Hari Lahir 2 Pahlawan Indonesia Ditetapkan Jadi Perayaan Internasional oleh UNESCO!


Beauties, UNESCO menetapkan hari kelahiran dua pahlawan Indonesia jadi perayaan internasional. Kedua pahlawan tersebut yakni pejuang perempuan asal Aceh, Keumalahayati dan sastrawan AA Navis.

Penetapan ini diumumkan oleh Direktur Jenderal UNESCO pada hari penutupan Sidang Umum ke-42 UNESCO pada 22 November 2023 di Paris, Prancis. Tepatnya, ketika sesi sidang Plenary Report dari rangkaian Sidang Umum UNESCO ke-42.

Secara garis besar, kedua tokoh tersebut dipilih merujuk pada tiga kriteria. Pertama, yakni tahun kelahiran atau kematian tokoh terkait dengan cita-cita dan misi organisasi dalam bidang pendidikan, budaya, ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial dan kemanusiaan.

Kriteria kedua yaitu komunikasi. Dalam kriteria ini, usulan mempertimbangkan keterwakilan gender. Hanya usulan anumerta yang dapat diajukan. Kriteria ketiga yakni mengandung peristiwa universal. Usulan minimal didukung oleh dua negara, memiliki dampak besar bagi negara atau dunia, dan sebagainya.

Nah, Beauties, simak profil mengenai Keumalahayati dan AA Navis DI SINI, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)