Kata Siapa Bahagia Nggak Bisa Dibeli? Ini 3 Cara Beli Kebahagiaan Menurut Profesor Harvard

Semua orang menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Kebahagiaan itu bisa didapatkan dari berbagai macam cara. Pernyataan “uang tidak bisa membeli kebahagiaan” mungkin dipertanyakan faktanya karena ide bahwa uang bisa “membeli” kebahagiaan semakin sering dibuktikan–hanya jika dilakukan dengan membeli hal yang tepat.

Begitu pula yang disebutkan seorang Profesor Harvard, Arthur C. Brooks yang merupakan ilmuwan sosial. Lewat kelas online Harvard Happiness Course, ia memberikan sebuah perspektif bagaimana uang yang kita keluarkan bisa mendatangkan kebahagiaan, tentunya setelah kebutuhan utama manusia terpenuhi. Begini caranya.

Beli Pengalaman

Ilustrasi/ Foto: pexels/Berta Raspall

Membeli pengalaman bisa lebih banyak mendatangkan kebahagiaan. Misalnya untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti nonton konser artis favoritmu, melakukan hobi seperti diving, atau untuk traveling ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, bukan cuma pengalaman baru kamu miliki tapi juga rasa bahagia yang signifikan.

 

Beli Waktu
Ilustrasi membersihkan rumah

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Waktu merupakan non-materiel berikutnya yang bisa “dibeli”. Mengeluarkan uang untuk efisiensi waktumu jadi cara untuk “beli waktu”. Investasi teknologi terkini untuk mempermudah pekerjaanmu, menyewa jasa tukang kebun atau pembersih untuk merapikan taman dan rumah sehingga kamu punya waktu bersama keluarga, atau setop menggunakan waktu buat scrolling media sosial untuk melakukan aktivitas lebih bermanfaat lainnya adalah segelintir contoh dari banyaknya hal yang bisa kamu lakukan untuk “beli” waktu.

Berikan untuk Membantu Orang Lain
Ilustrasi Donasi Online

Ilustrasi donasi online/ Foto: shutterstock

Cara menggunakan uang lain yang bisa mendatangkan kebahagiaan adalah dengan berdonasi. Menolong orang lain yang membutuhkan dengan bersedekah dapat memicu produksi hormon-hormon kebahagiaan, seperti serotonin, dopamin, dan oxytocin berdasarkan laman Cleveland Clinic.

Tak kalah penting, Profesor Brooks menyimpulkan kunci untuk mendapatkan kebahagiaan dari ketiga hal tersebut adalah dengan melakukannya bersama dan untuk orang yang kamu sayangi. Jadi, kamu mau coba yang mana dulu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)