Jadi Favoritnya Orang Asia, Nasi Hainan Berasal dari Singapura atau Malaysia Ya? Ini Asal-usulnya!

Saat berbicara tentang hidangan lezat dari Asia, Nasi Hainan selalu menjadi perbincangan yang menarik. Dikenal dengan cita rasa yang lembut dan aromanya yang menggugah selera, nasi hainan telah menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia.

Tapi ada perdebatan panjang tentang asal-usul hidangan ini. Banyak yang mengklaim bahwa nasi hainan berasal dari Singapura, tetapi ada juga yang berpendapat bahwa nasi hainann merupakan makanan khas Malaysia. Mari kita selidiki lebih dalam untuk mengungkap misteri di balik hidangan yang menggugah selera ini!

Gambaran Singkat Nasi Hainan

Gambaran singkat nasi Hainan/Foto: Pinterest

Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam debat asal-usul, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu nasi hainan.

Nasi Hainan adalah hidangan yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, sering kali disajikan bersama potongan ayam yang lembut dan sambal atau saus cabai yang nikmat. Rasanya yang gurih dan aromatik membuatnya sangat disukai oleh banyak orang.

Cerita Asal-usul Nasi Hainan

Asal-usul nasi Hainan/Foto: Pinterest

Sejak lama Malaysia dan Singapura sama-sama mengklaim nasi hainan sebagai hidangan nasional tidak resmi. Padahal, nasi hainan belum tentu benar-benar dari dua negara tersebut.

Hidangan ini sebenarnya merupakan adaptasi dari nasi ayam Wenchang yang berasal dari kota Wenchang, Pulau Hainan, Tiongkok. Oleh karena itu hidangan ini berkembang dan diberi nama nasi hainan, sesuai dengan nama pulau tersebut.

Singapura memegang klaim bahwa nasi hainan pertama kali diciptakan oleh para imigran Tionghoa yang tiba di negara tersebut. Mereka beradaptasi dengan bahan-bahan lokal yang tersedia, seperti ayam dan nasi untuk menciptakan hidangan yang sekarang dikenal sebagai nasi hainan. Klaim ini didukung oleh bukti sejarah, seperti catatan tentang pedagang Tionghoa yang menjual nasi hainan di Singapura pada awal abad ke-19.

Brian Wong sebagai pecinta sejarah asal Singapura menjelaskan bahwa gerai chicken rice pertama berdiri tahun 1940. Pendirinya Wong Yiguan, seorang pria asal Qionghai yang belajar membuat sajian ini ke Wenchang. Sementara di Malaysia, Norma Musa sebagai Chef ternama Malaysia, mengaku bahwa catatan sejarah mengenai hal ini tidak terdokumentasikan dengan baik, namun gerai chicken rice tertua di Malaysia sudah ada sejak tahun 1939.

Norma Musa menjelaskan nasi ayam wenchang dibawa ke Asia Tenggara pada tahun 1880an. Di tahun tersebut hingga tahun 1940-an, banyak imigran China pindah ke wilayah British Malaya. Umumnya mereka bekerja di tambang timah dan perkebunan karet. Kemudian, seiring waktu berjalan imigran Hainan tersebut menemukan peluang berjualan kuliner, terutama setelah Inggris meninggalkan wilayah Malaya.

Pengaruh Regional dalam Ragam Kelezatan Nasi Hainan

Pengaruh regional dalam ragam kelezatan nasi hainan/Foto: Pinterest

Selama berabad-abad, hidangan nasi hainan telah mengalami berbagai perubahan dan modifikasi di berbagai wilayah. Di Singapura, kita memiliki “Hainanese Chicken Rice,” di mana ayam dimasak dengan cara khas Hainan. Di Tiongkok daratan, hidangan tersebut dikenal dengan nama yang berbeda dan memiliki variasi unik sesuai dengan preferensi lokal.

Meskipun asal-usul nasi hainan masih menjadi misteri, yang jelas hidangan ini telah menyatukan orang-orang di seluruh dunia melalui cinta mereka terhadap rasa yang lezat. Nasi Hainan adalah salah satu kuliner yang telah mendunia dan diakui oleh banyak orang sebagai salah satu sajian terbaik yang pernah ada.

Jadi, apakah nasi hainan benar-benar berasal dari Singapura, Malaysia, atau Tiongkok Daratan? Jawabannya mungkin tetap menjadi teka-teki yang tak terpecahkan. Namun, satu hal yang pasti, kita semua bisa menikmati hidangan ini tanpa memikirkan asal-usulnya. Hal yang penting, nasi hainan tetap menjadi salah satu kuliner favorit di seluruh dunia yang menggugah selera kita.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)