Ingin Mempertajam Pikiran? Lakukan 5 Kebiasaan yang Bisa Melatih Otak Berikut Ini!

Faktor gaya hidup dan pertambahan usia dapat memengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, ada sejumlah orang yang merasa khawatir saat kecerdasan yang dimiliki mulai menurun. Eits, jangan terlalu cemas, ya, Beauties!

Apabila kamu ingin mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk melatih otak. Terlebih, kebiasaan ini bisa dilakukan di usia yang tidak lagi muda.

Berikut adalah cara untuk menjaga kinerja otak agar tetap baik menurut Dr. Rumana Yunus yang dilansir dari Henry Ford Health.

1. Belajar Bahasa Asing


Manfaat belajar bahasa asing bagi kinerja otak/ Foto: Freepik/@pvproductions

Tidak hanya membuka wawasan dan pemikiran untuk semakin terbuka dengan dunia, ternyata belajar bahasa asing juga bermanfaat bagi kesehatan, lho. Mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan kecerdasan otak, memperkuat daya ingat dan fungsi pokok otak, termasuk dalam hal berpikir serta bertindak.

Katakanlah kamu mengetahui kata ibu dalam bahasa Spanyol adalah “madre”. Awalnya, kamu mungkin harus berkonsentrasi untuk mengingat kata itu, tetapi jika rajin berlatih, lama kelamaan kata itu akan menjadi bagian dari kosakatamu. Setidaknya pilih satu malam dalam seminggu untuk berbicara dalam bahasa lain (tidak peduli seberapa buruknya), atau tetap diam dan berkomunikasi dengan bahasa isyarat.

2. Cobalah Aktivitas Baru

Mencoba aktivitas baru/ Foto: Freepik/@studioredcup

Terlibat dalam aktivitas yang menguji mental dapat membantumu membangun cadangan kekuatan otak untuk beberapa tahun ke depan. Kuncinya tentu saja adalah memilih aktivitas asing yang benar-benar disukai.

Misalnya, bermain catur, berkebun, atau belajar memainkan alat musik. Apa pun itu, asalkan aktivitas tersebut merupakan hal baru. Apabila kamu ahli dalam teka-teki silang, lakukan aktivitas pencarian kata saja. Selain itu, cobalah menggambar atau melukis jika kamu nyaman dengan aktivitas yang banyak mengandalkan tangan.

3. Makan Makanan yang Baik untuk Otak

Cobalah mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk otak/ Foto: Freepik/@kues1

Mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan makanan rendah lemak jenuh serta gula lainnya dapat membantu melindungi jaringan otak. Faktanya, penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa mengonsumsi campuran makanan bergizi tersebut bisa mempertajam pikiran, membangun sel-sel otak baru, dan mencegah penurunan mental. Perlu kamu tahu, otak membutuhkan bahan bakar yang konsisten (setidaknya setiap 3 hingga 5 jam) agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Berolahraga untuk Melatih Otak

Olahraga yang menyehatkan otak/ Foto: Freepik/@prostooleh

Penelitian secara konsisten menghubungkan latihan fisik dengan kesehatan otak, khususnya di bagian yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan memori. Lakukan saja olahraga ringan, seperti joging, bersepeda, atau bahkan jalan kaki selama sekitar 30 menit setiap hari karena dapat melancarkan aliran darah ke kepala.

Penelitian awal menunjukkan bahwa manfaat aktivitas fisik akan lebih terasa apabila dikombinasikan dengan tantangan mental. Jadi, hal-hal seperti mengikuti kelas dansa, belajar seni bela diri, atau berlatih yoga mungkin sangat bermanfaat.

 

5. Tidur yang Cukup

Manfaat tidur untuk kesehatan otak/ Foto: Freepik/@drobotdean

Tidur yang cukup adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk otakmu. Para peneliti mengetahui bahwa tidur sangat penting agar tubuh dan pikiran dapat berfungsi secara maksimal.

Tidur tidak hanya memberi energi kembali pada sel-sel tubuh dan membersihkan produk limbah dari otak, tetapi juga meningkatkan pembelajaran dan memori. Jadi, usahakan untuk tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Namun, apabila kamu tidak bisa tidur berjam-jam dalam satu waktu, pertimbangkan untuk melakukan power nap di siang hari.

Itulah informasi mengenai 5 kebiasaan yang bisa melatih otak. Jadi, jangan lupa untuk diterapkan, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)