Ini Waktu yang Tepat Memasang dan Menghias Pohon Natal, Sudah Tahu?

Memasuki bulan Desember merupakan waktunya umat Kristiani menyambut Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember 2023. Tentu, memasang dan menghias pohon Natal jadi salah satu agenda wajib yang tidak bisa ditinggalkan.

Namun, masih banyak yang belum paham kapan waktu yang tepat untuk memasang dan menghias pohon Natal. Ada yang memasang detik-detik menjelang Natal. Ada juga yang memasang sejak masuk awal Desember.

Dengan adanya pohon Natal, itu sudah menyempurnakan perayaan Natal bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Biasanya juga ada sejumlah kado Natal beserta makanan khas Natal agar perayaan Natal menjadi lebih intim dan menyenangkan.

Untuk memasang dan menghias pohon Natal perlu banyak waktu. Sebab, ada hiasan Natal yang bermacam-macam, seperti lampu hias, bintang, ornamen kepingan salju, biji pinus, hiasan bola natal, ornamen malaikat dan santa, dan masih banyak lainnya yang tak boleh lupakan. 

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk memasang dan menghias pohon natal?

Waktu yang Tepat Memasang dan Menghias Pohon Natal

Memasang dan Menghias Pohon Natal/Foto: Pinterest/PureWow

Berdasarkan BBC, sebagian besar orang mulai memasang dan menghias pohon Natal pada awal bulan Desember. Biasanya pada hari pertama masa Advena atau minggu keempat sebelum Natal. Itu artinya tahun 2023 ini pohon Natal mulai dipasang dan didekorasi mulai tanggal 3 Desember 2023.

Lain halnya di Norwegia, yang secara tradisional keluarga-keluarga di sana baru menghias pohon Natal pada 23 Desember. Itu memang sudah diadaptasi secara turun-temurun mengenai tradisi Skandinavia yang merayakan Hari Natal setiap tanggal 24 Desember.

Melansir The Spruce, bila beberapa orang yang ingin memasang pohon dan dekorasi Natal di luar ruangan, maka sekitar perayaan Halloween tepatnya akhir Oktober. Untuk dalam ruangan bisa dilakukan saat awal Desember. Beauties pun harus memasang satu akhir pekan untuk memasang dekorasi di luar ruangan dan satu akhir pekan lainnya untuk dalam ruangan.

Meskipun sudah disiapkan jauh-jauh hari, Bria Hammel selaku CEO dan Creative Director Bria Hammel Interiors mengatakan bahwa sebaiknya ada beberapa benda dekorasi yang baru dipasang tepat Hari Natal yakni pada tanggal 25 Desember. Terutama dekorasi tanaman dan kaus kaki Natal yang berisi makanan dan permen, serta hadiah-hadiah Natal lainnya.

Mendekorasi Pohon Natal

Menghias Pohon Natal/Foto: Pexels/Any Lane

Mendekorasi Natal pun tidak boleh sembarang dan menghabiskan banyak waktu. Hal itu dilakukan agar pohon Natal terasa indah dan estetik. Untuk itu dibutuhkan keterampilan dan kreativitas untuk menghias pohon Natal.

Mengutip detikSulsel, ada beberapa cara menghias pohon Natal yang bisa Beauties ikuti, antara lain:

1. Menentukan Konsep

Beauties harus menentukan konsep terlebih dahulu agar memudahkan dalam pemilihan warna serta jenis-jenis ornamen Natal sesuai tema yang dipilih.

Biasanya tema pohon Natal yang sering digunakan ialah White Christmas, Blue Christmas, Rustic Christmas, atau tradisional dengan kombinasi warna hijau, merah, dan emas.

2. Meletakkan Lampu Hias

Lampu hias bisa diletakkan dengan melilitkan pada pohon Natal dari bawah ke bagian atas dan ini dekorasi pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu. Setelah itu baru dekorasi lainnya tanpa harus mengganggu posisi lampu tersebut.

3. Memilih Ornamen dan Dekorasi sesuai Kategori

Memilih dekorasi pun sesuai dengan warna, jenis, hingga bentuk. Setelah itu, baru bisa memasang ornamen dan dekorasi tersebut di pohon Natal supaya visualnya lebih menarik dan kreatif lagi. Pastikan semua ornamen dan dekorasi dipasang secara merata.

4. Menggantung Hiasan Berat di Dekat Batang Pohon

Penempatan hiasan juga sangat penting. Sebaiknya ornamen yang berat diletakkan pada bagian dekat batang pohon agar bisa menopang beban yang lebih berat. Kemudian ornamen lainnya bisa diletakkan dekat lampu hias agar lebih menonjol

5. Memilih Hiasan Puncak Pohon

Ini yang paling ditunggu yakni pemilihan hiasan puncak pohon. Beauties harus memilih hiasan puncak pohon sesuai dengan tema dan ukuran pohon.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)