Intip Perjalanan Karier BCL: Dulunya Hanya Model Iklan, Kini Makin Eksis di Dunia Hiburan!

Sebuah kabar baik datang dari penyanyi kondang, Bunga Citra Lestari. Belakangan ini namanya santer di media sosial lantaran ia dikabarkan akan melepas masa kesendiriannya bersama Tiko Pradipta Aryawardhana. 

Diketahui, sebelumnya BCL sudah pernah menikah dengan pemain sinetron, Ashraf Sinclair. Namun, pada tahun 2020 Ashraf dinyatakan meninggal dunia. Dari pernikahannya itu, BCL dikaruniai buah hati bernama Noah Sinclair. 

Bicara soal BCL, kariernya di dunia hiburan terutama musik sudah tidak perlu diragukan lagi. Karya-karyanya sangat easy listening di telinga masyarakat. Ia pun kerap berkolaborasi dengan penyanyi papan atas Indonesia.

Hem, bagaimana kah sepak terjang BCL dalam merintih karier di dunia hiburan hingga menjadi penyanyi terkenal dan tetap bertahan di tengah gempuran musisi dan penyanyi muda baru? Berikut ini kisah perjalanan karier BCL yang bisa menginspirasi, Beauties.

Profil Bunga Citra Lestari

BCL.merupakan keturunan Minangkabau yang lahir di Jakarta 1983/foto: instagram.com/itsmebcl

Perempuan yang lebih akrab disapa Unge ini lahir di Jakarta, 22 Maret 1983. Ia adalah putri dari pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif. Tak banyak yang tau bahwa BCL adalah sepupu dari aktor Ivan Permana dan Intan Ayu Purnama.

Awal Karier BCL: Model Iklan

BCL mengawali kariernya sebagai model iklan/foto: instagram.com/itsmebcl

Sebelum menjadi solois, BCL lebih dahulu menjadi model iklan. Bahkan, ia tercatat sempat mengikuti sekolah model John Casablanca. 

Keikutsertaan BCL sebagai model iklan bermula saat dirinya menemani temannya casting iklan obat sakit kepala. Namun tidak disangka, malah dirinya lah yang terpilih sebagai modelnya. 

1997: Mulai Jajaki Dunia Sinetron

BCL sukses di industri film dengan memerankan sosok Ainun dalam film Habibie & Ainun/foto: instagram.com/itsmebcl

Selepas menjadi model iklan, BCL untuk pertama kalinya melebarkan sayapnya sebagai pemain sinetron. Kala itu dia berperan di sinetron Bukan Perempuan Biasa.

Sukses di dunia persinetronan, BCL mulai dilirik oleh sutradara untuk bermain di beberapa film. Film pertamanya itu bertajuk Cinta Pertama yang tayang pada 2006. Selepas itu, tawaran dari judul ke judul pun mulai membanjirinya. 

Dua film diantaranya yang berhasil melejitkan nama BCL adalah film My Stupid Boss dan Habibie & Ainun.

Tunjukkan Taringnya di Industri Musik

Sunny menjadi lagu BCL yang membuatnya makin dikenal masyarakat/foto: instagram.com/itsmebcl

Seakan tidak gampang puas dan terus mengupgrade diri, BCL putuskan untuk menjajaki dunia tarik suara. Kesempatan pertamanya datang dari manajemen PAS Band yang mengajaknya berduet untuk lagu Ku Merindu. 

Tahun 2006 BCL kembali merilis lagu dan album pertamanya. Lagu itu adalah Saat Kau Pergi yang menjadi soundtrack film Dealova. Sementara album pertama yang dirilis BCL bertajuk Cinta Pertama.

Salah satu lagu dalam album itu yang berjudul Sunny menjadi malaikat bagi BCL. Mengapa? Berkat lagu Sunny, suara emas BCL mulai menarik telinga masyarakat Indonesia. 

Berkolaborasi dengan Musisi Ternama Indonesia: Salah Satunya Ariel NOAH

BCL berkolaborasi bersama musisi Ariel NOAH/foto: instagram.com/itsmebcl

Sebuah kebanggaan bagi BCL, di mana dirinya dapat berduet dengan musisi ternama seperti Ari Lasso. Dalam duetnya itu, BCL dan Ari Lasso membawakan lagu Aku dan Dirimu yang rilis 2007 silam. Berkat duetnya bersama Ari Lasso, BCL mendapat penghargaan dari AMI Award 2008 dalam kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik. 

Selain dengan Ari Lasso, BCL juga pernah berduet dengan Intan Ayu, Dipha Barus, Ariel NOAH, hingga terbaru Diskoria & Laleimanino.

Penghargaan: Boyong Piala AMI Award dan Jadi Juri Indonesian Idol

BCL boyong 3 penghargaan dari AMI Award 2023 bersama Diskoria dan Laleimanino lewat lagu Badai Pasti Berlalu/foto: instagram.com/itsmebcl

Tau lagu Badai Pasti Berlalu? Ya lewat lagu itu, BCL bersama Diskoria dan Laleimanino berhasil menyabet 3 penghargaan di AMI Award 2023. Kategori itu meliputi Produser Rekaman Terbaik, Karya Produksi Terbaik, dan Penata Musik Pop Terbaik. 

Sebelum ini pun, BCL sudah lebih dulu mendapat trofi dari AMI Award seperti Artis Solo Wanita Pop Terbaik di tahun 2013 dan 2019. 

Berkat perjuangannya dari seorang model iklan, pemain sinetron, film, hingga penyanyi solo, BCL akhirnya dipercaya menjadi juri Indonesia Idol. Terpantau, BCL mulai menjadi juri Indonesian Idol sejak 2017 sampai sekarang. Akan tetapi di tahun 2021 tepatnya di Indonesian Idol Special Season, BCL izin menjadi juri. 

Itulah kisah perjalanan karier seorang Bunga Citra Lestari. Mewujudkan sebuah impian tidaklah mudah dan instan. Semua itu membutuhkan proses. Dari BCL kita bisa belajar, bahwa dengan ketekunan dan dedikasi yang tinggi kita pasti bisa meraih kesuksesan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)