Ingin Merefleksi Kondisi Keuangan di Akhri Tahun? Begini Caranya

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk melakukan refleksi. Salah satu aspek yang bisa kamu refleksikan adalah pengaturan finansial yang sudah berjalan selama satu tahun ke belakang.

Mengapa penting? Refleksi keuangan bisa mengidentifikasi perihal keuangan bagian mana saja yang perlu diperbaiki dan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan, bahkan menemukan rencana keuangan yang terlewat. 

Buat kamu yang belum pernah melakukan refleksi keuangan bisa lakukan hal-hal berikut ini.

1. Meninjau Anggaran


Meninjau anggaran/ Foto: freepik.com/Drazen Zigic

Budgeting atau menyusun anggaran adalah hal yang cukup membosankan bagi sebagian orang. Namun mengingat perannya yang penting dalam kontrol keuangan, kamu perlu melakukan refleksi dengan meninjau anggaran yang sudah kamu susun.

Kamu bisa mulai dengan menganalisis pendapatan, pengeluaran, dan tabungan untuk mengidentifikasi di poin mana perlu dilakukan perbaikan. Pertimbangkan juga apakah ada pengeluaran tak terduga yang muncul sepanjang tahun dan sesuaikan dengan anggaran yang kamu susun.

Hasil dari identifikasi anggaran tersebut dapat memberikan wawasan berharga tentang perilaku keuangan yang membantu dalam merencanakan keuangan masa depan dengan lebih efektif.

2. Mengevaluasi Investasi
Mempersiapkan dana pensiun dan investasi masa depan/Foto: Freepik/Freepik

Mengevaluasi investasi/ Foto: Freepik/Freepik

Buat kamu yang sudah memulai dan memiliki investasi, akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk meninjau investasi. Lakukan peninjauan alokasi aset dan pastikan selaras dengan toleransi risiko dan target finansial yang kamu inginkan.

Jika ada investasi yang kurang sesuai atau tidak terlalu profit, kamu kamu bisa pertimbangkan untuk mengalihkannya ke jenis investasi lainnya. Bagi kamu yang sama sekali belum memulai berinvestasi, maka kamu bisa tetapkan target di tahun yang baru untuk bisa memulai investasi.

Pastikan untuk memilih investasi yang legal dan pelajari dulu cara kerja investasi yang kamu pillih ya, Beauties.

3. Tinjau Peningkatan Tabungan

Meninjau tabungan/ Foto: freepik.com/freepik

Menabung menjadi kebiasaan baik yang membantu keuanganmu di masa depan. Menabung membutuhkan konsistensi agar jumlahnya terus bertambah. Mumpung akhir tahun, ini menjadi waktu yang tepat untuk merefleksi perkembangan tabungan yang kamu miliki.

Cobalah untuk mengecek jumlah tabungan yang kamu miliki dan periksa apakah ada penambahan yang signifikan selama satu tahun ini. Tabungan yang kurang bertambah secara signifikan perlu diidentifikasi penyebabnya.

Bisa jadi karena pengeluaran yang membengkak sehingga tidak ada yang tersisa untuk ditabung, atau karena kamu kurang konsisten dalam menabung padahal kamu bisa menambah jumlah uang tabungan dari gaji yang kamu sisihkan.

4. Periksa Dana Darurat

Dana darurat/ Foto: freepik.com/freepik

Dana darurat yang kamu kumpulkan berfungsi sebagai pengaman finansial, memberikan ketenangan pikiran jika terjadi pengeluaran tak terduga atau kehilangan pendapatan secara tiba-tiba.

Keberadaan dana darurat cukup penting sebagai bagian dari rencana keuangan yang solid, sehingga kamu perlu mengevaluasi status dana darurat yang dimiliki.

Hasil evaluasi menjadi bekal untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan. Seperti mulai menyisihkan lebih banyak uang di awal bulan untuk ditambahkan di ‘kantong’ dana darurat, sehingga kamu akan lebih tenang ketika ada keperluan tidak terduga.

5. Tetapkan Tujuan Keuangan untuk Tahun Mendatang

Rencana keuangan/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Refleksi keuangan yang sudah kamu lakukan dari mulai meninjau budgeting hingga meninjau dana darurat, bisa menjadi referensi untuk mengatur target keuangan di tahun yang baru. Target yang dimaksud seperti lebih konsisten menabung, mulai berinvestasi, atau membayar utang.

Satu pesan penting, kamu perlu membuat tujuan finansial yang realistis. Perhatikan kemampuan keuangan yang kamu miliki, lalu sesuaikan dengan tujuan finansial yang ingin kamu capai. Misal kemampuan keuanganmu baru sesuai untuk membeli motor, maka tidak perlu memaksakan untuk membeli mobil walaupun dengan cara dicicil.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)