Jangan Abai, Ini 6 Tanda Pertemanan Tidak Sehat yang Sebaiknya Diakhiri Secepatnya

Menjaga kelanggengan hubungan pertemanan bisa menjadi satu hal yang complicated. Ada hari di mana pertemanan terasa menyenangkan, tetapi pada titik tertentu, kamu mungkin menyadari pertemuan tidak se-excited sebelumnya. Mereka yang semula terlihat baik malah menimbulkan banyak masalah dan terus menguras emosi.

Cobaan dalam pertemanan mungkin saja hanya pasang surut dalam hubungan, tapi nggak menutup kemungkinan, itu bisa menjadi tanda kalau sudah waktunya kamu meninggalkan hubungan tersebut, lho, Beauties. 

Nah, apa saja tanda-tanda bahwa sebuah pertemanan harus diakhiri? Berikut ulasannya melansir dari Business Insider. Yuk, simak!

1. Kamu Kewalahan Menerapkan Boundaries 


Temanmu tidak menghargai personal boundaries/Foto:Freepik.com/Freepik

Seseorang yang beracun cenderung tidak peduli dengan boundaries orang lain, sekalipun teman dekatnya sendiri. 

Sikapnya ini seperti misalnya, memaksamu melakukan hal yang tidak disukai, mengolok-olok apa yang kamu yakini, atau mengabaikan perasaanmu. 

Ketika sudah terlalu banyak batasan yang dilanggar, sulit untuk memastikan pertemanan tetap berjalan sehat. Daripada memaksakan namun berpotensi sakit hati di kemudian hari, lebih baik kamu segera say goodbye dengan temanmu tersebut. 

2. Temanmu Nggak Bisa Lagi Dipercaya

Teman yang sering berbohong lebih baik ditinggalkan/Foto:Freepik.com/Bilahata

Tanda pertemanan yang tidak lagi sehat untuk dipertahankan selanjutnya adalah kecenderungan untuk mengkhianatimu. Setiap rahasia yang kamu ceritakan malah dijadikan bahan gosip dan disebarkan kepada orang lain tanpa persetujuanmu. 

Alih-alih merasa bersalah, temanmu justru bersikap defensif, dan akhirnya kamu lagi-lagi mencoba memaklumi perbuatan tidak menyenangkannya itu. 

Pondasi utama dalam sebuah pertemanan adalah kepercayaan, dan saat itu dikhianati, hubungan susah untuk kembali seperti semula.

3. Bukan Bahagia, Kamu Justru Lebih Sering Merasa Lelah

Pertemanan malah membuatmu lelah/Foto:Freepik.com/Freepik

Merasa belakangan ini nggak banyak hal menyenangkan yang bisa dinikmati dengan teman? Atau bahkan kamu sering lelah setiap kali bertemu dengannya? Ini sebenarnya sudah jadi tanda kalau pertemananmu harus diakhiri, Beauties. 

Sebab teman beracun identik dengan auranya yang negatif. Sikapnya yang egois, selalu mengeluh bahkan bergosip tentang orang lain lama-kelamaan menguras energimu. Mengakhiri pertemanan tentunya jadi pilihan terbaik sebelum kamu menyakiti diri sendiri lebih jauh. 

4. Pertemanan Hanya Berjalan Sepihak

Hanya kamu yang berusaha dalam pertemanan/Foto:Freepik.com/Freepik

Hubungan timbal balik adalah salah satu kunci untuk pertemanan yang sehat. Kamu dan temanmu harus bisa saling mendukung juga memberi kekuatan untuk satu sama lain. 

Lalu, apakah temanmu hadir saat kamu mengalami hari sedih? Atau ketika kamu sedang stres setelah bekerja seharian penuh?   

Kalau tidak demikian adanya dan kamu sama sekali enggak menerima apa yang kamu butuhkan dari pertemanan tersebut, itu tandanya hubungan tersebut sebaiknya jangan dipertahankan. 

5. Pertemanan Lebih Terlihat Seperti Kompetensi

Pertemanan penuh dengan rasa iri dan kecemburuan/Foto:Freepik.com/Mego-studio

Saat kamu merasa harus selalu menahan pencapaianmu sendiri hanya untuk dapat terus berteman dengannya, ini jadi tanda bahwa hubungan yang terjadi sebenarnya tidak berjalan sehat. 

Apalagi jika temanmu sudah menganggap kamu sebagai saingan dan terus menunjukkan kecemburuan terhadap hal-hal baik yang kamu miliki, tak ada salahnya untuk segera menjauh.

Bertahan dalam hubungan pertemanan yang penuh dengan persaingan malah menghambat kemajuan diri kamu, bahkan tidak menutup kemungkinan Beauties bisa ikut terpengaruh, lho!

6. Teman atau Keluarga Menyuruhmu untuk Menjauh

Pertemananmu tidak didukung banyak orang/Foto:Freepik.com/Freepik

Segala tingkah laku teman beracun mungkin akan selalu terlihat baik di matamu karena sikapnya yang pandai memanipulasi.  

Meski begitu, orang di sekitar bisa melihat apakah Beauties senang berteman dengan orang tersebut atau tidak, lho! Jadi untuk melindungi kamu dari hal buruk ke depannya, mereka akan memberikan pendapat atau bahkan menyuruhmu untuk meninggalkannya.

Nah, jika hal-hal seperti itu sudah sering Beauties dengar, coba segera tinggalkan hubungan pertemanan tersebut. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)