanya.

5. Kelelahan

ilustrasi kelelahan/foto:unsplash/engin akyurt

Rasa lelah dapat dirasakan oleh pasien Covid-19, termasuk yang terpapar subvarian EG.5. Kelelahan ini disebabkan oleh upaya sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, yang dapat menyebabkan kekurangan energi.

Selain kelima gejala tersebut, beberapa pasien yang terpapar Covid-19 subvarian EG.5 juga melaporkan mengalami sesak napas. Oleh karena itu, sebaiknya mulai terapkan protokol kesehatan lagi ya Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)