Ini Profil Sukanto Tanoto, Orang Terkaya RI yang Membeli Hotel Mewah di China Seharga Rp3,7 Triliun!

Nama Sukanto Tanoto baru-baru ini viral di media sosial. Ia dikabarkan baru saja membeli hotel mewah di China seharga Rp3,7 triliun. 

Bukan nama yang terbaru, ternyata ia telah dikenal luas sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Simak profil Sukanto Tanoto dan kabar pembelian hotelnya di sini yuk!

Ini Profil Sukanto Tanoto

Profil Sukanto Tanoto, orang terkaya di RI yang membeli hotel mewah China/Foto: Dok. Forbes

Sukanto Tanoto lahir di Belawan, Medan pada 25 Desember 1949. Ia merupakan pendiri dan Chairman Royal Golden Eagle (RGE).

Melansir laman resmi RGE, pria berusia 74 tahun ini memulai bisnisnya sebagai pemasok suku cadang dan pengusaha di bidang jasa konstruksi untuk industri minyak. Di tahun 1967, ia mendirikan RGE di bidang bisnis kayu lapis, dan berkembang dari pemain lokal hingga global. 

Kelompok bisnis RGE mencakup empat area utama, yakni pulp dan kertas (APRIL – Asia Pacific Resources International Holding Ltd dan Asia Symbol), minyak kelapa sawit (Asian Agri dan Apical), rayon dan pulp khusus (Sateri International dan APR), dan energi (Pacific Oil & Gas).

Saat ini sederet produk yang dihasilkan dari kelompok bisnis RGE telah di pasarkan di banyak negara, seperti Indonesia, Tiongkok, Filipina, Malaysia, Brazil, hingga Kanada. Jaringannya pun telah tersebar hingga empat benua. 

Kesuksesan bisnisnya, membuat Sukanto Tanoto menghadirkan Tanoto Foundation pada tahun 1981. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. 

Tanoto Foundation terus berkembang hingga menjadi organisasi filantropi internasional dengan perhatian khusus pada pengembangan sumber daya manusia. Saat ini, yayasan tersebut telah berkontribusi di Indonesia, China, hingga Singapura dan aktif menjalin kemitraan denagn beragam institusi akademis dan riset terpandang. 

Termasuk dalam Jajaran Orang Terkaya di Indonesia
Sukanto Tanoto

Profil Sukanto Tanoto, orang terkaya di RI yang membeli hotel mewah China/Foto: April Group

Suksesnya dalam berbisnis, membuat Sukanto Tanoto meraih banyak kekayaan. Mengutip Forbes, ia masuk meraih posisi ke-20 sebagai orang terkaya di Indonesia tahun 2023. 

Sementara itu, ia berada di posisi ke-982 sebagai orang terkaya di dunia. Adapun total kekayaannya mencapai USD 3.2 miliar atau sekitar Rp49.6 triliun. 

Membeli Hotel Seharga Rp3.7 Triiliun!
Hotel mewah yang dibeli Sukanto Tanoto/via The Shanghai Hotels

Potret hotel yang dibeli Sukanto Tanoto/Foto: via The Shanghai Hotels

Pemberitaan yang baru-baru ini ramai adalah Sukanto Tanoto yang membeli sebuah hotel mewah di Shanghai, China dari pengembang Tiongkok yang kekurangan uang. Diketahui ia membeli seharga 1,7 miliar yuan atau USD 240 juta, atau sekitar Rp3,7 triliun. 

Wanda Reign on the Bund ini adalah hotel mewah dengan 193 kamar di distrik tepi laut Bund yang bersejarah di Shanghai. Hotel ini merupakan bekas bangunan klasik bergaya arsitektur art deco khas Barat yang dibangun pada abad ke-19 dan awal abad ke-20. 

Hotel bintang tujuh ini resmi dibuka pada Juni 2016, dan diketahui menghabiskan 3,4 miliar yuan. Nominal yang fantastis ini juga menjadikannya sebagai hotel termahal yang dibangun di China. 

“Sebagai investor jangka panjang, Pacific Eagle Real Estate mengakuisisi Shanghai Wanda Reign di hotel Bund untuk pelestarian modal,” kata juru bicara Pacific Eagle melalui email, seperti yang dilansir dari Forbes. 

Wanda Reign akan menjadi hotel investasi kedua Pacific Eagle setelah Mondrian Duxton Singapore dengan 304 kamar, yang dibuka Juli lalu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)