Ini Dampak Menjalani Program Diet Tapi Tanpa Olahraga, Sudah Tahu?

Diet tanpa olahraga ternyata tidak memberikan dampak yang efektif untuk turunkan berat badan, karena faktanya hal ini justru memberikan dampak yang cukup serius bagi kesehatan, lho!

Melansir CNN Indonesia, dokter spesialis kedokteran olahraga di Eka Hospital BSD Maria Lestari menyatakan sebaiknya diet diimbangi dengan olahraga karena pengurangan asupan makanan tidak akan cukup untuk turunkan berat badan dengan sehat. Selain itu, hal tersebut juga akan mengakibatkan otot melemah.

Menurutnya, aktivitas tersebut memiliki efek yang berbahaya dalam jangka panjang. Karena semakin berkurangnya kekuatan otot, maka metabolisme tubuh akan menurun bahkan dapat mengakibatkan osteoporosis.

Jika kamu terus melakukan diet tanpa olahraga, maka kemungkinan untuk gemuk usai berhenti diet cenderung lebih besar. Hal ini karena metabolisme yang turun akan berimbas pada penurunan berat badan dalam jangka pendek. Sedangkan ketika diet diimbangi dengan olahraga, maka penurunan berat badan akan berlangsung dalam jangka panjang.

Hal tersebut selaras dengan sebuah penelitian di Siprus pada 2012 selama 18 minggu, membuktikan kelompok orang yang diet dengan olahraga mengalami pengurangan massa otot 10,5 kg, sedangkan kelompok orang yang diet tanpa olahraga hanya menurunkan 2,6 kg massa otot meski keduanya sama-sama mengalami penurunan berat badan yang sama.

Alasan Orang Diet Tanpa Olahraga

Alasan orang diet tanpa olahraga/Foto: Pexels/Mustafa Erda─č

Ada beberapa alasan orang melakukan diet tanpa olahraga, salah satunya karena malas gerak atau mager dan yang paling umum karena takut olahraga akan membuat tubuhnya berotot.

Padahal faktanya, pembentukan otot tidak bisa sembarangan, karena harus disertai dengan olahraga khusus dan konsumsi makanan tinggi protein. Jadi, diet dan olahraga tidak akan mengakibatkan otot menonjol secara berlebihan terutama pada perempuan.

“Otot menonjol itu tidak muncul tiba-tiba. Mereka itu dibentuk. Jadi, kalau ada yang bilang tidak mau olahraga takut ototnya kebentuk, ya, salah. Diet, ya, tetap harus olahraga,” jelasnya dalam launching Eka Gym Fitness Center and Exercise Medicine di Eka Hospital BSD beberapa waktu yang lalu.

Lalu, apa saja olahraga yang tepat ketika sedang diet?

Rekomendasi Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Rekomendasi olahraga untuk turunkan berat badan/Foto: Pexels/Mikhail Nilov

Usahakan jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga berat saat diet. Lakukan saja olahraga apapun asalkan suka dan mudah dilakukan. Maria menyarankan agar dalam satu pekan, seseorang melakukan olahraga 150 jam.

Meskipun sedang diet, pastikan kamu tetap meluangkan waktu untuk berolahraga 150 jam dalam sepekan, ya. Berikut tiga rekomendasi olahraga yang bisa kamu coba untuk turunkan berat badan.

1. Bersepeda

Bersepeda/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Bersepeda terbukti mampu membantu seseorang menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran fisik. Tak hanya itu, bersepeda juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, sensitivitas insulin, dan kanker.

Harvard Health Publishing mencatat, orang yang mengikuti latihan bersepeda dapat membakar 210-441 kalori selama 30 menit. Namun hal tersebut bergantung pada intensitas dan beratnya latihan.

2. Renang

Berenang/Foto: Pexels/Jim De Ramos

Berenang dapat membentuk otot tanpa lemak sekaligus membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Menurut World Health, seseorang dapat membakar 367-404 kalori dengan berenang selama 30 menit.

Tak hanya ampuh bakar kalori, ternyata olahraga ini juga dianjurkan bagi seseorang yang memiliki cedera dan masalah persendian, lho.

3. Jalan Kaki

Jalan kaki/Foto: Pexels/Tim Douglas

Ternyata, jalan kali selama 30 menit dapat membakar kalori hingga 167 kkal. Penelitian di MDPI Journals menyatakan jalan kaki dapat menurunkan lemak pada perempuan pascamenopause.

Olahraga ini dapat kamu lakukan dengan mudah. Jika kamu melakukannya dengan rutin dan terus menambah durasi berjalan kaki, maka berat badan akan turun dengan lebih cepat.

Setelah mengetahui dampak diet tanpa olahraga, pastikan kamu tidak lagi tergiur dengan berbagai cara, kiat atau iklan produk diet yang menjanjikan berat badan turun tanpa olahraga ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)