Jadi Kunci Hubungan Percintaan yang Sehat, 4 Aspek Ini Perlu Dimiliki Bersama Pasangan

Hubungan yang sehat, langgeng dan harmonis tentunya impian semua pasangan. Bukan hanya menguntungkan hubungan asmara itu sendiri, jalinan percintaan yang sehat juga membuat seseorang cenderung lebih bahagia dan memiliki perilaku yang lebih baik. 

Dilansir dari Very Well Mind, setidaknya ada empat aspek penting yang perlu Beauties dan pasangan miliki untuk membangun hubungan percintaan yang sehat dan berkualitas. Apa saja? 

1. Menjaga Komunikasi yang Baik


Hubungan sehat berawal dari komunikasi yang baik/Foto:Freepik.com/Our-team

Kita semua memahami bahwasanya komunikasi adalah sumber dari setiap hubungan yang sukses. Akan ada saatnya kamu dan pasangan mengalami konflik yang bisa menjadi celah rusaknya hubungan jika dibiarkan. Dengan komunikasi yang tepat, kamu dapat mengatasi masalah secara sehat sekaligus membangun keterbukaan satu sama lain. 

Bicarakan bersama tentang hal-hal yang satu sama lain harapkan dari hubungan. Cobalah pintar membaca keadaan supaya momen diskusi tidak berujung pertengkaran. Saat kamu dan pasangan terbiasa berkomunikasi terbuka, itu artinya kalian sedang menumbuhkan kepercayaan yang akan menjadi fondasi agar hubungan sehat dapat berkembang.

2. Punya Kedekatan Emosional

Kedekatan emosional penting dalam hubungan yang sehat/Foto:Freepik.com/Jcomp

Memiliki keintiman emosional adalah suatu keharusan demi membangun hubungan yang sehat. Bahkan jika kamu atau pasangan telah memiliki segalanya, ketiadaan kedekatan emosional akan menjadi penghalang kebahagiaan dari hubungan yang dijalani. 

Dalam hal ini, dibutuhkan keterbukaan untuk bisa bertukar pikiran dan kepercayaan antara satu sama lain. Adakan diskusi terbuka secara rutin untuk berbicara dan mengekspresikan kekhawatiran masing-masing. Ini memungkinkan terciptanya ruang di mana kamu dan pasangan dapat menjadi diri sendiri tanpa perasaan negatif apapun, yang pastinya membuat hubungan berjalan sehat dan langgeng. 

3. Bersikap Transparan

Diperlukan aksesibiltas dalam hubungan yang sehat/Foto:Freepik.com/Thanyakij-12

Ada alasan lain mengapa keterbukaan menjadi suatu hal penting untuk mempertahankan hubungan yang sehat. Itu karena transparansi menumbuhkan rasa aman untuk bersikap rentan dan berbagi ketakutan. Ketika sama-sama sudah saling memahami tentang suka, tidak suka serta perasaan tidak nyaman lainnya, hubungan pun akan berjalan sehat, mengutip dari Today. 

Untuk itu, diperlukan aspek aksesibilitas di mana Beauties dan pasangan dapat memberikan akses untuk mengenal lebih dalam satu sama lain. Tunjukkan sikap perhatian, memahami sudut pandang selalu bersedia mendengarkan dan memvalidasi setiap perasaan. Koneksi yang kuat menghasilkan emosi positif yang berkontribusi pada suasana hubungan yang lebih sehat.  

4. Hadir Sepenuhnya dalam Hubungan

Hubungan lebih sehat jika satu sama lain hadir sepenuhnya/Foto:Freepik.com/Freepik

Menjadi hadir secara emosional dan fisik menjadi satu aspek penting lainnya untuk membangun hubungan percintaan yang sehat. Saat berdua bersama, kesampingkan gangguan dan benar-benar fokus memahami perasaan masing-masing.

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang membuatmu lebih dekat dan jangan lupa ucapkan terima kasih terhadap hal-hal yang telah dilakukan bersama. 

Bisa sangat memberatkan jika antara kamu atau pasangan tidak saling hadir dan cenderung enggan merespon. Akibat dari sikap ini, muncul berbagai masalah yang dapat memicu pertengkaran dan berpotensi besar membuat hubungan menjadi beracun. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)