Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menjalin Hubungan dengan Orang Perfeksionis

Seorang perfeksionis adalah seseorang yang memiliki standar tinggi dan menginginkan segala sesuatu dalam keadaan terbaik bagi dirinya maupun orang lain, sesuai dengan keinginannya.

Apa jadinya, jika seseorang berkencan dengan orang yang dinilai perfeksionis dan ingin semuanya tampak maksimal sesuai yang ia ingin? Beauties, jika kamu sedang berkencan atau menjalin hubungan dengan orang perfeksionis, berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.

Ciri-Ciri Perfeksionis

Ilustrasi Ciri-ciri Perfeksionis/Foto:Freepik.com/tirachardz

Terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa kamu amati dari orang yang terbilang perfeksionis.

  • Memiliki standar yang tinggi terhadap apapun
  • Memiliki rasa ketidakpuasan yang tinggi
  • Terkadang berpikir dan bertindak secara ekstrim
  • Butuh pengakuan
  • Sulit jika menerima saran atau kritik
  • Kritis terhadap orang lain
  • Terkadang keras kepala
Konsekuensi Menjalin Hubungan dengan Perfeksionis

Ilustrasi Pasangan Perfeksionis/Foto:Freepik.com/cpl_pressfoto

Meskipun orang perfeksionis menginginkan segala sesuatu tampil maksimal, namun terkadang berkencan dengan orang perfeksionis justru membuat pasangannya tertekan.

Hal ini dikarenakan, orang perfeksionis biasanya memiliki standar yang benar-benar tinggi dalam setiap hubungan yang mereka jalani. Apalagi jika harus selalu menuruti apa mau mereka, tanpa mempertimbangkan kemauan dan pikiran lawan jenisnya.

Hal yang Bisa Dilakukan Saat Menghadapi Pasangan Perfeksionis

Ilustrasi Pasangan/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Dilansir dari Verrywell Mind, terdapat beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan saat menghadapi pasangan yang perfeksionis.

  • Tetapkan batasan, Karena orang perfeksionis biasa mengkritik, maka kamu juga sangat mungkin mendapatkannya. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk tegas dan memperjelas apa yang baik atau sebaliknya dalam pola komunikasi kamu dan pasangan.
  • Lebih peka, semua orang pernah merasa sakit hati, begitupula pasangan perfeksionis. Mereka sering kali melakukan yang terbaik dan menghindari kesalahan. Cobalah untuk lebih peka dan mengerti apa yang ia rasakan jika keinginannya berbalik dengan kenyataan saat itu.
  • Saling menghormati, penting bagi kamu dan pasangan untuk saling menghormati keputusan ataupun perbedaan yang kalian miliki, yang mana artinya bukan hanya kamu saja yang bisa menerima sifat perfeksionisnya tapi pasanganmu juga harus bisa mengerti setiap keputusanmu yang kadang berbeda dari harapan atau standar tingginya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi pasangan yang perfeksionis. Semoga membantu, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)