Ingin Bahagia di Tahun 2024? Yuk, Ucapkan Selamat Tinggal pada 6 Kebiasaan Buruk Ini

Siapa yang tidak ingin lebih bahagia di tahun yang baru? Semua orang pasti menginginkannya. Namun masalahnya, ada beberapa kebiasaan yang perlu kita hilangkan untuk menjadi benar-benar bahagia.

Ini bukan hanya tentang apa yang harus kamu lakukan, tetapi juga tentang apa yang harus kamu hentikan. Yuk, cari tahu apa saja kebiasaan yang perlu kamu ucapkan selamat tinggal, agar kamu lebih bahagia di tahun 2024.  

Dirangkum dari Global English Editing, yuk, simak!

1. Mengatakan ‘Ya’ untuk Segala Sesuatu


Ilustrasi/Foto: Freepik/Prostooleh

Pernahkah kamu mendengar istilah ‘people pleaser‘? Jika kamu terus-menerus mengatakan ‘ya’ kepada semua orang dan segala hal, kamu mungkin salah satu orang yang termasuk people pleaser atau berusaha menyenangkan semua orang.

Meskipun membantu dan terlibat pada banyak hal itu baik, terlalu memaksakan diri dapat menghilangkan kebahagiaan kamu dengan cepat. Sebaliknya, mengatakan ‘tidak’ bukan berarti kamu kasar atau tidak peduli. Itu berarti kamu menghargai waktu, energi, dan kesehatan mentalmu.

Itu adalah bahan utama dalam resep kebahagiaan kamu. Mulailah berlatih seni mengatakan ‘tidak’. Kamu tidak harus melakukan semuanya. Simpan jawaban ‘ya’ untuk hal-hal yang benar-benar berarti bagi kamu.

2. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ilustrasi/Foto: Freepik

Kamu masih sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Misalnya membandingkan dengan teman, kolega, bahkan orang asing di media sosial. Kita sering kali merasa mereka memiliki sesuatu yang tidak kita miliki. Nah, hal inilah yang akan mencuri kebahagiaan kamu.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan menyakiti diri sendiri dan kebahagiaan kamu. Sebaliknya, kamu perlu fokus pada pertumbuhan diri sendiri dan kemenangan kamu sendiri, besar ataupun kecil.

3. Hidup di Masa Lalu atau Masa Depan

Ilustrasi/Foto: Freepik

Tahukah kamu bahwa manusia adalah satu-satunya spesies yang mampu memindahkan dirinya secara mental ke masa lalu dan masa depan? Sering kali, kemampuan ini membuat seseorang terus memikirkan penyesalan di masa lalu, atau justru khawatir akan ketidakpastian di masa depan.

Faktanya, kamu tidak bisa mengubah masa lalu dan tidak bisa memprediksi masa depan. Yang benar-benar kita miliki hanyalah saat ini dan hari ini. Hidup di masa sekarang adalah kunci kebahagiaan.

Ini memungkinkan kamu untuk sepenuhnya menghargai dan menikmati apa yang terjadi dalam hidupmu saat ini. Jadi, lepaskan masa lalu, berhenti mengkhawatirkan masa depan, dan mulailah hidup di masa sekarang.

4. Percaya Jika Kamu Tidak Cukup Baik

Ilustrasi/Foto: Freepik

Sering kali, ada suara kecil di kepala yang mengatakan bahwa kamu tidak cukup baik, cukup pintar, atau cukup berbakat. Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama? Setiap kali kamu merasa tidak cukup baik, kamu perlu mengingatkan diri sendiri tentang semau pencapaian kamu, besar ataupun kecil.

Kamu harus melupakan suara kecil yang mengatakan kamu tidak cukup baik. Kamu lebih dari cukup apa adanya. Dan semakin cepat kamu memercayai hal ini, kamu akan semakin dekat dengan kebahagiaan.

5. Mengabaikan Kesehatan Fisik

Kesehatan Fisik/Foto: Unsplash/Maryjoy Caballero

Tahukah kamu bahwa kesehatan fisik memainkan peran besar dalam kebahagiaan kita? Sebenarnya, sulit untuk merasa bahagia jika kamu terus-menerus merasa lesu atau tidak sehat. Olahraga teratur melepaskan zat kimia di otak yang membuat kamu merasa lebih bahagia dan rileks.

Selain itu, menjaga pola makan yang sehat juga dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi secara signifikan. Jika selama ini kamu mengabaikan kesehatan fisik, inilah saatnya untuk melakukan perubahan.

Mulailah dengan menambahkan rutinitas olahraga sederhana ke dalam hari kamu atau membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Langkah kecil seperti ini dapat membawa perubahan besar dalam hidup dan kebahagiaanmu.

6. Mengabaikan Perawatan Diri

Perawatan Diri/Foto: Unsplash/Nicole Wolf

Tidak hanya kesehatan fisik, kamu juga tidak boleh mengabaikan perawatan diri. Pasalnya, tidak sedikit dari kita yang lebih mementingkan pekerjaan dan orang lain sehingga melupakan diri sendiri. Ini adalah jalur cepat menuju stres.

Jadi, kamu perlu menyadari bahwa ketika kamu tidak menjaga diri sendiri, kamu tidak bisa mengurus hal lain secara efektif dalam hidupmu. Jadi, mulailah memprioritaskan perawatan diri. Ini bisa dimulai dari hal kecil, seperti berjalan-jalan sebentar di taman, membaca satu bab buku, atau bahkan memanjakan diri dengan makanan favorit.

Jadikan perawatan diri sebagai bagian rutinitas kamu yang tidak bisa dinegosiasikan. Diri kamu yang lebih bahagia di tahun 2024 akan berterima kasih karena kamu melakukannya dengan baik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)