Efektif Turunkan Berat Badan, Begini Cara Terapi Air yang Populer di Jepang

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Tak terbatas pada olahraga, metode yang melibatkan pola makan turut populer. Namun, pernahkan kamu mendengar tentang metode terapi air dari Jepang?

Metode terapi air Jepang merupakan metode kuno yang efektif dan cukup populer dalam budaya Jepang untuk menurunkan berat badan. Sebagian orang percaya bahwa terapi air ala Jepang memiliki banyak manfaat. Terapi air Jepang atau dikenal dengan Suichiryou menjadi praktek tradisional dengan meminum air dengan cara tertentu. Ketahui serba-serbinya yuk!

Cara Terapi Air Jepang

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Melansir dari Lifestyle Asia, terapi Jepang membutuhkan rutinitas setiap pagi. Kamu perlu minum sekitar empat gelas berukuran 160-200 ml, air putih dengan suhu ruangan atau air hangat. Lakukan sebelum kamu menyikat gigi atau makan apapun.

4-5 gelas air pertama sebaiknya diminum segera setelah bangun tidur untuk membantu mengaktifkan organ dalam. Setiap makan, kamu bisa makan selama 15 menit dan menunggu minimal 2 jam untuk membiarkan perut kosong tanpa makan dan minum apapun.

Minumlah air secara perlahan dan sedikit demi sedikit untuk membantu penyerapan. Hindari minum alkohol atau berkafein pada malam sebelum memulai terapi air Jepang karena bisa menghambat manfaat dan menimbulkan risiko.

Manfaat Terapi Air Jepang

Ilustrasi/Foto: freepik.com/master1305

Manfaat yang bisa dihasilkan ketika melakukan terapi air Jepang mulai dari hidrasi, detoks, meningkatkan metabolisme, melancarkan pencernaan, kesehatan kulit, hingga pereda nyeri. Penerapan terapi ini bisa menurunkan berat badan karena membatu pembatasan kalori. Minuman manis dengan gula, seperti jus buah atau soda bisa diganti dengan air putih yang otomatis bisa mengurangi asupan kalori.

Terapi ini juga merekomendasikan batas waktu makan yang teratur hanya 15 menit setiap kali makan. Lalu, kamu harus puasa selama 2 jam tidak makan dan minum. Minum lebih banyak air bisa membantumu merasa kenyang sehingga kemungkinan kamu tidak akan makan berlebihan.

Risiko Terapi Air Jepang

Ilustrasi/Foto: freepik.com/pvpproductions

Orang dengan kondisi medis tertentu mungkin tidak akan cocok dengan terapi ini. Pentingnya untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum melakukan diet dengan metode tertentu terutama yang merubah total kebiasaanmu sehari-hari. 

Bukti ilmiah yang mendukung klaim kesehatan terapi Jepang masih terbatas dan pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda. Konsumsi air secara berlebihan pun tentu tidak akan baik bagi kesehatan. Untuk menghilangkan risikonya, usahakan minum tidak lebih dari 4 gelas setiap jam. 

Beauties, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jika kamu akan melakukan metode diet apapun, termasuk jika ingin mencoba terapi air Jepang ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk, gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)