Ini Deretan Metode Mengelola Keuangan yang Bisa Kamu Terapkan!

Beauties, kamu masih bingung dalam kelola keuangan? Tenang saja Beauties, karena ternyata ada beberapa metode dalam mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan agar keuanganmu menjadi lebih baik lagi. 

1. Metode 50/20/30

Metode pertama adalah 50/20/30, melansir dari Investopedia, metode ini populerkan oleh Elizabeth Warren dalam bukunya yang berjudul All Your Worth: the Ultimate Lifetime Money Plan. 

Sebelum melakukan metode ini, pastikan terlebih dahulu penghasilanmu sudah dialokasikan untuk membayar pajak dan bersedekah, ya Beauties. Setelah itu barulah sisihkan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk entertain, dan 20% untuk menabung. 

2. Metode Budget in Jar

Metode berikutnya ialah budget in jar. Mengutip dari Bustle metode budget in jar ini adalah membagi pengeluaran menjadi enam toples atau enam bagian dari kebutuhan.

Jika kamu pengguna uang fisik, kamu bisa menggunakan stoples dan jangan lupa berikan label pada semua stoples, kamu bisa membuatnya sesuai kebutuhanmu sendiri. Menurut Bustle enam bagian itu, adalah:

  • Pengeluaran dasar
  • Hiburan
  • Tabungan jangka panjang dan investasi
  • Pendidikan
  • Pengeluaran elektronik seperti handphone atau laptop dan
  • Hadiah
3. Menggunakan Metode Amplop

Tidak jauh berbeda dengan metode budget in jar. Mengutip dari The Balance Career kamu bisa mengelola keuanganmu menggunakan amplop, tergantung jumlah kebutuhanmu. Di sini kamu bisa membagi untuk sewa tempat tinggal, biaya listrik, makan, transportasi, tabungan, dan hiburan, misalnya.  

4. Metode Jepang Kakeibo

Metode berikutnya ialah metode dari negeri Sakura yaitu, kakeibo. Dilansir dari CNBC  dengan metode ini, kamu bisa menuliskan pengeluaranmu, seperti apa saja yang ingin kamu beli, berapa banyak uang yang akan kamu tabung, dan visi misi apa yang harus kamu lakukan agar target keuanganmu tercapai. 

Menurut Kakeibo ini, saat menuliskan pengeluaran kamu perlu bertanya pada diri, mengenai:

  • Apakah kamu benar-benar membutuhkannya?
  • Apakah kamu memiliki uang untuk membelinya secara kontan?

Dengan metode ini, kamu akan lebih bijak dalam mengelola keuangan. 

5. Mengatur Keuangan dengan Aplikasi

Metode terakhir adalah menggunakan aplikasi di handphone. Jika  kamu masih bingung dalam mengatur  keuangan, tidak ada salahnya kamu menggunakan metode dari aplikasi handphone. Dikutip dari laman Forbes ada beberapa aplikasi yang dapat membantumu dalam mengelola keuangan:

  • Clarity Money: cocok untuk kamu yang ingin meninggalkan berlangganan membership dan media lainnya. 
  • Personal Capital: cocok untuk kamu yang sudah mahir dalam kelola keuangan dan ingin melihat perkembangan investasimu. 
  •  Mint: cocok untuk kamu yang masih pemula dan ingin membagi pengeluaranmu sesuai kebutuhan. 

Itulah beberapa metode mengatur keuangan yang dapat kamu terapkan. Kamu bisa mencobanya sesuai kenyamanan kamu ya Beauties. Karena, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mengelola keuangan. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)