Daftar Ide Hadiah Imlek Pembawa Keberuntungan untuk Teman dan Keluarga

Hari Imlek di tahun 2024 akan jatuh pada hari Sabtu, tanggal 10 Februari 2024. Tahun Baru Imlek merupakan sebuah perayaan yang penuh warna dan makna, membawa harapan baru, keberuntungan, dan kegembiraan. 

Dalam kemeriahannya, memberikan hadiah Imlek menjadi salah satu tradisi. Banyak masyarakat yang sudah mulai mempersiapkan hari raya Imlek dengan membeli hadiah untuk diberikan kepada orang tua, saudara, atau teman. Namun ternyata, terdapat beberapa hadiah yang umumnya dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Yuk, simak daftar ide hadiah Imlek pembawa keberuntungan!

1. Angpao

Angpao/ Foto: pexels.com/Angela Roma

Angpao atau hong bao artinya adalah amplop merah. Hadiah ini biasanya diberikan kepada orang-orang yang lebih muda sebagai simbol rasa hormat dan kebaikan hati. Dilansir dari Google Arts & Culture, angpao dianggap sebagai cara memberikan keberuntungan finansial kepada penerima. Uang yang diberikan dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberlimpahan.

Hindari memberikan angpao dengan nominal yang mengandung angka 4 karena memiliki arti ‘mati’ dan dianggap angka sial. Selain itu, hindari juga memberikan angpao dalam jumlah ganjil karena memiliki arti angpao duka cita. Pastikan memberikan angpao imlek dalam jumlah genap.

2. Jeruk

Jeruk/ Foto: freepik.com/jcomp

Salah satu buah khas untuk perayaan Imlek adalah buah jeruk. Jeruk menjadi makanan penting yang harus selalu ada saat Imlek. Jeruk memiliki bentuk bulat dan warna yang cerah, keduanya dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan dalam budaya.

Dikutip dari Chinese New Year, memberikan jeruk sebagai hadiah atau persembahan selama Imlek adalah tindakan yang dianggap membawa keberuntungan. Ini menunjukkan niat baik dan harapan positif untuk penerima dalam mendapatkan keberuntungan dan kemakmuran.

3. Set Teh

Set Teh/ Foto: wedgwood.com

Teh adalah salah satu budaya dan minuman favorit masyarakat Cina. Selain menjadi ciri khas, minuman teh juga memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Melansir Chinahighlights.com, teh dalam budaya Tionghoa dianggap sebagai simbol kebersamaan, kedamaian, dan keharmonisan.

Terdapat berbagai pilihan teh China yang punya beragam manfaat untuk kesehatan, seperti teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan lainnya.

4. Hiasan Ikan Koi

Hiasan Ikan Koi/ Foto: freepik.com

Ikan koi dianggap sebagai simbol kesuksesan dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Warna merah secara umum dianggap sebagai warna keberuntungan dan kebahagiaan. Pengucapan kata “koi” dalam bahasa Tionghoa mirip dengan kata yang berarti “kemakmuran” atau “keuntungan.”

Oleh karena itu, adanya koi diharapkan membawa kemakmuran dan keuntungan dalam kehidupan pribadi dan keluarga. Hadiah ini bisa berupa lukisan atau pajangan yang memiliki gambar atau bentuk ikan koi.

5. Lucky Bamboo

Lucky Bamboo/ Foto: gardeningknowhow.com

Seperti namanya, bambu satu ini dikenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan. Bambu sangat populer di tradisi Tionghoa. Lucky bamboo juga merupakan elemen populer dalam praktik feng shui karena tanaman ini disebut memiliki lima elemen, yaitu elemen kayu, bumi, logam, air dan api.

Menurut feng shui, ditempatkan di rumah atau kantor, tanaman ini dianggap dapat mengalirkan energi positif, membawa keberuntungan, dan menciptakan keseimbangan dalam lingkungan.

6. Fortune Figurine

Fortune Figurine/ Foto: pinterest.com

Figur keberuntungan memiliki makna simbolis yang mewakili keberuntungan, kemakmuran, dan kebahagiaan. Penggunaan figur ini dianggap membawa pesan positif dan harapan akan tahun yang baik.

Jika perayaan Imlek saat ini merayakan tahun hewan tertentu dalam siklus zodiak Tionghoa atau yang dikenal dengan shio, penggunaan figur hewan tersebut dianggap membawa keberuntungan. Contohnya, tahun ini adalah Tahun Naga, figur naga dianggap memiliki pengaruh positif.

Jangan lupa, pilihlah packaging untuk hadiah dengan aksen warna merah, warna emas, gambar naga, atau aksen lain yang sering dijumpai pada saat perayaan Imlek. Memilih kado Imlek dengan memperhatikan maknanya, kamu tidak hanya memberikan hadiah saja tetapi juga menyampaikan pesan keberuntungan dan harapan baik untuk tahun yang baru. 

Selamat menyambut Tahun Baru Imlek, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)