Karakter Drama Welcome to Samdal-ri yang Putuskan ‘Pulang Kampung’ Usai Mengadu Nasib di Seoul

Welcome to Samdalri merupakan drama yang mengambil latar tempat di Pulau Jeju. Dalam drama ini, diceritakan bahwa ada beberapa karakter yang merantau ke Kota Seoul untuk menggapai impian dan menginginkan kehidupan yang berbeda dari pedesaan. 

Harapan mereka, dengan tinggal di Seoul, perjalanan hidup mereka akan lebih sukses dan berwarna. Seoul memang indah, namun enam karakter di bawah ini lebih memilih untuk pulang dan melanjutkan kehidupan di Jeju, meskipun rentang waktu kembalinya berbeda-beda. Siapa sajakah karakter tersebut?

1. Cho Sam Dal


Shin Hye Sun di drama Welcome to Samdalri/ Foto: instagram.com/jtbcdrama

Sejak masih kecil, Cho Sam Dal (Shin Hye Sun) sudah bercita-cita untuk hidup dan menggapai mimpinya di Seoul. Walaupun butuh waktu, Cho Sam Dal akhirnya berhasil meninggalkan kampung halamannya dan meniti karier di Seoul. 

Hidup di Seoul ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Butuh waktu belasan tahun hingga akhirnya Cho Sam Dal menjadi fotografer terkenal dan mengganti namanya menjadi Cho Eun Hye. 

Ketika Cho Sam Dal berada di titik kejayaannya, ia difitnah merundung asistennya sendiri dan menjadi bulan-bulanan publik. Akibatnya, Cho Sam Dal yang selama 18 tahun tidak pernah pulang ke Jeju harus meninggalkan Kota Seoul untuk pulang ke kampung halamannya di tahun 2023. 

2. Cho Yong Pil

changuk
Ji Chang Wook di drama Welcome to Samdalri/ Foto: instagram.com/jtbcdrama

Berbeda dengan Cho Sam Dal, Cho Yong Pil (Ji Chang Wook) tidak memiliki ambisi untuk pergi ke Seoul. Justru, ia sangat mencintai kampung halamannya sendiri, yaitu Jeju. Berkat Cho Sam Dal-lah, Cho Yong Pil akhirnya ikut merantau ke Seoul. Cho Yong Pil yang memang cerdas juga diterima di Universitas Hankook.

Lulus dari Universitas Hankook, Cho Yong Pil memilih untuk bekerja sebagai prakirawan cuaca yang bertempat di Jeju alih-alih Seoul. Ia pulang ke kampung halamannya di tahun 2015 dan lost contact dengan Cho Sam Dal selama bertahun-tahun.

3. Wang Gyeong Tae

jaewon
Lee Jae Won di drama Welcome to Samdalri/ Foto: instagram.com/jtbcdrama

Wang Gyeong Tae (Lee Jae Won) turut ikut membersamai gengnya pergi ke Seoul. Untuk bertahan hidup, ia mencoba berbagai jenis pekerjaan untuk bertahan hidup di Seoul.

Salah satu pekerjaan yang ditekuni Wang Gyeong Tae untuk membiayai hidupnya di Seoul adalah bekerja sebagai pelayan di restoran mewah. Hari demi hari Wang Gyeong Tae menjalani kehidupan perantauannya di Seoul. Seberat apapun itu, Wang Gyeong Tae masih memiliki teman-temannya.

Namun, di tahun 2009, Wang Gyeong Tae memutuskan untuk pulang ke Jeju karena sudah tidak tahan lagi.

4. Cha Eun Woo

myungjin
Bae Myung Jin di drama Welcome to Samdalri /Foto: instagram.com/jtbcdrama

Cha Eun Woo (Bae Myung Jin) adalah member terakhir di geng Samdalri yang juga terbang ke Seoul. Ia pula telah merasakan bagaimana kerasnya kehidupan di Seoul.

Seperti saat itu, ketika hari ulang tahunnya, Cha Eun Woo bahkan tak mampu membeli makarel Jeju karena harganya sangat mahal. Padahal, harga makarel di Jeju sangat murah.

Impian Cha Eun Woo saat di Seoul adalah menjadi seorang kartunis yang terkenal dan sukses. Ia masih percaya bahwa mimpinya bisa digapai. Sampai suatu saat ia bertemu dengan perempuan dan menghamilinya, Cha Eun Woo pun kembali ke Jeju di tahun 2011 bersama dengan keluarga kecilnya. 

5. Cho Jin Dal

dongmi
Shin Dong Mi di drama Welcome to Samdalri/ Foto: instagram.com/dongmi_shin

Jauh sebelum Cho Sam Dal, kakaknya yakni Cho Jin Dal (Shin Dong Mi), sudah terlebih dahulu mengadu nasib di Seoul. Bekerja sebagai pramugari, Cho Jin Dal dipersunting oleh anak konglomerat AS Group. 

Perjalanan Cho Jin Dal sebagai menantu AS Group tidak mulus dan penuh dengan tantangan. Mulai dari selera makan yang tidak sama hingga mertua yang membuang masakan ibunya sembarangan, Cho Jin Dal merasa tidak nyaman hidup seperti itu. Alhasil, ia menggugat cerai suaminya dan kembali ke Jeju.  

6. Cho Hae Dal

storyj
Kang Mi Na di drama Welcome to Samdalri/ Foto: instagram.com/storyjcompany

Mengikuti jejak kedua kakaknya, Cho Hae Dal (Kang Mi Na) selaku anak bungsu di keluarga Sam Dal juga punya rekam jejak kehidupan di Seoul. Sehari-hari, Cho Hae Dal bekerja di coffee shop sebagai kasir.

Tidak peduli betapa kerasnya hidup, Cho Hae Dal selalu berusaha ramah kepada setiap pelanggan yang datang ke coffee shop. Ketika tahu dirinya hamil, Cho Hae Dal mendatangi kedua orang tuanya di Jeju sambil menangis. 

Bagaimanapun, keenam karakter di atas telah menggambarkan betapa keras perjuangan mereka untuk hidup di Seoul. Sudah tidak kuat lagi, mereka memilih untuk pulang dan menenangkan diri di Jeju dari padatnya Kota Seoul. Menurut kamu, karakter mana yang paling berkesan?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)