Cocok untuk Kaum Mager, Ini 4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Duduk

Olahraga merupakan komponen integral dari kehidupan yang sehat dan seimbang. Rajin dalam kegiatan olahraga secara teratur, memiliki dampak positif untuk kesehatan tubuh dan mental.

Namun, kata olahraga sering kali dikaitkan dengan aktivitas yang berat seperti lari atau mengangkat beban. Bagi banyak orang, terutama kamu si kaum mager, tentunya kata olahraga terasa sangat menantang.

Nah, kabar baiknya, ternyata kamu masih bisa menjaga tubuh tetap aktif tanpa harus berlari atau melakukan aktivitas berat lainnya. Berikut 4 gerakan olahraga yang bisa dilakukan sambil duduk!

1. Seated Jumping Jacks

Seated Jumping Jacks/ Foto: shape.com

Seated jumping jacks adalah variasi dari gerakan jumping jacks yang dilakukan sambil duduk. Untuk melakukan olahraga ini, duduk dengan punggung tegak. Mulai dengan kedua kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Lalu, buka dan tutup kaki serta lengan secara bersamaan seperti gerakan jumping jacks saat berdiri. Gerakan ini melatih otot-otot kaki dan lengan, serta bisa meningkatkan kesehatan jantung.

2. Hamstring Stretch

Hamstring Stretch/ Foto: summitortho.com

Olahraga ini merupakan gerakan peregangan yang bertujuan untuk meregangkan otot hamstring, yaitu otot yang terletak di bagian belakang paha. Untuk gerakannya, kamu bisa memulai dengan dan posisi kaki yang lurus ke depan. Pastikan telapak kakimu terangkat, lalu tangan dalam posisi menjangkau ujung jari kaki dengan kedua tangan. Setelah itu, tahan selama 10-30 detik.

3. Arm Circles

Arm Circles/ Foto: lifehack.org/Womanista

Olahraga ini termasuk dalam gerakan pemanasan. Caranya, duduk dengan punggung yang tegak. Angkat lengan ke samping sejajar dengan bahu. Lalu, itu, mulai buat lingkaran kecil dengan lengan secara perlahan dan bertahap. Setelah beberapa waktu, ubah arah gerakan lingkaran. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas bahu, memanaskan otot lengan, dan meningkatkan sirkulasi darah. 

4. Abs Twister

Abs Twister/ Foto: shape.com

Abs twister adalah gerakan olahraga untuk otot-otot perut atau abs. Cara yang bisa kamu lakukan adalah duduk dengan tegak, angkat satu kaki dan luruskan. Letakkan tangan di bahu dengan posisi menyilang, lalu putar tubuh ke arah kaki yang diangkat. Ulangi dengan gerakan ke sisi sebaliknya. Gerakan ini membantu memperkuat otot-otot perut dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Olahraga sambil duduk bisa menjadi salah satu solusi bagi kamu yang malas bergerak. Dengan memilih aktivitas yang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan, kamu dapat tetap aktif dalam menjaga kesehatan. Jangan lupa, penting untuk memulai dengan intensitas ringan dan secara bertahap meningkatkannya seiring waktu. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di TheTriump? Yuk gabung ke komunitas pembaca TheTriump, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)