Ikuti 4 Saran Ini Agar Kantong Tidak Jebol Saat Liburan Akhir Tahun, Hindari Kartu Kredit Salah Satunya!

Beauties, sebentar lagi kita akan mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2023 dan menyambut tahun baru yang biasanya identik dengan sebuah perayaan. Di akhir tahun, kamu juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman.

Beruntung bagi kamu yang sudah dari jauh-jauh hari menabung untuk bisa berlibur di akhir tahun. Kamu yang secara khusus tidak memiliki tabungan liburan akhir tahun jangan khawatir Beauties. Kamu tetap bisa berlibur dan tidak khawatir kantong jebol dengan mengikuti saran berikut ini.

1. Tetapkan Batas Pengeluaran


Perencanaan keuangan/ Foto: freepik.com/pressfoto

Prinsip pertama yang perlu kamu terapkan agar tidak boros saat liburan adalah dengan menetapkan batas pengeluaran. Caranya, kamu bisa membuat anggaran terkait pengeluaran apa saja yang akan dilakukan.

Termasuk berapa batas yang kamu tetapkan untuk akomodasi, belanja, hingga konsumsi. Batas pengeluaran juga bisa kamu perkiraan dari awal. Misal di liburan akhir tahun nanti kamu hanya boleh menghabiskan maksimal Rp5 juta, maka anggaran yang dibuat tidak boleh lebih dari nominal tersebut.

Dengan mengatur batas pengeluaran, maka saat liburan nanti kamu tidak akan berlebihan sehingga tidak ‘mengganggu’ dana darurat atau bahkan uang tabungan.

2. Jangan Terkecoh Diskon

Jangan terkecoh diskon/ Foto: freepik.com/KamranAydinov

Kamu yang menghabiskan libur akhir tahun dengan berbelanja perlu berhati-hati pada jebakan diskon. Akhir tahun memang momen di mana barang-barang diskon bertebaran di berbagai pusat perbelanjaan. Kamu yang hobi berbelanja tentu menjadi sasaran empuk.

Meskipun diskon yang kamu dapatkan menjanjikan pembelian satu gratis satu, namun jika barang tersebut adalah hal yang tidak kamu butuhkan, lebih baik kamu melewatkannya.

Sebagai gantinya, bawalah daftar barang belanjaan yang kamu butuhkan untuk dibeli dan abaikan diskon besar-besaran pada barang yang tidak ada dalam daftar.

3. Hindari Penggunaan Kartu

Hindari penggunaan kartu/ Foto: freepik.com/jcomp

Kartu kredit atau kartu debit memang membuat seseorang merasa memiliki kekuatan untuk bisa membeli apapun yang diinginkan. Cukup menggesek kartu pada mesin, lalu barang impian pun berada di tangan.

Di sisi lain, keberadaan kartu tersebut justru membuatmu kehilangan kontrol dalam melakukan pembelian sehingga tagihan kartu kredit membengkak. Demi pengeluaran yang tidak membengkak, kamu bisa upayakan untuk meninggalkan kartu-kartu tersebut di rumah dan selalu menggunakan uang tunai.

Mengandalkan uang tunai, terutama di kala liburan akan membantumu menghindari keborosan dan tetap hanya membeli barang yang yang diperlukan.

4. Habiskan Waktu di Rumah

Pesta di rumah/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Libur akhir tahun tidak harus pergi piknik ke tempat yang jauh atau makan malam di restoran yang mewah. Daripada macet-macetan di jalan dan menghabiskan banyak uang untuk berlibur jauh, kamu bahkan bisa menghabiskan waktu libur akhir tahun di rumah saja. 

Mengundang teman atau kerabat untuk pesta kebun tentu lebih seru. Kamu juga bisa menonton film bersama keluarga sembari menikmati cemilan lezat dan bercanda tawa. Tentunya akan lebih hemat dan keuangan tidak akan boncos.

Sudah terinspirasi untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang di akhir tahun ini, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)