Hati-Hati, 12 Aplikasi Android Ini Ternyata Bisa Sadap WhatsApp Kamu!

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan, untuk terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Umumnya, percakapan di dalamnya bersifat rahasia dan berharap tak ingin ada orang lain yang mengetahui, di luar si pengirim dan penerima pesan. 

Namun kini, di saat semakin canggih, ada banyak cara curang yang dilakukan untuk mengetahui segala percakapan di dalam WhatsApp. Hal ini tentu membuat banyak orang tak nyaman ya, Beauties. 

Seperti yang baru-baru ini ditemukan oleh perusahaan keamanan siber Eset yang menemukan 12 aplikasi Android bermasalah dan bisa melakukan penyadapan pesan WhatsApp. 

Aplikasi tersebut mengandung Trojan jarak jauh (Remote Access Trojan/RAT) bernama Vajra Spy. Kemampuannya bisa mencuri rincian log panggilan dan pesan, mengendalikan kamera dari jarak jauh dan mengekstrak detail obrolan dari WhatsApp. 

Selain itu, trojan ini memiliki kemampuan untuk mencegat notifikasi, mencatat penekanan tombol pada ponsel korban, dan mengambil alih mikrofon untuk merekam suara. Para pelaku menggunakan cara social engineering untuk menggaet calon korbannya. 

Hal ini bukan kali pertama. Vajran Spy ternyata pernah berulah pada 2022 menurut laporan Broadcom. Lantas apa saja aplikasi yang bermasalah dan bisa menyadap WhatsApp tersebut?

12 Aplikasi Android yang Bermasalah Bisa Sadap WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp disadap/Foto: Freepik.com

Beauties, berikut adalah daftar 12 aplikasi bermasalah dan bisa sadap WhatsApp. 

1. YohooTalk
2. TikTalk
3. Privee Talk
4. Meetme
5. Nidus
6. GlowChat
7. Let’s Chat
8. Quick Chat
9. Rafaqat
10. Chit Chat
11. Hello Chat
12. Wave Chat

Lebih lengkap tentang informasinya, baca di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)