Jangan Asal Minum, Ternyata Ini Waktu Paling Baik untuk Mengonsumsi Infused Water

Infused water atau air detoks kerap kali dikonsumsi oleh banyak orang, dengan alasan kesehatan. Terutama bagi mereka yang sedang dalam program diet, minum infused water diyakini dapat membantu menurunkan berat badan seperti yang diinginkan.

Infused water sendiri merupakan air yang mengandung nutrisi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran, atau bahkan rempah-rempah pilihan. Sesuai namanya, infused water atau air detoks ini dipercaya mampu mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh.

Kapan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Infused Water?

Ternyata Ini Waktu Paling Baik untuk Mengonsumsi Infused Water/Foto: Freepik/seventyfour

Bicara soal kapan waktu paling baik untuk mengonsumsi infused water, mungkin banyak di antara Beauties yang beranggapan bila pagi atau siang hari adalah waktu yang paling cocok untuk meminumnya. Lantas, mana yang tepat?

Seperti dikutip dari berbagai sumber, sebenarnya belum ditemukan adanya penelitian mengenai waktu yang tepat untuk mengonsumsi infused water. Dalam artian, kamu bisa mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan. 

Tapi, jangan lupa untuk mengisi amunisi perut terlebih dahulu, ya, Beauties. Apalagi, kalau kamu membuat infused water dengan campuran buah yang asam.

Namun, bagi kamu yang sedang dalam program diet, pagi hari menjadi waktu terbaik untuk mengonsumsi infused water. Menyadur dari laman dietitiannupur.com, ahli diet menyarankan untuk minum air detoks di pagi hari dan dalam keadaan perut kosong.

Infused Water/Foto: Freepik/freepik
Infused Water/Foto: Freepik/freepik

Selain itu, kamu juga bisa meminumnya secara rutin. Meminum air detoks secara rutin sama sekali tidak berbahaya. Ini memiliki manfaat yang dapat bekerja dengan sangat baik untuk tubuh.

Biasanya, disarankan minum 2 hingga 3 liter air dalam sehari. Namun, jika  kamu berencana menurunkan berat badan, mengonsumsi air detoks rata-rata satu liter per hari sudah cukup. 

Disebutkan pula bila tidak ada batasan untuk mengonsumsi infused water. Tapi,  minum dengan jumlah berlebihan juga dapat mempengaruhi ginjal. Ini dikarenakan ginjal tidak dapat membuang kelebihan air. Natrium dalam darah juga menjadi encer. Ini disebut hiponatremia dan bisa menjadi ancaman bagi kesehatan.

Deretan Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Ternyata Ini Waktu Paling Baik untuk Mengonsumsi Infused Water/Foto: Freepik/freepik

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari infused water seperti dikutip dari laman WebMD.

Mencegah Dehidrasi

Banyak orang mengalami dehidrasi ringan karena jadwal yang sibuk sampai lupa menenggak air. Dehidrasi dapat menjadi masalah kesehatan yang serius. Dehidrasi parah dapat menyebabkan efek samping seperti diare, muntah, demam, cedera panas, kejang, dan masih banyak lagi.

Dengan mengonsumsi infused water, tentunya dehidrasi dapat terhindarkan. Buat kamu yang bosan dengan rasa air putih biasa, infused water dengan campuran potongan buah segar bisa menjadi pilihan.

Menurunkan Berat Badan

Air putih secara umum diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, dengan membuat perut terasa lebih cepat kenyang. Buat kamu yang lagi diet, segera beralih untuk mengonsumsi infused water agar membantumu mencapai berat badan yang ideal.

Mendukung Pengobatan Kanker

Banyak orang yang menjalani pengobatan kanker kesulitan untuk tetap terhidrasi dengan cukup. Beberapa pusat kanker merekomendasikan infused water sebagai cara untuk tetap terhidrasi selama dan setelah pengobatan kanker.

Nah Beauties, itu dia aturan mengonsumsi infused water yang tepat dan deretan manfaat yang bisa kamu rasakan. Stay healthy!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)