Ini Kata yang Paling Banyak Dicari Sepanjang 2023 Menurut Kamus Merriam-Webster

Kamus terkenal asal Amerika Serikat, Merriam-Webster, baru saja merilis daftar Words of The Year di 2023. Seperti judulnya, Words of The Years adalah kata-kata yang sering dicari oleh orang melalui situs kamus tersebut dalam satu tahun.

Pada tahun sebelumnya, kata ‘gaslighting‘ adalah kata yang paling sering dicari di situs tersebut. Kira-kira, kata-kata apa saja, ya, yang menjadi Words of The Year tahun ini? 

1. Authentic

Ilustrasi Kata ‘Authentic’/Foto: Freepik

Authentic‘ memperoleh predikat Word of The Year. Dilansir dari situs resmi Merriam-Webster, kata ini banyak dicari karena pengaruh dari percakapan tentang AI (Artificial Intelligence), kultur selebriti, identitas, dan social media. 

Authentic‘ atau ‘autentik’ dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘tidak palsu dan bukan imitasi’. Bisa juga diartikan dengan ‘asli sesuai dengan kepribadian, jiwa, dan karakter’. 

Ilustrasi Pasangan/Foto: Freepik/marymarkevich

2. Rizz

Yang kedua, ada ‘rizz‘ yang merupakan bahasa gaul yang tren di internet. Sebagai kata benda, ‘rizz‘ memiliki arti ‘daya tarik atau pesona romatis’. Sedangkan, ‘rizz‘ berarti ‘merayu’ jika digunakan sebagai kata kerja, contohnya adalah ‘rizz up that cutie‘. 

3. Deepfake

Ilustrasi Deepfake/Foto: Freepik/vecstock

Deepfake‘ memperoleh peringkat ketiga dalam kata yang sering dicari tahun ini. Kata ini memiliki arti sebuah gambar atau rekaman yang telah dimanipulasi untuk merepresentasikan seseorang melakukan atau berkata sesuatu yang tidak sesuai kenyataan.

Teknologi ‘deepfake‘ memang kontroversial karena dapat membuat kehebohan yang palsu, seperti mengedit publik figur melakukan dan mengatakan hal yang tidak senonoh. 

4. Coronation

Raja Charles/Foto: Instagram.com/theroyalfamily

Siapa sangka penobatan Raja Charles III tahun ini membuat banyak orang mencari arti dari kata ‘coronation‘. Kata ini merujuk pada kegiatan meletakkan mahkota di kepala Raja/Ratu. Secara figuratif, kata ini juga dapat digunakan dalam konteks penobatan posisi penting dalam sebuah kantor. 

Coronation‘ diambil dari bahasa Prancis dan telah digunakan dalam bahasa Inggris sejak tahun 1300-an. 

5. Dystopian

Ilustrasi ‘Dystopia’/Foto: Freepik/stockgiu

Yang terakhir, ada kata ‘dystopian‘ yang mengandung arti pada sebuah keadaan hancur dan penuh ketakutan. Dystopian ini merujuk pada beberapa hal yang terjadi sepanjang tahun 2023 seperti kebakaran hutan di Kanada yang asapnya menyelimuti Amerika bagian timur pada Juni lalu. 

Kata ‘dystopian‘ ini juga disebabkan karena adanya video buatan AI dari Komite Nasional Republikan yang menggambarkan dunia dystopia

Nah, itu dia 5 kata yang menjadi Words of The Year versi Merriam-Webster. Ada yang sering kamu ucapkan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)