Kebanyakan Orang Jepang Pilih Mandi Saat Malam Hari dibandingkan Pagi Hari, Ternyata karena Hal Ini!

Mandi malam sudah menjadi kebiasaan di Jepang. Orang asing yang tinggal di negara itu pun biasanya akan ikut menerapkan kebiasaan tersebut. Terkait itu, sebuah penelitian mengungkap bahwa mandi saat malam hari memang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Namun, terlepas dari manfaatnya, orang Jepang memiliki alasan tersendiri sehingga lebih suka mandi saat malam hari. Dilansir dari Class Lifestyle, berikut 5 alasan orang Jepang lebih memilih mandi malam dibandingkan pagi hari. Simak, yuk! 

1. Mengikuti Tradisi

Mengikuti tradisi/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Seperti yang diungkap sebelumnya bahwa mandi malam sudah menjadi tradisi di Jepang. Dulunya, orang-orang di sana tidak punya cukup waktu untuk mandi di pagi hari. Pasalnya, pada abad ke-19, tidak ada air panas atau pemanas di rumah-rumah Jepang.

Oleh karena itu, kebanyakan orang Jepang harus merebus air panas terlebih dahulu untuk mandi. Proses tersebut dinilai terlalu memakan waktu sehingga mereka memilih mandi saat malam hari yang kemudian menjadi kebiasaan hingga saat ini. 

2. Ritual Mandinya Panjang

Ritual mandinya panjang/ Foto: Freepik.com/user18526052

Jika biasanya kita mungkin dapat mandi hanya dalam waktu 5 atau 10 menit saja, maka hal ini sepertinya sulit bagi orang Jepang. Sebab, mereka ternyata memiliki beberapa ritual saat mandi. Dimulai dari menghilangkan debu dan keringat terlebih dahulu. 

Kemudian, orang Jepang biasanya juga menambahkan teh hijau dan herbal ke dalam air untuk menenangkan tubuh dan mengencangkan kulit. Selanjutnya, mereka juga sangat memperhatikan suhu air saat mandi. Dalam hal ini, tidak boleh terlalu panas karena dianggap dapat membuka pori-pori dan menyebabkan hilangnya kelembapan kulit. 

3. Terlalu Sibuk di Pagi Hari

Terlalu sibuk di pagi hari/ Foto: Freepik.com/freepik

Terlepas dari ritual mandi orang Jepang yang cukup panjang, mereka juga tergolong sangat sibuk di pagi hari. Bagaimana tidak, orang Jepang terkenal dengan budaya kerjanya yang keras. Olehnya itu, saat pagi hari, mereka akan sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk berangkat kerja. 

Terlebih lagi, kedisiplinan waktu adalah hal yang sangat penting bagi orang Jepang. Maka, mereka tidak punya waktu luang untuk sekadar mandi pagi. Terlepas dari kesibukan, orang Jepang juga menganggap tubuhnya tidak kotor saat bangun di pagi hari sehingga mandi adalah hal yang dinilai tidak perlu. 

4. Mandi Dijadikan Relaksasi

Mandi dijadikan relaksasi/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Melewatkan mandi di pagi hari mungkin sering dianggap jorok. Namun, bagi orang Jepang, tidak mandi malam sebelum tidur adalah hal yang lebih menjijikkan. Apalagi, mereka sudah seharian bekerja sehingga mandi malam menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. 

Tak hanya untuk membersihkan tubuh, orang Jepang juga percaya bahwa mandi dapat menghilangkan rasa lelah. Jadi, mereka memilih melakukannya setiap malam sebagai bentuk relaksasi sebelum tidur. Tak mengherankan juga jika orang Jepang suka menghabiskan waktu cukup lama di onsen untuk berendam sekaligus bersantai setelah seharian penuh beraktivitas. 

5. Faktor Iklim

Faktor iklim/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Musim panas di Jepang tergolong sangat lembap. Hal itu membuat orang-orang di sana senang mandi malam untuk mendapatkan kesegaran dan kenyamanan sebelum tidur. 

Sementara itu, musim dingin di Jepang juga sangatlah dingin. Maka, sebelum tidur, orang Jepang terbiasa mandi terlebih dahulu dan berendam air panas untuk menghangatkan tubuh. 

Nah, itulah sejumlah alasan orang Jepang lebih memilih mandi malam dibandingkan mandi saat pagi hari. Kalau kamu lebih suka mandi saat malam atau pagi hari, Beauties? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)