Hari Berpelukan Sedunia: Ini 5 Manfaat Menakjubkan Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Berpelukan menjadi aktivitas fisik yang kerap disebut untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Entah kasih sayang terhadap orang tua, kerabat, sahabat, atau bahkan pasangan. Dengan memeluk atau berpelukan dengan orang terkasih, itu ternyata baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Dalam sebuah penelitian seperti disebut dalam laman Medical Net, berpelukan dapat membuat seseorang merasa bahagia dan mengurangi kesepian. Dengan melakukan aktivitas ini, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, dopamin, dan serotonin yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.

Bicara soal pelukan, 21 Januari diperingati sebagai Hari Berpelukan Sedunia. Ini digagas oleh Kevin Zaborney pada 1986 silam. Dilansir dari laman National Day, Zaborney memilih 21 Januari sebagai Hari Berpelukan Sedunia karena merupakan waktu antara liburan musim dingin dan hari-hari setelah tahun baru.

Menurut Zaborney, waktu-waktu tersebut adalah saat orang-orang cenderung merasa tidak bersemangat. Dia juga merasa, orang-orang sering terlalu malu untuk menunjukkan kasih sayang di depan umum. 

Terlepas dari sejarah Hari Berpelukan Sedunia yang digagas oleh Zaborney, berikut deretan manfaat pelukan yang baik untuk kesehatan fisik dan mental.

1. Melepas Hormon Perasaan Senang

5 Manfaat Menakjubkan Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental/Foto: Freepik/freepik

Menurut penelitian yang dilakukan oleh MedicineNet, berpelukan melepaskan hormon perasaan senang seperti dopamin, serotonin, dan oksitosin–hormon cinta yang membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan jantung.

Faktanya, penelitian menemukan bahwa pelukan selama 10 detik dapat membantu tubuh meredakan depresi, sementara pelukan selama 20 detik meredakan stres akibat konflik, mengurangi tekanan darah, dan memastikan jantung tetap sehat. 

Ketika hormon-hormon ini dilepaskan ke dalam tubuh, kita akan mengalami perasaan bahagia, relaksasi, perbaikan suasana hati secara keseluruhan, dan gejala depresi yang lebih rendah.

2. Mengurangi Kesepian dan Membuat Hati Tenang

5 Manfaat Menakjubkan Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental/Foto: Freepik/master1305

Manusia berkembang dalam hubungan fisik, dan pelukan menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menunjukkan dukungan dan cinta.

Sesuatu yang sederhana seperti pelukan dapat membantu mengubah suasana hati negatif dengan meningkatkan hormon perasaan senang (dopamin), yang pada akhirnya mengurangi perasaan kesepian dan efek fisik dari stres .

Selain mampu meredakan tingkat kecemasan, pelukan menciptakan perasaan rileks atau tenang. Ini dikarenakan adanya peningkatan kadar oksitosin dan serotonin yang menghasilkan rasa aman dan percaya.

3. Mengurangi Peradangan

5 Manfaat Menakjubkan Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental/Foto: Freepik/lifestylememory

Peradangan pada tubuh merupakan respons fisiologis terhadap penyakit. Skor peradangan yang lebih tinggi menunjukkan upaya tubuh melawan infeksi. Oleh karena itu, skor peradangan yang rendah melalui kasih sayang fisik menunjukkan tubuh yang lebih sehat.

Mengutip dari laman Psychology Today, dalam sebuah penelitian, peradangan diukur menggunakan sampel air liur dari 20 orang dewasa yang juga diminta mencatat jumlah pelukan yang mereka terima selama 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelukan berbanding terbalik dengan peradangan. Sederhananya, lebih banyak pelukan berarti lebih sedikit peradangan.

4. Mengurangi Tekanan Darah

5 Manfaat Menakjubkan Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental/Foto: Freepik/jcomp

Dalam sebuah penelitian terhadap 59 perempuan pramenopause (berusia antara 20 hingga 29 tahun), jumlah pelukan yang diterima dari pasangannya diperkirakan menurunkan skor tekanan darah.

Tekanan darah merupakan salah satu cara untuk menilai kesehatan jantung, oleh karena itu berpelukan baik untuk jantung kamu, Beauties.

5. Mengurangi Infeksi Flu

5 Manfaat Menakjubkan Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental/Foto: Freepik/freepik

Terakhir, lewat berpelukan dapat mengurangi keparahan flu biasa. Dalam sebuah penelitian terhadap 404 orang dewasa, jumlah pelukan selama 14 hari ditemukan mengurangi dampak konflik interpersonal terhadap tingkat keparahan infeksi flu biasa.

Pelukan berfungsi sebagai penyangga stres di mana tingkat keparahan infeksi berkurang jika pelukan sering dilakukan.

Nah Beauties, itu dia deretan manfaat dari berpelukan yang baik untuk kesehatan mental dan fisik. Semoga bermanfaat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)