Jadi Surganya Kuliner, Ini Kisaran Bujet yang Kamu Butuhkan untuk Berlibur ke Thailand 3 Hari 2 Malam

Thailand menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang banyak dipilih masyarakat Indonesia. Negeri Gajah Putih ini tergolong ramah bagi wisatawan Indonesia yang baru pertama kali ke luar negeri.

Selain karena masih di kawasan Asia Tenggara yang suasananya tak jauh berbeda dari Indonesia, biaya hidup di Thailand juga terbilang murah. Apalagi, pemegang paspor Indonesia yang ingin liburan ke Thailand akan mendapat bebas visa selama 30 hari jika kamu pergi dengan naik pesawat.

Thailand memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari kuil-kuil megah, bangunan pagoda bersejarah, wisata pantai, hingga wisata belanja makeup dan fashion yang murah-murah. Serta, nggak ketinggalan ada juga aneka kuliner kaki lima yang bakal memanjakan lidahmu namun tetap ramah kantong.

Namun, sebelum liburan ke luar negeri, pastikan kamu telah menyusun rencana pembiayaan secara rinci, terutama bila kamu memiliki bujet terbatas. Catat! Berikut rangkuman estimasi biaya liburan ke Thailand selama 3 hari 2 malam.

1. Tiket Pesawat

Naik pesawat ke Thailand/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan harga tiket pesawat terbaik. Pertama, lakukan survei tiket pesawat dari berbagai situs agen travel online untuk mendapatkan harga dan promo menarik. Kedua, belilah tiket saat low season pada Februari sampai November. Terakhir, jika memungkinkan, pesanlah tiket pesawat minimal satu bulan sebelum keberangkatan agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Ketika low season, rata-rata harga tiket pesawat untuk perjalanan Jakarta–Bangkok ataupun sebaliknya berkisar antara Rp1,2 juta–Rp2,6 juta untuk sekali jalan. Sebaliknya, pada saat high season seperti libur akhir tahun, harga tiket pesawat bisa naik 2 kali lipat.

Beberapa maskapai yang melayani penerbangan dengan rute Jakarta–Bangkok dan sebaliknya dengan harga ramah kantong di antaranya Air Asia, Scoot, Jetstar Asia, dan Malaysia Airlines. Namun, estimasi harga tiket ini masih bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

2. Penginapan

Penginapan/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Kalau kamu mencari penginapan low budget, kamu bisa menginap di apartemen, hostel, atau hotel bintang 2. Rata-rata tarifnya mulai dari Rp200 ribu-an sampai Rp250 ribu per malam. Tetapi, jika punya bujet lebih, kamu bisa menginap di hotel bintang 3 atau 4. Estimasi biaya menginap per malamnya sekitar Rp350 ribu-Rp2 juta per malam. Tentu saja, harga penginapan juga tergantung berapa hari kamu liburan di Thailand.

Seperti halnya membeli tiket pesawat, kamu juga perlu melakukan survei ke sejumlah situs agen travel online untuk mendapatkan harga dan promo terbaik. Selain masalah harga, cek juga rating dan ulasan dari para tamu yang telah menginap di penginapan tersebut serta apakah lokasinya dekat dengan transportasi umum atau tidak.

3. Makan

Street food di Bangkok/Foto: Unsplash.com/Streets of Food

Thailand populer dengan jajanan kaki lima alias street food-nya yang lezat tapi harganya lebih terjangkau. Eits, tapi jangan sampai kamu lapar mata ingin mencicipi semua makanan dan minuman, ya!  

Harga rata-rata street food biasanya berkisar 20-100 Baht atau sekitar Rp10 ribu–Rp45 ribu. Untuk makan berat di warung atau restoran lokal yang murah, kamu bisa menghabiskan sekitar 80 Bath untuk sekali makan. Lain halnya jika kamu lebih suka makan di restoran mewah atau tempat wisata populer, bujet makannya bisa mencapai 300-500 Baht.

4. Destinasi Wisata

Wat Arun, Bangkok/Foto: Freepik.com/tonefotografia

Hal penting yang perlu kamu persiapkan sebelumnya adalah membuat daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi berikut harga tiket masuknya.

Salah satu tempat wisata paling terkenal di Bangkok yaitu Wat Phra Kaew. Tiket masuk ke kuil yang terletak di kompleks Istana Kerajaan ini adalah 500 Baht per orang, sudah termasuk tiket masuk ke The Grand Palace dan Museum Suan Pakkad.

Selain itu, rekomendasi tempat wisata murah yang populer di Thailand di antaranya Wat Pho, Wat Arun, Wat Saket, Bangkok Art and Culture Centre, dan National Museum Bangkok. Sementara itu, destinasi wisata belanja di Bangkok mulai dari Pratunam Market, Chatuchak Weekend Market, Platinum Fashion Mall, hingga MBK Center.

5. Transportasi

Tuk-tuk di Thailand/Foto: Unsplash.com/Florian Wehde

Selama di Thailand, sebaiknya gunakan transportasi umum berupa MRT dan tuk-tuk ketika berkeliling kota untuk menghemat biaya perjalanan. Tarif MRT Bangkok sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp7 ribu hingga Rp25 ribu, tergantung jarak stasiun yang dituju. Sedangkan, tarif naik tuk-tuk sangat variatif, tergantung jauh dekat jarak yang ditempuh.

Berapa Estimasi Total Bujet Liburan ke Thailand?

Jalan-jalan ke Bangkok, Thailand/Foto: Freepik.com/interstid

Merangkum dari seluruh biaya yang dibutuhkan mulai dari tiket pesawat pulang-pergi, penginapan 3 hari 2 malam, biaya makan, jalan-jalan ke tempat wisata, sampai ongkos naik transportasi umum, maka estimasi total biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 5–6 juta per orang.

Sebagai catatan, total biaya di atas belum termasuk bujet untuk membeli oleh-oleh. Jadi, pastikan kamu menyediakan anggaran tambahan untuk membeli cinderamata dan biaya tak terduga lainnya.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)