Jangan Sampai Terbuang Sia-sia! Ini 5 Kesalahan Memakai Serum yang Bisa Bikin Hasilnya Nggak Maksimal

Serum merupakan produk skincare andalan yang di dalamnya terdapat konsentrasi bahan aktif yang tinggi dan mampu menjawab berbagai permasalahan kulit. Sehingga nggak heran, kini serum menjadi salah satu produk terlaris di pasaran.

Namun dalam memakai serum, terdapat beberapa aturan yang nggak boleh kamu lewatkan. Apabila melewatkannya justru bisa bikin hasil penggunaan serum jadi nggak maksimal, lho. Buat kamu yang penasaran, yuk simak lima kesalahan memakai serum berikut ini.

Skip Toner

Skip toner/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Siapa nih di sini yang suka skip pakai toner namun rajin memakai serum? Ternyata hal ini bisa bikin serum nggak bekerja secara maksimal lho di kulitmu. Pasalnya, toner berfungsi untuk membersihkan wajah sekaligus membuat kulit menjadi lebih siap untuk menerima rangkaian skincare berikutnya. 

Namun hal yang wajib diperhatikan ialah kandungan toner dan serum harus aman dipakai bersamaan, ya. Dijamin hasil penggunaan serum jadi semakin terlihat, Beauties.

Memakai Serum di Waktu yang Kurang Tepat
Ilustrasi memakai serum/Pexels.com/ Karolina Grabowska

Ilustrasi memakai serum/ Foto: Pexels.com/ Karolina Grabowska

Selain kandungan yang tepat, waktu penggunaan serum juga amatlah penting. Tak semua serum baik digunakan dalam setiap waktu, contohnya serum dengan kandungan retinol yang tidak direkomendasikan untuk dipakai pada pagi dan siang hari. 

Dalam hal ini kamu juga wajib aktif mencari tahu kandungan mana yang tepat digunakan pada waktu tertentu. Contohnya, serum Vitamin C, Hyaluronic Acid, Vitamin E, Green Tea yang performanya amat baik saat digunakan pada day time.

Langsung Menggunakan Produk Skincare Lain Sebelum Serum Menyerap
Ilustrasi Serum Wajah / Foto: Pexels.com / Karolina Grabowska

Ilustrasi serum/ Foto: Pexels.com / Karolina Grabowska

Masih suka mager menunggu skincare terserap sempurna di kulit? Jangan mager lagi yuk sekarang. Agar kandungan serum dapat terserap sempurna di kulit, kamu membutuhkan waktu sekitar satu menit agar kinerjanya dapat semakin efektif. Dalam satu menit ini, kamu wajib menunggu serum terserap sempurna, ya.

Kalau tidak, justru khasiat serum yang kamu inginkan dapat kurang maksimal. Sayang banget kan padahal hanya cukup menunggu satu menit saja, Beauties.

Layering Serum yang Kurang Tepat
Memakai serum/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Ilustrasi memakai serum/ Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Layering serum memang menjadi salah satu trend skincare yang paling terkenal. Di dalam satu serum saja sudah terdapat berbagai bahan aktif yang kaya manfaat, apalagi bila ada dua hingga tiga serum yang digunakan sekaligus.

Dalam melakukan layering serum, kamu juga nggak boleh sembarangan ya. Apabila kandungan serum yang digunakan tidak tepat, yang ada kulit bisa jadi iritasi hingga breakout. Wajib banyak riset dan pastinya sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Memilih Serum yang Tidak Sesuai Kebutuhan
Kesalahan memakai serum/ foto: Freepik.com

Ilustrasi memaai serum/ Foto: freepik.com

Dalam memilih serum, kamu nggak boleh asal-asalan. Hal pertama yang wajib kamu perhatikan ketika membeli serum ialah permasalahan dan kondisi kulitmu saat ini.

Apabila kulitmu cenderung kusam dan ingin mencerahkan kulit, kamu dapat memilih kandungan skincare seperti Vitamin C, Niacinamide, Glutathione yang efektif mencerahkan kulit wajah. Pastikan gunakan serum yang sesuai kebutuhan dan usiamu juga ya, Beauties.

Di antara lima kesalahan di atas, kesalahan nomor berapa nih yang paling sering kamu lakukan? 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)