Ini Profil Yayu Unru, Aktor Senior yang Pernah Main di Film Hollywood Tapi Kini Meninggal Dunia

Kabar duka kembali datang dari industri perfilman Tanah Air. Yayu Unru sang aktor senior dikabarkan meninggal dunia hari ini, Jumat (8/12/2023). 

Ia berpulang ke Rahmatullah setelah berjuang dengan penyakit jantung yang dideritanya. Sebelum meninggal, diketahui aktor kenamaan ini sempat mengalami dua kali serangan jantung hingga menjalani operasi pemasangan ring pada Rabu, 6 Desember 2023 kemarin. Namun, nyawanya tak tertolong setelah mengalami serangan jantung kedua. 

Tentu kabar meninggalnya Yayu Unru membuat luka mendalam untuk industri perfilman Tanah Air. Mari mengenal lebih dalam profilnya di sini!

Profil Yayu Unru, Aktor Kenamaan yang Pernah Main Film Hollywood

Profil Yayu Unru, aktor senior yang kini meninggal dunia/Foto: dok. Instagram Yayu Unru

Andi Wahyuddin Unru atau yang lebih dikenal Yayu Unru lahir di Makassar, 4 Juni 1962. Tak hanya dikenal sebagai seorang aktor, ia juga seorang pelatih akting Indonesia. 

Kariernya di dunia akting Tanah Air dimulai sejak tahun 1985. Film Demam Tari menjadi debut kariernya di dunia layar lebar. 

Setelah film tersebut, ia juga membintangi beberapa judul sinetron hingga sederet film lainnya. Beberapa film diantaranya ada Mengaku Rasul, Sang Pemimpi, Kapan Kawin?, Posesif, Keluarga Cemara 2, dan masih banyak lainnya. 

Kehebatan Yayu Unru juga membuatnya turut terjun menjadi pelatih akting, konsultan dialek, hingga pengarah gaya beberapa film populer. Sebut saja film populer Di Balik 98 (2015) dan Mencuri Raden Saleh (2022) ia sukses menjadi pelatih akting dalam film tersebut. 

Lalu, namanya juga telah diakui di film Hollywood. Aktor yang meninggal dunia di usia 61 tahun ini pernah menjadi bintang tamu dalam serial The Last of Us (2023). Ia tampil sebagai tentara di episode kedua bersama Christine Hakim yang berperan sebagai ilmuwan. 

Prestasi Yayu Unru Semasa Hidup
s

Profil Yayu Unru, aktor senior yang kini meninggal dunia/Foto: Yayu Unru / Veynindia E. Pardede

Namanya yang tak pernah absen dari perfilman Indonesia ini tentu membuatnya telah meraih banyak prestasi. Ia sering masuk nominasi dan menang pada beberapa ajang penghargaan bergengsi. 

Yayu Unru pernah menang sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik pada film Tabula Rasa di Festival Film Indonesia (2014). Lalu, menang di kategori dan ajang yang sama pada film Posesif (2017). Serta, Aktor Pendukung Pilihan pada film Menunggu Pagi di Festival Film Tempo (2018). 

Aktor kenamaan ini meninggalkan Nita Unru sang istri dan tiga orang anak, termasuk aktor muda Fatih Unru yang kini dikenal sebagai komika. Walau kini berpulang, tapi karyanya akan selalu dikenang sepanjang masa.

Selamat jalan, Yayu Unru. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)