Kelebihan Informasi Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental, Simak Penjelasannya

Pernahkah kamu merasa stress dan sulit berfikir jernih setelah banyak membaca informasi? Tanpa disadari, mungkin otak kamu sedang menangkap terlalu banyak informasi. 

Menurut Mindful Health Solutions, kelebihan informasi terjadi ketika jumlah informasi terlalu banyak untuk diproses oleh otak kita. Kelebihan informasi ini dapat menyebabkan kebingungan, keragu-raguan, stres, dan akhirnya kelelahan mental.

Dalam keadaan ini, kita menjadi sulit untuk fokus terhadap hal-hal yang seharusnya kita perhatikan.  Berikut penjelasan dampak buruk kelebihan informasi pada kesehatan mental.

 

Stress dan Anxiety

Stress dan Anxiety/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Informasi yang kian melaju cepat dan terlalu banyak dibaca akan menyebabkan peningkatan stres  dan gangguan kecemasan (anxiety)Kemampuan yang tidak memadai dalam menyerap informasi yang berlebih menciptakan kondisi mental yang tidak stabil.

Dalam kondisi tersebut, kita tidak bisa membedakan mana informasi yang penting dan tidak penting. Maka dari itu, kita perlu mengetahui informasi yang kita butuhkan, sebelum membuka banyak sumber informasi.

Sulit Fokus dan Konsentrasi

Sulit Fokus dan Konsentrasi/ Foto: freepik.com/benzoix

Kelebihan informasi juga menyebabkan sulit fokus dan konsentrasi. Kelebihan informasi dapat membagi perhatian kita kepada hal-hal yang seharusnya tidak kita perhatikan. 

Gangguan fokus dan sulit konsentrasi bisa membuat pekerjaan kita tidak maksimal. Sehingga, membuat kita merasa tidak puas terhadap apa yang sudah kita kerjakan. Efek dari gangguan ini, membuat penyelesaian pekerjaan kita sehari-hari pun menjadi suatu tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan.

 

Social Comparison dan Self Esteem yang Rendah

Social Comparison dan Self Esteem yang Rendah/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Media sosial adalah platform yang bisa menyebabkan adanya social comparison (membanding-bandingkan) yang kita lakukan ke diri kita sendiri setelah melihat media sosial orang lain.

Apalagi ketika orang lain tersebut, banyak mengunggah prestasi-prestasi yang telah ia capai. Tak jarang, kita langsung membandingkannya dengan pencapaian kita sendiri, dan hal itu membuat kita memiliki self esteem yang lemah.

Penting untuk kita tidak scrolling terlalu banyak media sosial orang lain yang dapat menyebabkan kita merasa tidak berdaya dengan apa yang sudah kita capai. 

Susah Tidur

Susah Tidur/ Foto: freepik.com/freepik

Membaca banyak informasi sebelum tidur secara terus-menerus dapat membahayakan kualitas dan durasi tidur kita. Siklus tidur yang terganggu tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga secara signifikan mengganggu kesehatan mental kita.

Kelelahan itu membuat kita susah mengatur emosi, suasana hati dan pikiran kita secara keseluruhan. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk tidak banyak membaca informasi yang tidak penting sebelum tidur, ya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)